Brilio.net - Sudah diet dan olahraga mati-matian eh, nggak turun-turun juga nih berat badan. Tapi giliran lihat pacar atau saudara cowokmu lebih gampang kurus ketimbang kamu, bikin gemes dan iri parah nggak sih?

Nah, ternyata ada alasannya kenapa cowok itu lebih gampang menurunkan berat badan ketimbang cewek. Sebagaimana dilansir brilio.net dari TLC, Jumat (4/12), berikut penjelasan tiga alasan tersebut:

1. Cowok terkadang baru-baru saja makan makanan sehat

Sejak usia dini, banyak cewek diajarkan untuk selalu mengamati berat badan mereka. Dan apakah mereka ingin atau nggak, tetap ada banyak tekanan pada mereka untuk mempertahankan tipe tubuh tertentu, sehingga fokus pada kalori, gizi, dan olahraga dalam kehidupan awal mereka. Sementara cowok, terkhusus yang suka bermain olahraga tim ketika muda, mungkin nggak terlalu pusing menghitung kalori dan memilih salad melebihi steak.

Jadi, cowok lebih langsung ke praktik yakni olahraga atau aktivitas fisik yang banyak dan makan makanan sehat, ketimbang cewek yang mau olahraga saja ribet akibat terlalu memikirkan jumlah kalori dan gizi. Bukankah yang tetap bikin sehat, bahkan kurus, adalah makan bergizi dan diimbangi olahraga rutin biar zat dari makanan nggak menumpuk yang justru bisa menimbulkan berbagai gangguan kesehatan, termasuk obesitas?

Loading...

2. Cowok lebih banyak otot dan testosteron

Cowok memang punya kelebihan dari cewek dalam hal genetik. Cowok biasanya memiliki tubuh lebih besar dari cewek, lebih banyak otot, dan testosteron. Cewek biasanya memiliki 6-11% lebih banyak lemak daripada cowok, sebuah penyesuaian yang berguna saat kehamilan.

Nah, lantas apa untungnya cowok lebih banyak punya otot? Massa otot membakar lebih banyak kalori dalam tubuh (satu pon massa tubuh bisa membakar 14 kalori) yang bahkan jika cowok dan cewek punya tinggi dan berat yang sama, cowok akan lebih banyak membakar kalori. Untuk cewek yang memang ingin membentuk badan, latihan kekuatan dua kali seminggu bisa membentuk otot tanpa lemak.

3. Cowok kelihatan menurunkan berat badan bisa dilihat dari perut

Cowok kalau gendut, yang pertama kali terlihat adalah perutnya, karena memang di situlah tempat berkumpulnya lemak. Tapi kalau cewek, area gemuk terlihat dari paha, pinggul, dan pantat. Jadi, kalau cowok mengalami penurunan badan sebesar 10 pound, maka penurunan dalam jumlah yang sama nggak akan terasa bagi cewek.

Oh, iya, satu hal yang perlu kamu ketahui. Sebuah studi pada tahun 2014 yang diterbitkan dalam British Journal of Nutrition mengamati penurunan berat badan sejumlah partisipan pria dan wanita yang mengalami obesitas dan kegemukan berlebih (overweight).

Hasilnya menunjukkan bahwa walaupun pria mengalami penurunan berat badan dua kali lipat selama enam bulan, dan ini setara dengan hasil diet wanita dalam dua bulan, baik pria maupun wanita mengalami penurunan berat badan yang sama dalam jumlah berat dan persentase lemak tubuh.

Jadi, cowok itu kalau kurus itu usahanya lebih lama daripada kamu sebagai cewek tapi hasilnya maksimal. Nggak kayak cewek, inginnya cepat kurus tapi hasilnya nggak jarang cuma sementara, sehingga gemuk lagi, deh.

Jadi, apa pendapatmu soal penjelasan di atas? Kamu ngerasa pacar atau saudaramu cowok lebih gampang kurus daripada kamu?