Brilio.net - Aktivitas tidur memang tidak membutuhkan banyak gerakan fisik. Meskipun begitu, tidur juga bisa menyebabkan badanmu berkeringat. Hal ini memang terasa aneh. Akan tetapi apakah ini pertanda buruk? Berikut adalah penjelasan fenomena ini sebagaimana dikutip brilio.net dari About Health, Minggu (14/6).

Pertama, bisa jadi yang menjadi penyebab utamanya adalah suhu ruangan. Selain itu, pakaian yang dipakai juga bisa membuatmu berkeringat. Seperti pakaian piyama tebal, selimut, atau bed cover. Di sisi lain, saat tidur memang terjadi perubahan suhu pada tubuh. Mulai dari panas hingga dingin saat di pagi hari.

Selain suhu ruangan dan pakaian, yang patut dicurigai adalah persoalan gangguan tidur. Bentuk yang paling sering ditemui adalah sleep apnea. Dalam gangguan tersebut, kamu susah untuk bernapas. Alhasil, tubuhmu berkeringat karena sleep apnea tersebut.

Penyebab yang ketiga adalah minuman beralkohol. Setelah minum minuman tersebut, tubuh akan memproduksi keringat yang banyak saat tidur. Penyebabnya adalah zat pada minuman beralkohol mempengaruhi kadar rileks dari otot pernafasan. Bahkan minuman seperti ini juga menjadi pemicu sleep apnea.

Mimpi buruk dan rasa cemas juga bisa menyebabkan kamu berkeringat saat tidur. Ditambah lagi jika mimpi buruk tersebut hadir secara berulang-ulang. Bahkan teror juga bisa menyebabkan hal serupa, terutama pada anak-anak.

Loading...

BERITA TERKAIT SOAL TIDUR DAN KESEHATAN KAMU:

5 Alasan kenapa kurang tidur bisa merusak hubungan pacaran kamu!

Pria & wanita memiliki cara tidur yang berbeda, berikut penjelasannya

Ini hubungan olahraga dan tidur yang tidak boleh kamu abaikan

Mengenal jenis-jenis tidur dan risikonya

Hati-hati, susah tidur bisa picu kerusakan otakmu

6 Alasan kamu harus selalu merapikan tempat tidurmu sendiri

Pengen cepet tidur? Kamu harus belajar teknik pernapasan 4-7-8

Nggak perlu lama-lama, tidur siang yang baik itu cukup 30 menit saja