Brilio.net - Demi tampil secara sempurna, banyak kaum hawa yang sengaja menghilangkan rambut di area yang tidak diinginkan. Banyak sekali rambut di area tertentu yang dihilangkan dengan waxing.

Yang paling sering diwaxing adalah rambut di daerah kaki. Tetapi waxing juga bisa digunakan untuk menghilangkan rambut di atas bibir atau alis. Proses waxing juga bisa dilakukan di tempat perawatan atau dilakukan sendiri.

Tapi tahukah kamu ternyata waxing juga berbahaya bagi kulit?

Berikut adalah beberapa efek samping dari waxing dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, Rabu (22/4):

1. Luka bakar pada kulit
Lilin merupakan bahan utama yang digunakan dalam proses waxing. Jika ada kesalahan dalam pengolesan lilit ke kulit bisa mengakibatkan kulit kamu terbakar. Karena memang kadar panas harus pas saat dioleskan untuk mencabut rambut. Selain itu, pengelupasan kulit juga akan terjadi karena krim yang digunakan untuk mencabut rambut. Bahkan sel-sel pada kulit kamu juga bisa terangkat.

2. Infeksi
Mencabut rambut pada tubuh dengan waxing juga diiringi oleh pertumbuhan rambut yang baru. Meskipun rambut baru ini masih lemah dan tidak terlalu lebat. Rambut-rambut yang baru tumbuh tersebut bisa menyebabkan infeksi pada kulit kamu karena proses waxing yang mencabut rambut hingga akar-akarnya.

3. Terkena penyakit kelamin
Jika ingin tampil dengan bikini, biasanya ada juga cewek yang melakukan waxing di organ vitalnya. Hal ini bisa meningkatkan risiko terserang penyakit kelamin. Jika ada infeksi pada bagian kulit di area organ vital, kemungkinan menyebarnya sangat tinggi. Hal ini bisa menyebabkan kamu terkena penyakit kelamin, seperti herpes atau kanker serviks. Duh!

4. Membuat kulit berkerut
Terlalu sering melakukan waxing bisa menjadi kulit kamu berkerut. Hal ini terjadi karena tingkat elastisitas pada kulit mulai berkurang akibat proses waxing. Pengolesan lilin pada saat waxing merupakan penyebab utama kulit kamu elastisitasnya hilang.

5. Bikin kulit alergi
Jika kulit kamu terlalu sensitif, hal ini bisa mengakibatkan alergi. Jadi, sebelum melakukan waxing ada baiknya konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu. Selain itu, kulit yang sensitif juga bisa mengakibatkan kulit berdarah akibat proses waxing.