Brilio.net - Penelitian ilmiah menjelaskan bahwa kontak fisik langsung dengan energi alam dan elektron bumi yang terbarukan secara terus menerus dapat menguras radikal bebas dari dalam tubuh. Elektron bumi ini juga bersifat antioksidan paling ampuh yang pernah tersedia, di samping juga memiliki efek antiinflamasi. Studi lain justru menyebutkan hubungan tubuh manusia dengan bumi, yaitu saat manusia tidur, artinya dia menormalkan irama kortisol harian dan memperbaiki tubuh selama tidur.

Nah, interaksi langsung antara tubuh dengan alam dapat diketahui dari fakta bahwa sebenarnya tubuh menyerap elektron dari bumi melalui telapak kaki saat bersentuhan langsung dengan permukaan tanah. Lantas, apa manfaat nyata dari berjalan dengan bertelanjang kaki, ya? Dilansir brilio.net dari laman Barefoot and Paleo, Senin (14/9) inilah penjelasannya.

1. Memperbaiki keseimbangan

Bertelanjang kaki membantumu untuk menstabilkan keseimbangan tubuh, bila dibandingkan menggunakan sepatu. Tak heran beberapa olahraga memang lebih baik tidak menggunakan sepatu, misalnya push up, yoga, dan lari.

2. Lebih merasa membumi

Loading...

Saat kamu bertelanjang kaki, telapak kakimu akan bersentuhan dengan tanah. Tindakan ini akan memberikan sensasi tersendiri. Kamu akan merasa lebih terhubung dengan alam (baca: tanah) ketimbang menggunakan sepatu. Dan sensasi ini adalah natural.

3. Menyehatkan kaki

Berjalan dengan kaki telanjang akan membuat saraf-saraf di telapak kaki bekerja. Tak heran pula ada yang bilang bahwa berjalan-jalan di atas kerikil bisa memperlancar peredaran darah. Itu artinya berjalan dengan langsung menapak bumi (tanpa alas kaki) akan memengaruhi kesehatan kakimu.

4. Lebih berenergi

Dengan berjalan bertelanjang kaki, saraf di telapak kaki maupun otot di kaki akan lebih 'aktif', sehingga aliran darah juga semakin lancar. Aliran darah semakin lancar ditambah pasokan oksigen karena berjalan sehat pagi hari, bisa memberikan kamu lebih banyak energi menjalani aktivitas sehari-hari.

5. Mengurangi stres

Berjalan dengan kaki telanjang, terlebih berjalan cepat, terhitung sebagai olahraga. Aktivitas fisik ini akan memicu produksi serotonin aktif, yaitu neurotransmitter di otak yang berfungsi menimbulkan perasaan bahagia sehingga meredakan stres.

6. Menjaga postur

Berjalan kaki tanpa alasa membantumu untuk menjaga postur tubuh tetap tegak.

7. Mengatasi rasa nyeri

Selain megurangi ketegangan otot-otot kaki, berjalan tanpa alas kaki juga ampuh mengurangi rasa nyeri di punggung bawah, seperti yang dituturkan oleh penulis artikel asli 11 Health Benefits From Walking Barefoot ini.

8. Membuat kita lebih sadar terhadap alam sekitar

Coba kalau kamu menggunakan alas kaki setiap waktu, pasti kamu tidak terlalu memperhatikan rasanya berjalan di atas kerikil atau menyentuh langsung tanah dengan telapak kakimu. Dengan berjalan tanpa alas kaki, kamu akan merasakannya. Kamu akan memperhatikan detail lingkungan sekelilingmu. Efeknya kamu bisa merasa takjub untuk hal yang selama ini tak pernah kamu perhatikan.

Sudah siapkah kamu berjalan kaki tanpa alas kaki?