1. BRILIO.NET
  2. »
  3. Life
Agustin Wahyuningsih 27 Mei 2015 07:11

13 Masalah serius kalau kamu ogah minum air putih, berbahaya!

Padahal air putih adalah cairan yang sangat mudah untuk kita temukan setiap harinya. Ya kan?

Brilio.net - Seperti semua orang tahu, air minum memiliki banyak peran untuk tubuh kita. Kalau tubuh kekurangan air (dalam hal ini air putih), maka banyak sekali akibat yang bakal ditimbulkan.

Dikutip brilio.net dari laman Daily Monitor, Selasa (26/5), berikut masalah yang ditimbulkan akibat kekurangan air minum.

1. Mulut kering
Air minum berfungsi melumasi selaput lendir di mulut dan tenggorokan, yang akan terus menjaga mulut tetap basah dengan air liur, setelah minum tegukan pertama. Berbeda dengan minuman manis hanya memberi solusi sementara untuk masalah yang lebih besar.

2. Kulit kering
Kulit merupakan organ tubuh yang harus terhidrasi. Kalau sampai mengering, berarti itu merupakan pertanda awal dehidrasi, yang dapat menyebabkan masalah lebih besar. Kurangnya air berarti kurangnya keringat, yang menyebabkan ketidakmampuan tubuh membersihkan kotoran dan minyak berlebihan, yang terakumulasi sepanjang hari. Nah, maka dari itu, untuk menghindari kulit berjewarat, minumlah lebih banyak air.

3. Merasa sangat haus
Siapa pun yang pernah mabuk dapat menyampaikan bahwa setelah bangun, dia butuh minum untuk memenuhi kebutuhan air dalam tubuhnya. Pasalnya, alkohol membuat tubuh mengalami dehidrasi. Sama seperti ketika kamu sudah merasa sangat haus, sebenarnya kamu sudah mulai harus mengisi kembali kebutuhan air dalam tubuh.

4. Mata kering
Kurangnya asupan air menyebabkan mata kering dan merah. Tanpa air dalam tubuh, saluran air mata pun juga mengering.

5. Nyeri sendi
Tulang rawan dan tulang belakang cakram kita terdiri dari 80% air. Jumlah ini merupakan kebutuhan mutlak untuk menjaga tulang dari bergesekan satu sama lain saat kita bergerak. Dengan menjaga tubuh dari kondisi dehidrasi, maka kinerja sendi untuk berlari, melompat, atau lainnya bisa lebih maksimal.

6. Massa otot berkurang
Otot-otot kita sebagian besar terdiri dari air. Jelas saja, sedikit air dalam tubuh berarti mengurangi massa otot. Minum air sebelum, selama, dan setelah olahraa tidak hanya membaut otot terhidrasi dan nyaman, tapi juga membawa air ke tempat yang tepat dalam tubuh. Selain itu, mengurangi kemungkinanan peradangan dan nyeri terkait dengan latihan dan angkat besi.

7. Sakit lama sembuhnya
Minum air memungkinkan tubuhmu mengeluarkan racun. Organ kamu bekerja untuk menyaring produk limbah tertentu layaknya mesin. Namun jika kamu kekurangan air sebagai 'bahan bakar', mesin itu tidak akan bekerja. Saat tubuh dehidrasi, makan organ tubuh atau mesin tubuhmu akan mengambil pasokan air dari area lain, misalnya darah, yang justru bisa menimbulkan masalah baru.

8. Merasa lesu dan lelah
Ketika tubuh mengalami dehidrasi, maka tubuh akan mengambil air dari darah. Kurangnya air dalam darah bisa menyebabkan kekurangan oksigen yang dibawa ke seluruh tubuh. Maka tak heran, kekurangan oksigen bikin kamu mengantuk dan mudah lelah. Bisa berakibat fatal, lho. Misalnya kelelahan dan mengantuk di jalan bisa bikin kecelakaan.

9. Merasa lapar
Ketika kamu mengalami dehidrasi, tubuh mungkin berpikir memerlukan beberapa makanan. Kalau hal ini terjadi sepanjang hari, maka tak heran, saat malam hari kamu terbangun kelaparan dan mengambil makanan ringan.

Sayangnya, makan makanan menciptakan lebih banyak PR untuk tubuhmu, sedangkan air minum memurnikan organ dan memasok tubuh dengan bahan bakar yang dibutuhkan untuk metabolisme tubuh.

10. Masalah pencernaan
Kalau kurang air minum, asam lambung akan meningkat dan bisa merusak sistem pencernaanmu. Tak heran kamu merasa mulas atau gangguan pencernaan lainnya.

11. Sembelit
Kalau tubuh terhidrasi, maka bisa melumasi sistem pencernaan. Kalau yang terjadi sebaliknya, usus akan bekerja ekstra. Tak heran sembelit datang.

12. Mengurangi buang air kecil
Jika kamu tidak buang air sebanyak 4-7 kali sehari, mungkin kamu tidak cukup minum air. Nah, kalau begini, maka warna air seni kamu akan kuning saat pertama kali buang air. Kalau warnanya gelap kuning, itu artinya kamu mengalami dehidrasi. Dalam kasus ekstrem, dehidrasi dapat menyebabkan infeksi salurah kemih, sehingga kamu harus segera konsultasi ke dokter.

13. Penuaan dini
Jumlah air dalam tubuh berfungsi mempertahankan secara alami tubuh seiring bertambahnya usia. Kalau tubuh kekurangan air, maka akan mengakibatkan kerusakan tubuh, efeknya ke tubuh bagian luar juga tampak tua lebih awal. Maka dari itu, perlu untuk terus minum air sepanjang hidup.

(brl/gib)

YOU MAY ALSO LIKE

Tips Hilangkan Noda Minyak pada Jeans
Kamu bingung saat noda minyak pada jeans. Begini tips simpel menghilangkan noda biar jeans tetap oke.
Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    33%

  • Ngakak!

    33%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    33%

  • Marah

    0%

Share This Article

To:

Cc:

Subject:

13 Masalah serius kalau kamu ogah minum air putih, berbahaya!.
Padahal air putih adalah cairan yang sangat mudah untuk kita temukan setiap harinya. Ya kan?
https://www.brilio.net/life/13-masalah-serius-kalau-kamu-ogah-minum-air-putih-berbahaya-150526y.html
SEND

WHAT DO YOU THINK

MORE STORIES


Show More Stories
TOP