Brilio.net - Biasanya demi penghematan, beberapa orang sering mengisi kembali botol plastik bekas minuman dengan air untuk dibawa ketika beraktivitas. Bahkan nggak jarang, botol plastik itu dipakai berkali-kali selama berhari-hari. Kamu sering melakukan hal ini nggak? Hayo, buru-buru ganti kebiasaan deh! Jangka pendeknya sih memang hemat, tapi kalau nantinya sakit, kamu bakalan sama sekali nggak hemat gara-gara mesti keluar banyak biaya untuk kembali sehat. Nggak mau kan?

berikut ini beberapa risiko yang bisa menyerang kesehatanmu karena menggunakan botol plastik bekas seperti dikutip brilio.net dari Boldsky, Selasa (23/6):

1. Infeksi

Pada dasarnya botol plastik menggunakan kualitas yang rendah, yang bahkan jauh melebihi kualitas yang dimiliki botol yang memang dikhususkan untuk dipakai berulang kali. Kualitas yang kurang baik ini jika dipakai berulang kali bisa mencemari air di dalamnya lho, bahkan bakteri jadi gampang masuk sehingga minuman yang kamu pikir baik itu bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Yang paling sering terjadi adalah infeksi akibat menggunakan botol plastik bekas ini. Hiii

2. Masa puber yang lebih cepat

Loading...

Menggunakan botol plastik bekas nggak hanya kurang baik untuk kesehatan, tapi ternyata bisa membuat anak remaja mengalami puber yang lebih cepat. Menurut penelitian, bahan kimia komponen utama pembuatan botol ini merupakan oknum utama yang bisa memicu produksi hormon estrogen berlebihan di awal usia, sehingga membuat remaja lebih cepat mengalami menstruasi.

3. Komplikasi kehamilan

Botol plasti yang memiliki tipe 7 diyakini oleh para peneliti dapat memicu masalah komplikasi pada kehamilan. Ibu hamil yang menggunakan botol plastik bekas dapat menyebabkan kelainan ada kromosom karena air yang dikonsumsi tercemar bahan kimia berbahaya, bahkan bisa menyebabkan janin tidak berkembang sebagaimana seharusnya. Hiii, seram ya? Jangan lagi pakai botol plastik bekas untuk minum ya?

BACA JUGA SOAL AIR PUTIH LAINNYA:

Infused Water, gaya hidup sehat lewat kesegaran air putih rasa buah

13 Masalah serius kalau kamu ogah minum air putih, berbahaya!

Hati-hati, banyak minum air putih juga berbahaya untuk kesehatan!

5 Manfaat kesehatan dari minum air putih selepas bangun pagi