Brilio.net - Kebanyakan dari kita pasti ingin dong punya tubuh bersih dan sehat. Dalam upaya untuk menjaganya, kita bakalan memakai berbagai produk kecantikan seperti sabun dan sampo. Dan, sebagian orang lebih suka memakai sabun batang untuk mencuci muka.

Tapi tahukah kamu apa yang dikatakan para ahli kesehatan? Ternyata sabun batang bisa merusak kulit dan mengundang banyak infeksi kulit lainnya. Tuh, dengerin!

Terlepas dari kandungan bahan kimia yang ada, penggunaan sabun batang bisa menyebabkan korosi pada kulit wajah. Gatal-gatal dan kulit yang sangat kering bisa muncul karena penggunaan sabun batang.

Para ahli kesehatan dan kecantikan menyarankan kita untuk menggunakan air hanya untuk membersihkan bagian-bagian pribadi. Selain itu, juga nggak dianjurkan untuk menggunakan bedak demi menjaga daerah pribadi tetap bersih.

Lantas, apa saja dampak merugikan dari menggunakan sabun batang untuk mencuci muka? Berikut ini ulasannya, seperti dilansir dari brilio.net, Sabtu (11/7) dari Boldsky:

Loading...

1. Melemahkan sistem imun kulit

Sabun batang bisa menghilangkan minyak alami dalam tubuh dan merusak perlindungan alami tubuh terhadap organisme mikro tertentu yang menyebabkan infeksi. Sabun batang bekerja dengan mengurangi sistem imun kulit. Kulit pun melemah dan semakin memudahkan bakteri untuk menempel.

2. Membuat kulit jadi kering

Jika kamu menggunakan sabun batang untuk mencuci muka, kulit menjadi sangat kering. Tak hanya itu, hal ini juga dapat menyebabkan komplikasi lebih lanjut seperti peradangan, kulit mengelupas dan gatal-gatal, dan anal fissures. Hal tersebut disebabkan oleh kandungan kaustik soda.

3. Melemahkan bakteri baik

Bakteri baik membantu agar kulit tidak mengalami infeksi. Jika bakteri baik dilemahkan, kulit pun akan mudah berjerawat.

4. Menghilangkan vitamin D dari kulit

Vitamin D terakumulasi dalam kulit setelah terkena paparan sinar matahari. Namun, vitamin itu dapat hancur oleh karena bahan kimia dalam sabun batang.

5. Mengganggu pH kulit

Sabun memiliki pH basa yang dapat membantu pertumbuhan bakteri. Sementara, pH asam yang tidak memungkinkan bakteri untuk berkembang di kulit.

PERLU JUGA KAMU BACA LADIES:

5 Alasan kenapa wanita hobi belanja tapi tak memakainya

Pria & wanita memiliki cara tidur yang berbeda, berikut penjelasannya

5 Manfaat dahsyat tidur siang, sempatkanlah meski kamu sedang sibuk

Ini hubungan olahraga dan tidur yang tidak boleh kamu abaikan

Mengenal jenis-jenis tidur dan risikonya

Hati-hati, susah tidur bisa picu kerusakan otakmu

6 Alasan kamu harus selalu merapikan tempat tidurmu sendiri

Pengen cepet tidur? Kamu harus belajar teknik pernapasan 4-7-8

5 Alasan kenapa kurang tidur bisa merusak hubungan pacaran kamu!