Brilio.net - Negara yang kaya dengan kuliner ekstrem yang sering kamu dengar tentunya adalah Thailand dan Filipina. Namun, siapa yang menyangka, kalau di Jepang, rupanya ada beberapa kuliner ekstrem yang menjadi makanan favorit masyarakat di sana.

Menu-menu tersebut biasanya dihidangkan di restoran mewah, hingga di bar-bar lokal di Jepang. Penasaran apa saja menu ekstrem yang cuma ada di Jepang tersebut?

Yuk, simak beberapa makanan ekstrem khas Jepang berikut ini yang dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Senin (23/1).

1. Natto.

Kuliner Ekstrem Jepang Seram © 2017 brilio.net

foto: toyokeizai.net

Natto adalah makanan yang terbuat dari biji kedelai yang difermentasikan dengan bakteri Bacillus subtilis. Meski bentuknya aneh, menu ini biasanya dimakan untuk sarapan. Sebagai sumber protein dan probiotika yang kaya, natto dan miso dulunya merupakan makanan sumber gizi utama pada zaman feodal di Jepang


2. Shirako.

Kuliner Ekstrem Jepang Seram © 2017 brilio.net

foto: tenetnews.com

Sepintas makanan yang satu ini bentuknya seperti usus sapi, tapi ternyata ini adalah Shirako, yang merupakan alat kelamin laki-laki ikan dan sebuah kantung yang berisikan sperma. Shirako menjadi hidangan populer di pub-pub yang ada di Jepang dan sushi bar.


3. Basashi.

Kuliner Ekstrem Jepang Seram © 2017 brilio.net

foto: halfwayanywhere.com

Kamu tentunya sudah pernah dengar makanan khas Jepang yang namanya sashimi. Nah, sashimi yang terbuat dari daging kuda disebut dengan Basashi. Makanan tradisional ini berasal dari Prefektur Kumamoto.

Menurut legenda, makanan ini pertama kali dikonsumsi oleh Kiyomasa Kato, panglima perang pada era perang provinsi karena kaya akan kandungan nutrisi dan juga baik untuk kesehatan. Sejak saat itu, basashi menjadi makanan yang populer dan banyak dikonsumsi oleh masyarakat.


4. Zazamushi.

Kuliner Ekstrem Jepang Seram © 2017 brilio.net

foto: mentalfloss.com

Zazamushi adalah makanan khas dari Jepang yang terbuat dari serangga air dan bumbu khusus yang nikmat.


5. Hachinoko.

Kuliner Ekstrem Jepang Seram © 2017 brilio.net

foto: artandkitchen.wordpress.com

Bar lokal di Jepang akan menghidangkan hachinoko atau larva ulat ketika makanan kecil seperti kacang habis diserbu pengunjung. Hachinoko memang makanan ringan yang penuh dengan kandungan protein.

Konon almarhum Kaisar Hirohito gemar menikmati hachinoko yang dimakan dengan nasi dan dibumbui bersama kecap dan gula.


6. Fugu.

Kuliner Ekstrem Jepang Seram © 2017 brilio.net

foto: blog.loc.gov

Fugu adalah ikan yang banyak hidup perairan Jepang. Ikan ini sering disebut sebagai ikan buntal dikarenakan kemampuannya menggembungkan badan ketika ada bahaya. Di balik kenikmatan rasa dagingnya, ikan fugu menyimpan banyak racun yang mematikan di hatinya.

Fugu disajikan sebagai sashimi dan chirinabe. Bagian yang paling enak pada Fugu adalah hati namun juga merupakan yang paling beracun, dan penyajian organ ini di Jepang telah dilarang pada 1984. Fugu telah menjadi salah satu hidangan paling terkenal dan menantang dalam masakan Jepang.


7. Shirouo no Odorigui.

Kuliner Ekstrem Jepang Seram © 2017 brilio.net

foto: japantourist.com

Makanan ini merupakan makanan yang terbuat dari ikan Shirouo, ikan yang sangat kecil dan transparan, yang dimakan hidup-hidup. Konon ketika memakan makanan ini, ikan Shirouo seolah menari-nari (odorigui) di dalam mulut, lho.


8. Shiokara.

Kuliner Ekstrem Jepang Seram © 2017 brilio.net

foto: indigodays.com

Shiokara adalah makanan khas Jepang berupa hasil fermentasi hewan laut di dalam larutan garam yang pekat. Adonan terfermentasi ini mengandung 10% garam, 30% kecambah beras, dibungkus dalam kemasan kedap udara, lalu difermentasikan selama lebih kurang satu bulan.

Shiokara memiliki rasa dan bau yang sangat tajam dan khas. Bahkan hanya sebagian orang Jepang yang bisa menikmati makanan ini, sehingga dikenal sebagai salah satu chinmi, bercita rasa langka.


9. Inago no Tsukudani.

Kuliner Ekstrem Jepang Seram © 2017 brilio.net

foto: traveldreamscapes.wordpress.com

Makanan yang satu ini adalah salah satu masakan tradisional Jepang yang populer di masyarakat pedesaan daerah Yamagata, Nagano, dan Gunma. 'Inago' yang berarti belalang direbus dengan 'tsukudani', yaitu kecap manis dan ditambah bumbu-bumbu khusus ala Jepang. Makanan ini lebih nikmat jika dimakan selagi panas.


10. Kujira & Iruka.

Kuliner Ekstrem Jepang Seram © 2017 brilio.net

foto: yenjaitravel.com

Di Jepang, ikan paus 'kujira' masih dikonsumsi sebagai makanan dalam hidangan berupa sashimi. Bahkan lumba-lumba 'iruka' juga masih dikonsumsi serta dijual di supermarket.