Brilio.net - Biasanya ketika minum susu, kamu mencampurkannya dengan apa saja? Bubuk cokelat? Gula? Atau pakai krim segala supaya rasanya jadi lebih nendang? Ngngng.., bagaimana kalau kamu coba mencampurkan susu dengan kunyit? Mau?

Diketahui, kunyit memang terkenal sejak zaman dulu sebagai rempah-rempah yang memiliki banyak khasiat bagi tubuh. Bahkan di banyak negara, kunyit juga digunakan sebagai obat tradisional untuk beberapa jenis penyakit serta gangguan kesehatan. Jika rajin mengonsumsi kunyit, maka dijamin deh, kesehatanmu akan selalu terjaga, daya tahan tubuh meningkat dan jadi nggak gampang sakit!

Nah, dengan mencampurkan kunyit dengan susu, tentu akan menghasilkan rasa yang nikmat serta kamu mendapatkan banyak manfaat dari susu maupun kunyit. Cara bikinnya juga gampang kok, kamu hanya perlu mendidihkan susu dengan setengah sendok teh bubuk kunyit atau sepotong kunyit berukuran kira-kira 1 inchi selama 10 sampai 15 menit. Dan voila, kamu bisa langsung mendapatkan banyak manfaat dari setiap gelasnya.

Berikut ini 9 manfaat yang pasti bakal kamu dapatkan dengan rutin mengonsumsi susu yang dicampur dengan kunyit, seperti yang dikutip brilio.net dari laman India Times, Rabu (21/10):

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

1. Menyembuhkan batuk pilek

Kunyi sudah sejak lama terkenal dengan sifat antiseptik serta anti-inflamasi yang bisa membantu meringankan infeksi, pilek dan gejala batuk.

2. Detoksifikasi

Sudah sejak berabad-abad yang lalu kunyit dikenal sebagai rempah-rempah yang digunakan sebagai pembersih darah dalam obat-obatan ayurverdic. Kunyit bahkan memiliki khasiat meningkatkan sirkulasi darah serta merangsang sistem limfatik, yang merupakan mekanisme drainase alami pada tubuh.

3. Meredakan sakit kepala

Kunyit juga kaya akan antioksidan serta mengandung beberapa nutrisi penting bagi tubuh, sehingga bisa bekerja seperti obat penghilang rasa sakit alami terhadap sakit kepala.

4. Mengurangi kram menstruasi

Ladies, minum segelas susu dengan kunyit setiap hari bisa membantu mengurangi kram dan rasa nyeri yang disebabkan karena menstruasi. Dicoba deh!

5. Menenangkan arthritis dan nyeri sendi

Sifat anti-inflamasi pada kunyit juga memiliki manfaat lain, selain membantu meringankan infeksi, kunyit juga dikenal akan kemampuannya untuk menenangkan rasa sakit, serta pembengkakan dan peradangan yang terkait dengan arthritis. Dengan meminum susu dicampur dengan kunyit, maka kamu akan mendapat tulang yang senantiasa kuat dan fleksibilitas sendi-sendi yang oke punya. Dibiasakan ya?

6. Meningkatkan kekebalan tubuh

Sifat antivirus yang dimiliki kunyit juga memiliki manfaat positif bagi tubuh, seperti misalnya meningkatkan kekebalan tubuh secara alami serta mampu mencegah perkembangan virus sehingga melindungimu dari infeksi seperti misalnya hepatitis.

Selain itu, konsumsi susu dengan kunyit diketahui mampu memperlambat perkembangan penyakit alzheimer dan bahkan mengurangi risiko terkena penyakit serius seperti kanker.

7. Membantu tidur lebih nyenyak

Mau punya tidur yang berkualitas? Gampang kok! Kamu hanya perlu rutin mengonsumsi susu dicampur dengan kunyit satu jam sebelum tidur. Serotonin dan melatonin yang terkandung dalam susu merupakan bahan kimia otak yang memainkan peran penting dalam siklus tidurmu. Selain itu kunyit dicampur dalam susu bermanfaat mengurangi stres dan membantu menenangkan tubuh. DIcoba mulai sekarang yuk?

8. Kulit menjadi lebih bersinar

Kamu juga bisa mendapatkan kulit yang sehat dengan bersinar dengan membiasakan konsumsi susu dicampur dengan kunyit. Antioksidan dalam kunyit mampu melawan radikal bebas yang nggak cuma menimbulkan sakit penyakit tapi juga penuaan dini supaya kulit kamu senantiasa sehat dan tampak lebih muda dari hari ke hari.

9. Berat badan jadi lebih cepat turun!

Mau nurunin berat badan tapi susah? Sudah mencoba berbagai produk pelangsing tubuh tapi nggak menampakkan hasil? Coba deh, konsumsi susu yang dicampur dengan kunyit. Senyawa dalam rempah ini bisa membantu memecah lemak sehingga membantu menurunkan berat badan.

Yuk, dibiasakan mulai sekarang ya, mengonsumsi susu dicampur dengan kunyit? Kesehatanmu lho!

(brl/gib)

(brl/gib)