Brilio.net - Ketika mengonsumsi buah dan sayur, kebanyakan orang akan mengupas dan membuang kulit, serta bagian lain yang dianggap tidak enak dimakan. Namun kebiasaan tersebut sangat disayangkan. Sebab, beberapa bagian buah dan sayur yang biasanya dibuang ternyata memiliki kandungan nutrisi baik dan bermanfaat untuk kesehatan.

Nah, berikut ini brilio.net himpun dari berbagai sumber bagian tak berguna buah dan sayur yang bermanfaat untuk kesehatan, Kamis (9/6):

1. Kulit semangka



Karena teksturnya yang keras, banyak orang hanya mengonsumsi daging buah semangka dan membuang kulitnya. Padahal, bagian dalam kulit semangka bermanfaat untuk melebarkan pembuluh darah. Kulit semangka mengandung citrulline dan antioksidan yang baik bagi kesehatan. Caranya mudah, olah saja kulit semangka menjadi jus dengan daging buahnya.

2. Kulit jeruk

Pada kulit jeruk, terdapat serat, flavanoid dan zat anti-kanker, anti-diabetes dan anti-peradangan. Kulit jeruk bisa dikonsumsi dengan dipotong kecil-kecil atau dicampurkan dalam segelas teh panas, coklat panas atau sirup. Ternyata bukan hanya buahnya saja yang berkhasiat, lho.

3. Daun brokoli

Sayuran hijau kaya antioksidan dan zat anti-kanker ini bukan hanya bagian brokolinya saja yang kaya nutrisi. Daun brokoli mengandung vitamin A yang tinggi sehingga membantu kesehatan mata agar lebih terjaga. Caranya, campurkan saja daun brokli ke dalam sayuran.

4. Kulit bawang bombay

Banyak orang sering membuang kulit bawang bombay setelah dikupas. Padahal kulit bawang bombay memiliki senyawa quercetin yang bermanfaat menurunkan tekanan darah serta mencegah plak di pembuluh arteri. Bahan ini pun bisa dicampurkan pada sup. Tak perlu dimakan, cukup rebus dalam masakan kemudian buang setelah matang.

5. Kulit lemon

Kulit lemon baik digunakan untuk memperbaiki pencernaan. Jika dikonsumsi setiap hari, kulit lemon bisa meningkatkan sirkulasi darah dan sistem kekebalan tubuh.

6. Biji labu

Biji labu kaya dengan mineral, serta tinggi antioksidan yang penting untuk melawan penyakit. Selain itu, terdapat fenol di dalam biji labu termasuk caffeic, vanilat, asam syringic, coumaric, ferulat dan sinapic. Fenol bermanfaat untuk membantu melindungi sel-sel tubuh kamu dari kerusakan akibat radikal bebas.

Kamu nggak nyangka kan? KLIK NEXT untuk melanjutkan.

2 dari 2 halaman

7. Kulit kiwi

Kulit kiwi mengandung vitamin, mineral dan antioksidan. Nutrisi alami dalam kulit kiwi bisa meningkatkan kesehatan jantung karena berperan sebagai pengencer darah.

8. Kulit mangga

Kulit buah mangga memiliki resveratrol, senyawa yang dapat menurunkan kadar kolesterol darah. Sebelum dimakan, cuci sampai bersih ya!

9. Daun wortel

Ketika memasak wortel atau memanen wortel, biasanya sayuran hijau di bagian atas wortel ini dibuang begitu saja. Jangan lakukan itu, sayuran hijau pada wortel juga mengandung banyak nutrisi dan bisa dipakai dalam masakan. Sayuran ini mengandung banyak antioksidan yang baik untuk kesehatan.

10. Kulit buah manggis

Kulit buah manggis memiliki kandungan antioksidan yang kaya dan sangat bermanfaat bagi tubuh untuk menangkal radikal bebas.

11. Batang brokoli

Batang brokoli biasanya juga termasuk bagian sayuran yang dibuang. Padahal batang brokoli mengandung banyak nutrisi seperti yang terkandung dalam brokoli itu sendiri.

12. Biji buah durian

Dalam biji buah durian terkandung banyak nutrisi penting, antara lain, vitaamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin C, karbohidrat, lemak, folat, protein, serat, energy, kalium, kalsium, tembaga, serta fosfor.