Brilio.net - Tanggal tua seperti ini anak kos harus prihatin. Sebab uang kiriman dari orangtua sudah menipis, tapi kebutuhan perut harus tetap terpenuhi. Satu-satunya cara untuk menekan pengeluaran tentunya adalah stop jajan di luar dan masak di kos.

Lalu bagaimana kalau di kos nggak ada dapurnya? Tenang, kamu pasti punya rice cooker kan?

Selain buat memasak nasi, ternyata rice cooker bisa buat masak makanan lain yang nggak kalah enaknya. Ah, masak sih? Nggak percaya? Simak deh, ulasannya di bawah ini, seperti dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, Rabu (25/5):


1. Risotto.

Mau makan masakan Italia yang murah meriah dan gampang? Coba aja bikin risotto, nasi dengan campuran rempah yang sehat dan penuh nutrisi. Bahannya gampang kok, cuma nasi, mentega, jamur, bawang merah-bawang putih, kaldu ayam, garam, lada hitam, keju dan kacang. Campur aja semuanya di rice cooker seperti memasak nasi goreng. Gampang kan?


2. Telur goreng.

Nggak punya teflon tapi pengen sarapan pakai telur ceplok? Jangan khawatir kawan, kamu bisa kok menggoreng telur ceplok di rice cooker. Pertama olesi dulu permukaan rice cooker dengan mentega, jangan pakai minyak goreng karena bisa bikin cepat rusak. Tunggu sampai meleleh dan panas dan ceplok deh, telurmu di rice cooker. Mantap kan?


3. Makaroni keju.

Mau makan makaroni keju kayak di cafe-cafe tapi nggak punya duit? Tenang, kamu juga bisa bikin sendiri di rumah pakai rice cooker. Caranya masukkan makaroni yang sudah direbus ke dalam rice cooker, campur dengan kaldu ayam, garam, susu dan keju parut, lalu tekan tombol cook deh. Mudah banget!

BACA JUGA: Tulisan-tulisan kocak ini cuma bisa kamu temui di tempat kos, dijamin ngakak!


4. Sarden.

Nggak perlu ke aa' burjo kalau mau makan nasi sarden. Lauk simpel ini tentu sangat mudah kalau kamu mau coba bikin sendiri. Caranya sama dengan menggoreng telur. Pertama olesi dulu permukaan rice cooker dengan mentega, setelah itu masukkan sarden dan aduk-aduk hingga matang. Mantap disajikan pakai nasi yang masih mengepul panas dan bareng anak-anak kos lainnya. Murah meriah dan bahagia!


5. Nasi goreng.

Sama dengan bikin risotto, tekan tombol cook, masukkan mentega lalu bawang merah-bawang putih, cabai, nasi dan penyedap rasa. Langkah terakhir sudah pasti aduk-aduk sampai matang deh. Tambahkan sosis sebagai topingnya dan kalau bisa ada krupuk. Pasti lebih mantap. Kriuk!


Tuh, ternyata masalah perut dan finansialmu bisa sedikit terhibur dengan teknologi rice cooker kan? Cek menu simpel anak kos selanjutnya.. Nomor 7 pasti kamu penasaran pengen bikin juga.. KLIK NEXT

2 dari 2 halaman



 
6. Sup ayam.

Sebagai anak kos kamu juga harus tetap mengonsumsi makanan sehat dong ya. Bikin saja sup ayam pakai rice cooker. Caranya mudah kok. Rebus air terlebih dahulu pakai rice cooker, setelah itu masukkan sayuran dan daging ayam. Biar lebih cepat, pakai saja bumbu cepat saji yang dijual di warung-warung terdekat. Tunggu sampai matang, dan taraaa.... Sup ayam ala anak kos siap disajikan deh!


7. Cake.

Siapa bilang mau makan cake harus mahal dan bikinnya sulit? Kamu bisa kok, bikin sendiri di kos pakai rice cooker lagi. Nih ya, siapin aja tepung khusus untuk adonan roti, bubuk pemanis, susu dan telur. Setelah itu campur semua bahan di rice cooker, aduk dulu lalu tekan tombol cook. Tunggu sampai matang dan mengembang deh.


8. Bubur ayam.

Nah, ini lebih gampang lagi karena cara masaknya sama persis kayak nasi. Cuma perbandingan airnya lebih banyak dari nasi. Jika biasanya kamu menggunakan satu gelas beras, maka kini airnya 4 gelas. Jangan lupa beri garam dan bumbu penyedap biar makin gurih. Setelah matang lalu kasih suwiran ayam, seledri, bawang goreng dan kerupuk di atasnya. Mantap!


9. Kari ayam.

Sama dengan membuat sup. Rebus airnya dulu lalu, masukkan ayam dan sayur lalu beri bumbu instan kari deh. Tunggu sampai matang, maknyus deh...


10. Mi instan.

Duit di dompet tinggal Rp 3 ribu dan kamu lapar banget, gimana dong? Lari saja ke warung depan kos dan beli sebungkus mi instan. Masih sisa 500 rupiah bisa kamu jajanin kerupuk. Setelah itu masak deh, pakai rice cooker. Caranya rebus air dulu sampai mendidih. Baru setelah itu masukkan minyak, tunggu sampai matang. Setelah matang, tiriskan dan campur dengan bumbunya. Mi goreng siap disantap deh pakai kerupuk.