Brilio.net - Virus adalah micro organisme yang bersifat parasit dengan menginfeksi atau memanfaatkan sel organisme biologis mahluk hidup lainnya seperti manusia, hewan, tanaman sebagai inangnya. Ada banyak sekali jenis-jenis virus yang menyerang manusia dan menyebabkan penyakit bahkan sampai mengancam kehidupan manusia.

Berikut ini penyakit-penyakit yang disebabkan karena infeksi virus, seperti yang dilansir brilio.net dari berbagai sumber (1/4):

1. AIDS (Acquired Immunodeficiency Syndrom)

8 Jenis virus berbahaya yang harus diwaspadai manusia

Penyakit ini disebabkan oleh HIV (Human Immuno-deficiency Virus) dan juga dinamakan Lymphadenopathy Associated Virus (LAV). Virus ini menyerang kekebalan tubuh dan dapat menular melalui kontak cairan, antara lain aktivitas hubungan seksual, pemakaian jarum suntik bekas penderita HIV, dan wanita penderita HIV yang sedang mengandung janin.

Loading...

AIDS adalah penyakit yang mematikan dan belum ada obat atau vaksinnya. Gejala dari penderita AIDS adalah demam, berkeringat di malam hari, mengalami pembengkakan kelenjar, lemah, berat badan yang terus mengalami penurunan.

Apabila seseorang terjangkit virus HIV, maka orang tersebut tidak memiliki sistem kekebalan tubuh, sehingga jika si penderita terkena flu atau penyakit lain maka akan sulit sekali untuk sembuh. Untuk itu sebaiknya segera melakukan pemeriksaan sedini mungkin karena sistem imun belum parah.

2. Polio

8 Jenis virus berbahaya yang harus diwaspadai manusia

Polio adalah penyakit yang disebabkan oleh genus enterovirus. Virus ini masuk melalui mulut kemudian menginfeksi saluran usus, masuk melalui aliran darah dan menyerang saraf pusat hingga menyebabkan kelumpuhan permanen dalam hitungan jam.

Polio menular melalui kontak antar manusia, feces yang terkontaminasi virus. Biasanya jika salah satu anggota keluarga terinfeksi, maka anggota keluarga lainnya juga akan terinfeksi. Orang yang terinfeksi virus ini akan mengalami lemahnya otot dan mengakibatkan kelumpuhan, terutama pada kaki. Balita rawan terserang polio, karena sistem imunitas balita belum sekuat orang dewasa.

Gejala yang biasa dirasakan bagi orang yang terinfeksi virus polio adalah deman, nyeri sendi, tulang dan otot, kelamahan,kram otot, gangguan aktivitas sehari-hari seperti berjalan, gerakan tubuh dan gangguan pada pernafasan. Kalau kamu mengalami gejala-gejala seperti ini segera hubungi dokter ya.

3. Hepatitis

8 Jenis virus berbahaya yang harus diwaspadai manusia

Hepatitis adalah penyakit yang disebabkan oleh virus hepatitis A, B, non A dan non B. Hepatitis dikenal dengan penyakit kuning atau liver karena virus ini menyerang hati. Penyebab penyakit hepatitis adalah terinfeksi virus, adanya gangguan metabolisme tubuh, mengkonsumsi alkohol, autoimun, komplikasi karena penyakit lain, terlalu banyak dan sering mengkonsumsi obat-obatan dll.

4. Varisela (cacar air)

8 Jenis virus berbahaya yang harus diwaspadai manusia

Varisela adalah infeksi virus akut yang di tandai dengan adanya vesikel pada kulit yang sangat menular. Penyakit ini disebut juga dengan chicken pox, cacar air, atau varisela zoster. Varisella disebabkan oleh Herpesvirus varicellae atau human (alpha) herpes virus-3 (HHV3). Virus ini menular dengan cepat melalui udara, bisa dari bersin dan batuk dari penderita atau kontak langsung kulit dengan penderita.

