Brilio.net - Detoksifikasi adalah proses pembuangan racun dalam tubuh seseorang. Tak hanya racun sesuatu yang tidak sehat dan menganggu tubuh dapat juga dibuang melalui proses detox. Proses detoksifikasi sangat dibutuhkan bagi setiap orang, apalagi bagi mereka yang kelebihan berat badan. Proses detoksifikasi lazim dilakukan oleh mereka yang punya program diet.

Selama proses detoks ada sejumlah aturan yang harus dipatuhi. Salah satunya tidak bisa memakan makanan favorit sepert makanan manis dan gorengan. Konsumsi gula dan minuman manis juga harus dikurangi bahkan kalau bisa dihindari sama sekali.
Nah, berikut ini minuman detoks yang menyegarkan dan enggak melulu air putih saja. Kamu bisa mencobanya di rumah. Mudah kok enggak ribet. Berikut brilio.net rangkum dari healthmindsbodies.com, Sabtu (8/11)

1. Perpaduan jahe dan lemon
Minuman detoks ini sederhana. Kamu hanya butuh jahe dan lemon saja, tanpa campuran apapun. Siapkan minuman andalan ini sejak malam. Campurkan lemon dan jahe, lalu simpan dalam kulkas. Jahe dapat meningkatkan metabolisme tubuh sementara lemon adalah senjata ampuh bagi kamu yang sedang detoks. Kamu bisa mengkonsumsi minuman ini 30 menit sebelum sarapan. Kamu akan lebih segar dan siap memulai rutinitas.  

2. Jus sayur dan buah
Jika kamu ingin diet, pastikan kamu banyak mengkonsumsi buah dan sayur. Terlebih ketika pagi hari. Salah satu minuman detox yang paling ampuh adalah jus wortel, seledri, apel, dan perasan jeruk nipis.
Cara membuatnya enggak susah kok. Dua buah apel, dua wortel, satu helai seledri, dan paling banyak lima butir jeruk nipis kecil. Campurkan bahan-bahan itu ke juicer dan tadaaa.. minuman sehatmu sudah jadi.

3. Minuman 'emas'
Emas jadi minuman? Atau bagaimana? Minuman ini memang berwarna keemasan. Sebenarnya ini campuran dari kunyit, lemon, dan jahe. Perpaduan minuman ini cukup ampuh untuk meningkatkan metabolisme dan mengatasi gangguan pencernaan.

Cara membuatnya juga nggak sulit kok. Rebus dua gelas besar air, lalu campurkan semua bahan, kunyit, jahe bubuk, madu, lada hitam, dan jus lemon. Rebus sampai kira-kira tersisa dua gelas kecil. Setelah itu dinginkan dan minuman pembuang racun siap disantap.

4. Teh hijau
Sepertinya sudah banyak yang tahu ya khasiat dari teh hijau. Bahkan ada yang bilang, dietmu nggak akan berhasil tanpa teh hijau. Sebetulnya apa sih manfaat teh hijau bagi tubuhmu?

Teh hijau nggak hanya menggaransi berat badanmu turun secara cepat. Teh hijau juga bisa mengurangi risiko sakit jantung, diabetes tipe II, parkinson, dan alzheimer.

5. Jus timun dan strawberry
Buah-buahan memang punya khasiat ampuh untuk buang racun. Minuman sehat ini adalah campuran timun, strawberry, apel, dan daun mint. Campurkan semuanya ke dalam blender. Kamu bisa menambahkan es batu. Tapi, jangan tambah gula ya..

6. Green Smoothie
Namanya keren ya. Tak perlu khawatir cara membuatnya enggak susah kok. Minuman ini campuran dari alpokat dan mentimun. Sebagai tambahan kamu bisa menambahkan kacang-kacangan yang rendah lemak seperti almond.  Prosesnya hampir sama, campurkan bahan-bahan tersebut ke dalam blender. Kamu bisa menambahkan daun basil dan sedikit garam. Bisa membayangkan rasanya?

Minuman-minuman di atas cukup simple dan bahan-bahannya mudah didapatkan. Selamat mencoba ya, ingat jangan pakai gula!