Brilio.net - Laundry sering jadi pilihan buat kamu yang malas mencuci sendiri. Apalagi buat anak kos yang punya kegiatan seabrek-abrek, mana sempat buat mencuci pakaian sendiri? Itulah alasan kenapa laundry diciptakan.

Tapi pernah nggak, kamu justru malah kehilangan baju-baju saat mencuci di laundry kiloan? Bete kan? Pakaian kita seringkali hilang atau tertukar dengan customer lainnya. Ya bisa dimaklumin juga sih, mereka menerima orderan cuci dari banyak orang. Tapi tetap aja keki kan? Apalagi kalau baju itu kenang-kenangan dari mantan yang kita sayang banget. Ups!

Nah, biar pakaian kesayangan kamu nggak hilang atau tertukar ketika dicuci di laundry, mungkin tips-tips berikut ini bisa banget kamu ikutin. Berikut rangkumannya dari brilio.net, Selasa (13/10):

1. Foto dulu pakaian kamu sebelum dimasukin ke laundry
Inget, yang di foto baju kotornya, bukan kamu! Jangan sampai salah ya? Ini berguna banget supaya kamu bisa mengingat seberapa banyak dan baju apa saja yang kamu cuciin.

2. Hitung jumlah pakaian
Jangan sekali-kali menghitung dalam hati ya. Hitung jumlah pakaian di depan petugas laundry, jadi sama-sama tahu berapa jumlah pakaian yang akan dicuci. Krik.

3. Ingatkan petugas laundry
Nah, ini kadang sering dilupakan. Kamu juga bisa mengingatkan petugas laundry supaya mencuci sampai bersih dan jangan sampai tertukar dengan pakaian orang lain.

4. Jangan cuci banyak-banyak
Masukkan cucian secukupnya saja, jangan banyak-banyak. Semakin banyak yang dicuci, kemungkinan untuk hilang atau tertukar juga semakin banyak. Logis?

5. Minta pertanggungjawaban kalau ada yang hilang
Kamu bisa banget untuk minta pertanggungjawaban kalau ada pakaian yang hilang. Kalau pihak laundry nggak mau bertanggung jawab, cari saja yang lain. Jangan maksa untuk tetap mencuci di sana ya. Kecuali kalau kamu sudah siap lahir batin baju kesayanganmu hilang.

6. Kasih tahu kalau ada pakaian yang gampang luntur
Penting banget diingatkan kepada petugas laundry kalau baju yang kamu cuci ada yang rentan luntur.

7. Tulis di nota
Tulis di nota jumlah dan jenis pakaian apa yang kamu cuci, supaya bisa diminta pertanggungjawaban kalau-kalau ada kehilangan. Penting nih!

8. Cara ampuh, cuci sendiri aja!
Ya, kalau semua cara sudah dilakukan tapi masih saja ada yang hilang, ya udah sih. Mau nggak mau kamu mesti cuci sendiri. Kalau perlu cari istri. Eh...

Semoga bermanfaat ya!