Brilio.net - Jika kamu mendefinisikan istilah 'zona nyaman' tentunya berbeda dengan orang lain. Sementara beberapa orang mengejar dan mencari zona nyaman mereka sendiri-sendiri. Ya kan?

Secara umum, zona nyaman merupakan situasi ketika kamu sudah nyaman dengan suatu keadaan. Target yang kamu terima tidak menantang dirimu untuk melakukan sesuatu yang lebih daripada saat ini. Seseorang yang sudah berada dalam posisi nyaman biasanya cenderung menikmati yang sudah ada dan tidak mendorong dirinya untuk meraih hal yang lebih baik lagi serta sudah merasa puas dengan keadaan saat ini.

Nah, sebelum kamu terjebak di zona nyaman, berikut adalah tanda-tanda untuk membantu kamu menyadari bahwa perlu bagi kamu untuk melompat keluar dari zona kenyamananmu, seperti yang telah dilansir brilio.net dari lifehack, Sabtu (16/1):


1. Kamu tak bahagia tapi kamu tak tahu mengapa

8 Tanda ini bikin kamu harus gerak cepat keluar dari zona nyaman, ayo!
foto: my-smartlife.blogspot.com


Kamu telah mendapatkan segala yang kamu butuhkan dalam hidupmu, tapi kamu tetap saja tak merasa bahagia. Anehnya lagi, kamu tak juga menemukan alasan mengapa kamu bisa tak bahagia dengan apa yang kamu dapatkan sekarang. Bukan berarti tak bersyukur, tapi sudah saatnya kamu keluar dari zona nyaman dan mencoba sesuatu yang baru. Berani nggak?


2. Kamu ragu pada dirimu sendiri

8 Tanda ini bikin kamu harus gerak cepat keluar dari zona nyaman, ayo! foto: cuteabis.com

Kamu tidak tahu seberapa baik atau seberapa mampu kamu. Entah bagaimana, ini mengarah ke keraguan diri dan menjadi pikiran negatif nantinya. Saatnya kamu keluar dari zona nyamanmu saat sekarang ini.


3. Kamu mengalami stagnasi

8 Tanda ini bikin kamu harus gerak cepat keluar dari zona nyaman, ayo!
foto: aquariuslearning.co.id


Kamu merasa berada di suatu kondisi atau keadaan yang stagnan. Kamu tidak merasa bisa belajar dan bertumbuh dengan baik. Sudah saatnya kamu keluar dan mencoba hal di luar zona nyamanmu untuk bisa belajar dan bertumbuh.


4. Kamu tidak ingat kapan terakhir kali kamu mencoba sesuatu yang baru

8 Tanda ini bikin kamu harus gerak cepat keluar dari zona nyaman, ayo! foto: linkedin.com

Kamu tidak ingat kapan terakhir kali kamu mencoba sesuatu yang baru. Telah lama pula kamu tidak merasa tertantang. Oleh karena itu, sudah saatnya kamu coba hal baru yang bisa membuatmu tertantang.


5. Kamu jarang membuat percakapan dengan orang asing

8 Tanda ini bikin kamu harus gerak cepat keluar dari zona nyaman, ayo!
foto: vincmeister.blogspot.com


Kamu tidak bertemu orang-orang baru, tidak akan kamu temukan saluran baru untuk mengekspresikan diri. Kamu khawatir tentang bagaimana dunia akan melihat kamu jika kamu melakukan sesuatu yang berbeda atau berbicara kepada mereka. Kamu tidak ingin memiliki respons yang berbeda dari yang kamu telah terima untuk sementara waktu. Saatnya untuk mencoba sesuatu yang baru.


6. Kamu mengatakan 'tidak' ketika kamu diminta melakukan sesuatu yang baru atau tidak nyaman

8 Tanda ini bikin kamu harus gerak cepat keluar dari zona nyaman, ayo!
foto: mustikasukses.com


Apa pun yang tidak beresonansi dengan apa yang sedang kamu lakukan, tampaknya berisiko. Kamu melihat secara negatif untuk setiap prospek baru yang keluar dari bidang yang kamu minati. Kamu akan senang melihat tugas didelegasikan kepada orang lain selain kamu karena kamu sudah terlalu nyaman di zonamu sendiri.


7. Kamu sering menunda-nunda

8 Tanda ini bikin kamu harus gerak cepat keluar dari zona nyaman, ayo! foto: kicau-angsa.blogspot.com

Kamu terus menunggu untuk hal-hal menjadi sempurna sebelum kamu mengambil tindakan. Namun, hal-hal tersebut tidak pernah sempurna. Akibatnya kamu terus selalu menunda-nunda perubahan.


8. Kamu terus-menerus menggunakan kata-kata seperti 'jika' dan 'ketika'

8 Tanda ini bikin kamu harus gerak cepat keluar dari zona nyaman, ayo!
foto: aliviaayusavira.wordpress.com


Kamu terlalu sering menggunakan kata-kata negatif seperti 'tidak bisa' atau 'tidak akan'. Kamu benar-benar tidak tahu apa dampak kata-kata yang kamu gunakan itu dapat membuatmu tetap dalam zona nyaman.