Brilio.net - Saat kamu meminum susu dari kemasannya, pernahkah kamu memperhatikan angka yang tercetak di kemasannya? Itu bukan sekadar angka, lho.

Dilansir brilio.net dari Cuisine & Health, Minggu (9/8), angka yang tercetak di bagian bawah karton kemasan susu, yaitu 1 sampai 5 (di beberapa negara 1 sampai 6), menunjukkan berapa kali susu itu didaur ulang atau diolah.

Bahkan ada undang-undang yang memungkinkan susu untuk diproses ulang dalam suhu 190 derajat celcius dan dikirim kembali ke toko. Prosedur ini mungkin diulang sampai lima kali sehingga pabrik harus mencetak jumlah yang tepat dari waktu yang dibutuhkan susu itu diproses.

Jadi, bagaimana kamu tahu susu yang kamu minum sudah berapa kali diproses ulang?

Kalau kamu biasanya melihat cetakan nomor 123456, tapi di kemasan susumu ada satu angka yang hilang, itulah banyaknya susu didaur ulang. Misalnya tertulis 12.456, angka 3 yang hilang artinya susu itu sudah dipasteurisasi sebanyak 3 kali. Pasteurisasi adalah sebuah proses pemanasan makanan dengan tujuan membunuh organisme merugikan seperti bakteri, virus, protozoa, kapang, dan khamir.