Brilio.net - Move on bukanlah perkara yang mudah. Kekuatan melupakan merupakan kunci dari kesuksesan fase move on. Meskipun susah, banyak yang bilang kalau cowok lebih mudah move on ketimbang cewek. Apakah hal ini memang sebuah kebenaran? Jika dilihat dari sisi sains hal ini bisa saja menjadi fakta yang mengejutkan.

Sebuah studi yang dilakukan oleh Jostein Holmen dan enam rekannya menunjukkan bahwa cowok lebih mudah lupa dibandingkan cewek, sebagaimana dikutip brilio.net dari BMC Neuroscience, Sabtu (27/6). Dalam risetnya, Jostein melibatkan 48.000 orang berkebangsaan Norwegia dengan rentang umur antara 30 hingga 60 tahun.

Dalam metode ini, para peneliti memberikan sembilan pertanyaan untuk menguji kemampuan mengingat. Tiga pertanyaan di antaranya adalah tentang nama dan tanggal, isi obrolan dengan orang lain, dan hal-hal yang dilakukan satu tahun sebelumnya. Hasilnya menunjukkan bahwa ternyata laki-laki lebih mudah lupa dibandingkan dengan wanita.

Dari sekian banyak pertanyaan, para responden memang susah untuk mengingat nama dan tanggal. Meskipun begitu, tingkat kesusahan ini lebih tinggi pada kelompok laki-laki dibandingkan wanita. Meski secara keseluruhan ingatan laki-laki lebih buruk dibandingakan dengan wanita.

Sebagai ketua penelitian, Jostein terkejut dengan hasil tersebut. Penelitian ini merupakan kajian pertama kali yang didokumentasikan. Jostein dan timnya mencoba mengorek fenomena ini. Akan tetapi hingga saat ini penjelasan tentang jawaban penelitian ini masih misteri.

BACA JUGA:

Tetap sahabatan dengan lawan jenis saat sudah pacaran, mungkinkah?

5 Resep jitu agar persahabatan kamu bisa langgeng

Berapakah jumlah teman yang seharusnya kamu miliki dalam kehidupan?

5 Jenis teman yang unik ini pasti kamu miliki

Ingin punya banyak teman? Kamu harus lebih sering tersenyum

7 Arti pesan singkat dari teman yang perlu kamu tahu

9 Cara mengetahui kawan kamu beneran teman sejati atau bukan