Brilio.net - Selain dari makanan yang bergizi, olahraga secara teratur juga penting untuk menjaga tubuhmu tetap sehat. Fitness juga menjadi salah satu olahraga populer yang digemari banyak kalangan. Tidak hanya membuat tubuh lebih sehat, fitness juga mampu membentuk tubuhmu menjadi lebih bagus.

Tapi bagi sebagian orang, fitness masih tergolong olahraga yang mahal karena membutuhkan alat-alat khusus yang biasanya hanya tersedia di gym atau tempat fitness. Inilah yang menjadi kendala bagi sebagian orang yang ingin memiliki bentuk tubuh yang ideal.

Lalu bagaimana kalau kamu tetap ingin memiliki tubuh yang sehat dan ideal tanpa harus fitness? Bodyweight exercise atau yang lebih populer disebut street workout lah jawabannya.

Street workout sendiri merupakan bagian dari bentuk latihan calisthenics, yaitu latihan yang terdiri dari berbagai gerakan sederhana, berirama yang pada umumnya dilakukan tanpa menggunakan peralatan atau alat. Biasanya latihan ini hanya mengandalkan berat badan dan dilakukan di ruang terbuka atau taman.

"Gerakan yang sering dilakukan dalam street workout ada tiga, yaitu pull ups, push-ups, dan dips. Tapi meskipun hanya ada tiga gerakan dasar, pengembangan bisa sangat banyak seperti, explosive pull up, muscle up, straight dip, dan archer push up”, tutur Pipin, salah satu pegiat street workout yang tergabung di komunitas street workout Jogja kepada brilio.net Rabu (11/11).

Loading...

Tujuan dari street workout sendiri selain menjaga kebugaran tubuh, juga untuk meningkatkan kekuatan tubuh dan fleksibilitas serta meningkatkan keterampilan psikomotor seperti keseimbangan, kelincahan dan koordinasi.

Kamu mau bentuk tubuh ideal tanpa fitness? Ini lho solusinya

Kamu juga bisa melakukan street workout dimana pun, seperti di lantai, kusen pintu, atau taman bermain. Karena keluwesannya inilah street workout mulai digemari oleh berbagai kalangan.

Untuk kamu yang pengen nyobain gimana serunya street workout, berikut brilio.net rangkum beberapa komunitas yang sudah ada:

1. BAR-tavia (Jakarta)

https://twitter.com/BartaviaID

2. Workout Embassy (Jakarta)

http://facebook.com/Workoutembassy/

3. Aldebaran (Yogyakarta)

http://aldebaranysw.blogspot.co.id/

4. Airlangga Calisthenic (Surabaya)

https://www.facebook.com/AirlanggaCalisthenic

5. BarBarengans (Bandung)

https://www.facebook.com/BarBarengans