Brilio.net - Membuang gas alias kentut memang menyehatkan. Akan tetapi hal ini menjadi tidak wajar jika frekuensinya terlalu sering. Apalagi saat kamu mempunyai acara bersama orang lain atau sedang melakukan aktivitas di tempat umum. Akan sangat memalukan jika tiba-tiba banyak orang teralihkan perhatiannya karena suara yang begitu unik dari dalam tubuhmu. Tidak mau kan mempunyai pengalaman yang memalukan seperti ini?

Berikut adalah tujuh makanan yang harus kamu hindari jika tidak ingin terlalu sering kentut sebagaimana dikutip brilio.net dari Itsgr9, Senin (10/8).

1. Kacang

Rasa gurih dari kacang memang sangat nikmat di lidah. Akan tetapi makanan ini ternyata bisa menyebabkan bau gasmu mengerikan. Jika ingin mengontrol frekuensi membuang gas, sebaiknya hindari makanan yang satu ini. Kandungan gula rafinosa pada kacang merupakan sumber dari semua masalah gas dalam tubuh.

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

2. Makanan yang tinggi pati

Kentang, mi, dan sereal merupakan makanan yang masuk dalam golongan tinggi pati. Kandungan karbohidrat dalam makanan ini sedikit membuat masalah dalam saluran pencernaan. Selain itu, gas dalam usus saat mencerna makanan tinggi pati juga mencari jalan keluar yang tidak terduga. Akibatnya, kamu bisa terlalu sering kentut.

3. Bawang merah

Tidak hanya membuat matamu menangis, bawang merah juga bisa menyebabkan kamu malu karena gas yang kamu keluarkan. Jika kamu sering sekali memasukkan bawang merah dalam setiap masakan, sebaiknya mulai dikurangi porsinya. Atau tidak, siap-siap saja dengan kejutannya.

4. Telur ayam

Kandungan protein yang tinggi dalam sebutir telur ayam bisa membuat gasmu tidak terkontrol. Jadi, hindarilah menu makanan yang terbuat dari telur jika tidak menginginkan hal tersebut. Atau tidak, kamu batasi saja untuk mengkonsumsi sumber protein yang satu ini.

5. Brokoli dan kemang kol

Jangan sampai kamu makan kedua sayuran ini dalam keadaan mentah. Jika berani mencobanya, rasakan saja sendiri akibatnya. Kandungan raffinose dalam sayuran ini merupakan sumber pencipta gas berlebihan. Untuk menguranginya, kamu bisa memasaknya terlebih dahulu.

6. Soda dan minuman bersoda

Satu kaleng minuman bersoda yang dingin memang menyegarkan di tengah udara yang panas. Akan tetapi jenis minuman ini bisa menyebabkan kamu kentut berlebihan. Hal ini terjadi karena banyaknya udara yang masuk ke dalam perut dan harus dikeluarkan.

7. Permen karet

Untuk mencari alternatif camilan, permen karet merupakan pilihan yang sangat bagus. Akan tetapi mengkonsumsi permen karet bisa menimbulkan bencana yang lain. Saat kamu mengunyah permen karet, banyak udara yang masuk ke dalam perut. Alhasil, kamu bisa kentut secara berlebihan.

(brl/pep)