Brilio.net - Cantengan atau nama ilmiahnya paronychia merupakan infeksi umum pada kulit namun hanya pada bagian kuku (lipatan/sela kuku). Lipatan kuku yang terinfeksi akan terlihat bengkak, meradang, bisa juga lembek, dan yang jelas bau.

Mengapa bisa bau? Sebab kemungkinan adanya nanah pada pembengkakan tersebut. Hal ini bisa terjadi jika infeksi pada kuku tidak segera diobati.

Dikutip brilio.net dari laman Patient, Rabu (10/6), ada tiga penyebab terjadinya cantengan, yaitu:

- Kuman (bakteri). Ini cenderung menyebabkan cantengan atau infeksi lipatan kuku secara mendadak atau akut dan terasa menyakitkan

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

- Candida. Ini merupakan ragi atau sejenis jamur dan penyebab umum lainnya. Cantengan akibat candida cenderung berkembang secara perlahan dan menyebabkan infeksi persisten atau kronis atau berlangsung lama. Namun mereka tidak menyebabkan nanah muncul.

- Kuman lain (mikroba). Dalam poin ini termasuk virus dan jamur. Hanya saja, jenis ini kurang umum menjadi penyebab cantengan.

Setelah mengetahui penyebab cantengan, maka ada faktor yang bisa meningkatkan risiko "membeludaknya" penyebab-penyebab tersebut dan semakin memperparah infeksi, antara lain:

- Air. Kalau kamu sering menggunakan air dalam jangka waktu lama, terutama deterjen, bisa mengembangkan infeksi kuku atau cantengan. Pembersih, bartender, bahan kecantikan, mesin cuci piring, dan sebagainya, cenderung membuat kuku rentan terhadap infeksi. Pencucian kuku yang terus menerus dapat merusak lipatan kuku dan memungkinkan infeksi berkembang.

- Cedera. Misalnya menggigit kuku, manikur yang tidak tepat, kuku rusak, dan lain-lain.

- Penutupan. Misalnya, kalau kamu menggunakan sarung tangan dalam waktu yang lama, atau menggunakan kuku buatan, dapat menyebabkan kondisi lembab dan pengap di sekitar kukumu. Hal inilah yang disukai kuman untuk berkembang dan menyebabkan infeksi.

Lantas, bagaimana mengatasinya?

Pertama, untuk mengatasi cantengan dengan penyebab infeksi bakteri. Kamu perlu memakai antibiotik selama tujuh hari yang sudah diresepkan. Kadang-kadang nanah yang muncul dari adanya infeksi bakteri harus dikeringkan dengan sedikit pemotongan kuku.

Selain itu, kamu juga bisa merendam jari dengan air asin hangat empat kali sehari. Obat penghilang rasa sakit, seperti parasetamol dan ibuprofen, sering kali bekerja dengan baik untuk meringankan rasa sakit apa pun.

Kedua, untuk cantengan yang disebabkan candida. Kamu bisa mengobatinya dengan krim antijamur. Pengobatan biasanya butuh selama tiga sampai enam bulan sebelum infeksi berjalan sepenuhnya dan lipatan kuku baru yang sehat telah terbentuk.

Kadang-kadang, tablet antijamur juga perlu kamu konsumsi selama seminggu atau lebih kalau krim tidak membantu. Jika infeksi jamur telah menyebar ke kuku maka jangka waktu pengobatan juga lebih lama, biasanya enam sampai 12 bulan. Pengobatannya pun lebih intensif dengan tablet antijamur atau menggunakan cat kuku antijamur.

Namun begitu, kalau cantengan tidak kunjung sembuh, pastikan kamu konsultasi pada dokter ya, guys.

Selain pengobatan, yang penting adalah pencegahan. Untuk mencegah terkena cantengan, kamu bisa melakukan hal berikut:

- Jangan menggigit kuku atau kulit di sebelah kuku persis

- Selalu jaga tangan dan kaki dalam keadaan kering. Setelah mencuci tangan dan kaki, pastikan kering sepenuhnya

- Pakailah sarung tangan karet (sebaiknya berlapis kapas) jika kamu bekerja dengan banyak air

- Jangan memakai sarung tangan atau kuku palsu untuk waktu lama

Well, guys, jaga kesehatan kuku tangan dan kakimu, ya.

(brl/swh)