Brilio.net - Pernah kan nonton iklan sebuah produk minuman susu yang menceritakan tentang seorang anak kecil yang kebingungan ada teh dicampur susu? Sekarang, di pusat perbelanjaan juga banyak yang menjual produk teh susu dan lumayan digemari oleh berbagai kalangan.

Tapi sebenarnya bagus nggak sih khasiat dari minuman ini? Memang, sudah sejak dulu teh dikenal ampuh untuk menekan risiko terserang penyakit jantung dan stroke. Tapi bagimana kalau minum teh dicampur susu? Masih sama ampuhnya? Ternyata nggak, lho!

Menurut penelitian yang dilakukan oleh peneliti dari Charite Hospital, University of Berlin, seperti dilansir brilio.net dari ScienceDaily, Senin (27/4), teh memang berfungsi untuk meningkatkan aliran darah dan kemampuan arteri untuk berelaksasi, tapi kalau dicampur susu justru dapat menghambat efek perlindungan yang dimiliki oleh teh. Jika kamu ingin menarik manfaat dari teh, ya jangan mencampurkannya dengan susu.

Masih menurut para peneliti, susu mengandung protein kasein yang dapat menurunkan sejumlah komponen yang terdapat pada teh, seperti catechin yang sangat bermanfaat untuk melawan penyakit jantung.

Penelitian yang dimuat dalam Eropean Heath Journal ini juga melakukan percobaan ini pada seekor tikus yang diberikan teh hitam. Dari percobaan itu didapat hasil bahwa teh hitam meningkatkan aliran darah pada tikus karena prouksi natrium oksida meningkat sehingga terjadi peningkatan dilatasi pembuluh darah. Tapi jika dicampur dengan susu, maka efek tersebut akan hilang.