Brilio.net - Kamu pasti sering banget kan, menemukan beberapa orang yang mengonsumsi jamu menggunakan telur ayam kampung, yang langsung dimakan mentah begitu saja?

Tapi kamu tahu nggak nih, sebenarnya apa sih, alasan orang-orang tersebut mengonsumsi telur ayam kampung secara mentah? Seperti dilansir brilio.net dari whfoods.com, Sabtu (29/10), kandungan telur ayam kampung memang banyak banget, mulai dari protein, vitamin B1, vitamin C, vitamin D, omega-3s, DHA (docosahexaenoic acid), lutein, zeaxanthin, choline, biotin, dan juga zink.

Kalau kamu belum tahu telur ayam kampung, telur ayam kampung adalah telur ayam yang dihasilkan ayam kampung atau ayam jawa, dan bukan ayam ras atau broiler. Telur ayam kampung berbentuk lebih oval dan lebih kecil dari telur ayam negeri atau ras. Warna kulitnya pun biasanya lebih terang, seperti putih atau krem muda.

Telur Ayam Kampung © 2016 brilio.net

foto: wikimedia.org


Ternyata, telur ayam kampung yang dimakan mentah memiliki banyak khasiat, daripada yang dimakan dengan dimasak terlebih dahulu, yang dirangkum brilio.net dari regenerativenutrition.com. Di antaranya adalah membuat jantung sehat karena kandungan antioksidannya.

Antioksidan dalam 2 butir telur ayam kampung, lebih banyak dua kali lipat dibandingkan sebuah apel. Selain itu, telur ayam kampung mentah dapat menghasilkan sumber energi tambahan untuk tubuh. Tripofan dan tirosin dalam telur ayam kampung mentah ini digunakan untuk mencegah kanker, terutama yang berada di kuning telurnya. Kuning telur mentah sangat berguna untuk zat antikanker.

Telur Ayam Kampung © 2016 brilio.net

foto: wikimedia.org


Beberapa orang sering takut mengonsumsi telur ayam kampung mentah karena kabar bahwa telur ayam mentah ini banyak sekali mengandung kolesterol. Padahal, dalam telur mentah, kandungan berbahaya seperti kolesterol tidak ada sehingga jauh lebih sehat.