Brilio.net - Mengolah jamur menjadi bahan makanan yang lezat? Ah, sudah biasa. Nah, kalau jamur punya banyak khasiat buat tubuh manusia udah tahu belum? Salah satunya kalau kamu ingin melindungi diri dari infeksi karena gangguan virus seperti flu, para peneliti Amerika dari Tufts University merekomendasikan untuk segera makan jamur.

Dari sudut pandang ilmiah, bisa dibilang kalau jamur adalah produk yang unik. Banyak ilmuwan percaya bahwa potensi penyembuhan jamur belum diteliti sepenuhnya. Sebuah studi yang dilakukan oleh peneliti dari Tufts University menemukan bahwa jamur mampu menghancurkan bakteri patogen dan virus yang menembus ke dalam tubuh manusia. Dan menurut para ahli di Amerika Serikat, nggak ada produk makanan lain yang memiliki kemampuan seperti ini selain jamur.

Dilansir brilio.net dari Genius Beauty, Rabu (13/5), secara khusus para dokter menemukan bahwa jamur merangsang aktivitas senyawa protein sitokin. Seperti yang dijelaskan para ahli, zat ini berperan penting dalam melindungi tubuh manusia dari virus dan dapat menghancurkan sel-sel tumor ganas.

Data-data tersebut disajikan oleh para peneliti dan sudah dikomentari oleh spesialis lainnnya. Ahli diet otoritatif Glenn Cardwell juga mengatakan bahwa temuan tentang manfaat jamur dalam memerangi infeksi musiman ini tampak sangat menggembirakan baginya secara pribadi. Dia menekankan bahwa jamur meningkatkan fungsi pelindung tubuh dan itu adalah fakta ilmiah.

Perlu dicatat bahwa jamur nggak akan kehilangan sifat mereka bahkan dengan perlakuan panas, dan jumlah elemen berguna dalam struktur jamur dapat melampaui buah-buahan dan sayuran. Oleh karena itu, semangkuk sup jamur sangat diperlukan terlebih saat musim dingin. Hidangan ini adalah cara yang sangat efektif untuk menjauhkan kamu dari berbagai macam penyakit terutama yang menyerang sistem imun seperti flu dan gangguan virus.

Loading...

Jamur adalah sumber antioksidan yang sangat baik seperti Ergothioneine sehingga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Beberapa jenis jamur yang tinggi kandungan antioksidan di antaranya jamur kancing putih dan portabella. Tapi tetap diingat ya, nggak semua jenis jamur bisa dimakan karena ada beberapa jenis jamur yang sangat beracun. Jadi pastikan kamu mengenali jenis jamur terlebih dahulu sebelum mengonsumsinya. Ayo hidup sehat dan hindari penyakit!