Brilio.net - Kekayaan kuliner di Indonesia memang tidak terbantahkan lagi. Setiap daerah tentu memiliki kuliner menggoyang lidah yang lezat dan sehat. Kali ini kuliner lezat itu akan berasal dari Lampung. Sebagai salah satu provinsi dengan penduduk Melayu yang cukup besar di Indonesia maka kuliner Lampung tidak dapat terpisahkan dari campuran rempah-rempah yang kental dan sangat beraroma.
 
Kamu pecinta kuliner dan berencana untuk liburan ke Lampung? Maka 10 kuliner yang dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, Rabu (1/6), ini nggak boleh kamu lewatkan.

1. Engkak.

foto: instagram

Engkak yang terbuat dari ketan putih, gula pasir, telur, santan, mentega dan susu kental ini dikenal sebagai jajanan khas daerah Lampung dan Palembang. Rasanya kayak bolu gitu tapi dengan sedikit legit. Kamu wajib coba deh!

2. Kue Segumpal.

foto: istimewa

Kue segumpal sangat mudah ditemui saat bulan Ramadan. Makanan asli Lampung ini terbuat dari beras ketan dan santan. Biasanya akan disajikan saat berbuka puasa atau pun perayaan adat.

3. Sambal Tempoyak Udang.

foto: dapurcomelku.blogspot.com

Nah sambal asli Lampung ini nggak boleh kamu lewatkan deh. Jika sambal biasanya hanya terdiri dari cabai dan tomat maka sambal ini memiliki cita rasa berbeda dengan tambahan kunyit, pete dan udang. Maknyus pokoknya!

BACA JUGA: 7 Tempat makan enak ini antreannya lama banget, ada yang 3 jam!

4. Gulai Taboh.

foto: istimewa

Makanan khas Lampung yang tak kalah enaknya adlaah Gulai Taboh. Sejenis sup yang terbuat dari umbi-umbian dan kacang-kacang ini akan nendang banget di lidah sebab menggunakan kuah gulai ditambah rempah-rempah seperti terasi dan daun sirih.

5. Geguduh.

foto: istimewa

Pecinta manis pun akan dimanjakan dengan jajanan Geguduh yang hanya bisa dijumpai di Lampung. Geguduh ini menggunakan pisang dan terigu sebagai bahan dasarnya sedangkan selai atau keju bisa ditambahkan sesuai selera. Lezat dan sehat? Itu Geguduh banget.

Yuk KLIK NEXT, kuliner Lampung memang maknyus...

2 dari 2 halaman


6. Tempoyak.


foto: istimewa

Lampung terkenal sebagai salah satu daerah penghasil duren terbaik di Indonesia. Karena masyarakat Lampung sangat akrab dengan buah durian maka kulinernya pun tidak dapat dipisahkan dari buah yang beraroma tajam ini. Misalnya saja Tempoyak yang menggunakan bahan dasar buah durian yang telah difermentasi.

7. Seruit.

foto: istimewa

Ini nih primadona kuliner Lampung yang juga tidak boleh kamu lewatkan. Mengapa Seruit jadi primadona di Lampung? Sebab ikan bakar yang dicampur dengan sambal terasi khas Lampung ini selalu dihadirkan dalam acara-acara keluarga serta perayaan khusus seperti lebaran atau pun ritual adat.

8. Gabing.

foto: istimewa

Kamu pernah mencicipi sayuran yang terbuat dari batang kelapa muda? Kuliner dari batang kelapa muda itu kalau di Lampung disebut Gabing. Sejenis sayuran asem gitu hanya saja bahan dasarnya yang unik.

9. Umbu.


foto: istimewa

Umbu itu lalapan khas Lampung tapi jika daerah lainnya membuat lalapan dari mentimun atau kol maka lalapan khas Lampung justru berasal dari rotan yang masih muda yang telah direbus hingga lunak. Jadi rasanya agak pahit dan unik banget.

10. Pindang ikan Patin Lampung.

foto: cookpad.com

Hampir setiap daerah memiliki keunikan tersendiri dalam pengolahan ikan patin. Kalau di Lampung ikan patin akan lebih enak saat dimasak pindang dengan kunyit dan asam yang akan menjadi rasa pembedanya dari masakan pindang kebanyakan.