Brilio.net - Pilek, pening, bahkan bisa jadi batuk merupakan tanda kamu mau terkena flu. Nggak enak banget kan, kalau sedang flu. Tapi sebenarnya kenapa sih, kok kamu bisa gampang terserang flu?

Dikutip brilio.net dari laman Mental Floss, Kamis (18/6), para peneliti dari Pennsylvania State University dan National Institutes of Health menemukan beberapa faktor yang bisa memicu munculnya flu, antara lain:

1. Cuaca dan iklim

Virus influenza aktif saat suhu dingin dan udara kering. Mereka bertahan lebih lama saat berada di udara kering daripada di udara lembab, lebih bertahan lama pada permukaan benda-benda (gagang pintu, keyboard, dll), terutama dalam suhu dingin.

Bagi manusia, udara kering menimbulkan dehidrasi. Itu artinya saluran udara, seperti lubang hidung pun menjadi kering. Nah, virus influenza betah nih, guys.

Loading...

Sebuah studi pada hewan sebagai kelinci percobaan di Mount Sinai School of Medicine menunjukkan bahwa penularan influenza meningkatkan selama suhu dingin (41 derajat). Saat udara kering atau sekitar 20% kelembaban, penyebaran menurun. Lebih menurun lagi ketika suhu dan kelembaban meningkat (86 derajat atau 80% kelembaban, yang justru tidak membuat virus menular sama sekali).

Dari faktor ini, tak heran flu bisa datang dan pergi.

2. Perilaku manusia

Poin ini lebih kepada cara manusia bersosialiasi. Kontak fisik satu dengan yang lain, terutama berjabat tangan setelah bersin tanpa mencuci tangan, juga bisa menularkan virus influenza. Kontak dengan benda-benda seperti disebutkan sebelumnya, yang tertempel virus influenza juga bisa menularkan virus itu sendiri kepada orang lain.

3. Fisiologis manusia

Kalau poin ini lebih kepada sistem kekebalan tubuh kita, guys. Kalau kondisi sistem kekebalan tubuh kita sedang lemah, virus sesepele apa pun juga bisa menjangkiti kita. Tak pelak kita pun jatuh sakit. Sebut saja seperti virus influenza, mudah sekali menular apalagi kalau sistem kekebalan kita menurun.

Nah, guys, selalu jaga kesehatan, ya! Penuhi dengan asupan makanan bernutrisi seimbang dan olahraga yang rutin.

BACA JUGA:

Minuman atau sup hangat bisa meredakan flu dan batuk?

8 Jenis virus berbahaya yang harus diwaspadai manusia

Ganti sikat gigimu per 3 bulan, agar terbebas dari virus jahat

Sakit flu? Kamu bisa usir penyakit menyebalkan itu dengan makan jamur!

5 Mitos tentang influenza