Cacar hanya mengidap manusia sekali selama hidup dan lebih sering ditemukan pada anak-anak dibandingkan orang dewasa. Gejalanya adalah demam, pilek, lemah, letih, lesu dan kemudian muncul ruam kemerahan di tubuh berisi cairan. Disarankan untuk menjaga kekebalan tubuh untuk menghindari virus ini dan bagi penderita lebih baik dikarantina agar tidak menulari orang lain.

5. Flu burung

8 Jenis virus berbahaya yang harus diwaspadai manusia

Avian influenza atau flu burung atau sampar unggas adalah penyakit yang disebabkan oleh virus Al dari Famili Orthomyxoviridae. Virus ini merupakan virus yang biasa menjangkiti burung dan mamalia. Virus yang dikenal dengan istilah H5N1 ini bisa menular lewat udara, makanan atau minuman atau bersentuhan.

Gejala yang dialami orang yang terinfeksi virus ini adalah demam tinggi, batuk, lemas, sakit tenggorokan, sakit kepala, tidak ada selera makan, nyeri sendi, nyeri perut. Penderita flu burung biasanya telah melakukan kontak langsung dengan unggas yang terinfeksi virus H5N1.

Virus ini sangat berbahaya karena ribuan orang telah meninggal setelah terinfeksi virus ini, menjaga kebersihan lingkungan, makanan dan minuman adalah penting untuk menghindari penularan dari virus ini.

6. Rabies

8 Jenis virus berbahaya yang harus diwaspadai manusia

Penyakit ini disebabkan oleh virus rabies yang termasuk famili Rhabdovirus. Rabies adalah penyakit yang menyerang susunan saraf pusat yang ditularkan melalui gigitan hewan yang sudah terkena rabies, antara lain anjing, kucing, dan kera. Virus kemudian menyerang sistem saraf yang menyebabkan penderita mengalami gangguan saraf.

7. Campak

8 Jenis virus berbahaya yang harus diwaspadai manusia

Campak adalah suatu penyakit akut yang sangat menular yang disebabkan oleh virus campak, dari famili Paramyxovirus genus Morbillivirus. Campak disebut juga rubeola, morbilli, atau measles.

Penyakit ini di tandai dengan gejala awal demam, batuk, pilek, dan konjungtivitas yang kemudian diikuti dengan bercak kemerahan pada kulit. Campak ditularkan melalui droplet di udara oleh penderita sejak 1 hari sebelum timbul gejala gejala klinis sampai 4 hari setelah munculnya ruam.

8. Influenza

8 Jenis virus berbahaya yang harus diwaspadai manusia

Kalau sakit yang disebabkan oleh virus yang satu ini pasti pernah dirasakan oleh sebagian besar orang. Virus influenza namanya yang mengakibatkan kamu bisa terkena flu. Virus ini sangat mudah menular dan ditularkan melalui udara dengan batuk atau bersin juga bisa menular melalui tangan yang bersentuhan dengan orang yang terkena influenza.

Virus ini menyerang pernafasan sehingga orang yang terinfeksi virus ini mengalami kesulitan bernafas, gejala yang dirasakan bagi seseorang yang terinfeksi virus ini adalah pilek, demam, batuk kering hingga batuk berdahak, kerongkongan gatal, hidung mampet, hidung meler, bersin-bersin, hidung terasa gatal dan merah serta badan terasa pengal-pegal atau rasa tidak nyaman secara umum. Kadang-kadang bisa muncul gejala mual dan muntah, terutama pada anak-anak.

Jika imunitas kamu baik, maka virus influenza akan mati diserang oleh sistem imun. Akan tetapi jika sistem imun kamu lemah, maka virus influenza akan berkembang dalam tubuhmu. Makanya menjaga imunitas sangat penting untuk mempertahankan kesehatan kamu dari serangan virus ini.