Brilio.net - Rekomendasi drama Korea tentang politik banyak menampilkan berbagai kisah tentang kehidupan politik di Korea, terutama perseteruan tiada akhir antara dua Korea. Konflik antara Korea Selatan dan Korea Utara selalu menjadi bahan bakar menarik bagi industri drama Korea.

Walaupun begitu, drama Korea yang mengisahkan politik tidak hanya itu saja. Masih banyak drama Korea yang berisi intrik politik seperti yang terjadi dalam sebuah drama detektif maupun yang lainnya. Karena itu, drama tentang politik tak selalu monoton menampilkan kehidupan di pemerintahan.

Hal ini membuat drama Korea tentang politik semakin menarik dan layak diikuti. Selain itu, drama-drama tersebut juga diperankan oleh para pemain pilih tanding dan membuat drama tersebut semakin seru.

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber Rabu (9/2), berikut 11 rekomendasi drama Korea tentang politik, Snowdrop penuh intrik.

1. Snowdrop (2021-2022).

drama Korea politik berbagai sumber

foto: imdb.com

Snowdrop merupakan drama Korea yang mengambil latar peristiwa Gerakan Demokrasi 1987 yang menjadi salah satu sejarah demonstrasi massa terbesar di Korea Selatan. Demonstrasi ini menuntut pemerintah otoriter saat itu Chun Doo-hwan, jenderal Angkatan Darat Republik Korea untuk segera turun dari kursi kepresidenan dan menggelar pemilihan umum yang adil.

Drama ini hampir saja tidak bisa melanjutkan tayang karena dianggap mendistorsi sejarah. Walaupun begitu, Snowdrop berturut-turut sampai penayangan episode 9 menjadi salah satu drama Korea yang cukup hits di media sosial dan menjadi perbincangan warganet.

2. Designated Survivor: 60 Days (2019).

drama Korea politik berbagai sumber

foto: imdb.com

Designated Survivor: 60 Days merupakan drama remake dari series Amerika yang pernah booming di Netflix pada 2019 lalu berjudul Designated Survivor. Walaupun sama-sama memiliki jalan cerita yang sama, yaitu dengan Gedung Majelis Nasional yang dibom oleh teroris, namun dikemas dengan cara berbeda mengikuti budaya dan politik di Korea Selatan. Designated Survivor versi Korea memiliki cerita tentang perseteruan politik di semenanjung Korea yang memisahkan dua negara, yakni Korea Utara dan Korea Selatan.

Drama ini mengisahkan Park Moo-jin yang harus dengan terpaksa duduk di kursi kepresidenan selama 60 hari pascapengeboman di Gedung Majelis Nasional Korea Selatan yang menewaskan para pejabat negara termasuk Presiden. Park Moo-jin berusaha untuk mengungkap kebenaran dibalik serangan teroris yang terjadi dalam acara pidato kenegaraan itu. Park Moo-jin yang awalnya menjabat sebagai Menteri Lingkungan Hidup dan tidak memiliki ambisi dalam dunia politik. Saat itu juga ia harus mempertaruhkan hidupnya dan bertanggung jawab untuk negara.

3. Kingdom (2019-2021).

drama Korea politik berbagai sumber

foto: imdb.com

Kingdom berkisah tentang bagaimana setelah seorang raja tumbang, desas-desus menunjukkan bahwa dia tidak ada lagi. Kemudian putranya Putra Mahkota Lee Chang (Ju Ji-Hoon) memulai perjalanan untuk menyelidiki kebenaran tentang kondisi ayahnya. Dia kemudian melanjutkan untuk menemukan bahwa virus menular menyebar yang mengubah hidup menjadi mayat hidup.

Di satu sisi, pertempuran adalah dengan orang-orang yang terinfeksi dan di sisi lain dengan orang-orang yang haus akan kekuasaan takhta. Kedua musim pertunjukannya segar dan menarik. Dari arah, kostum hingga sinematografi dan akting, seluruh pemain dan kru telah melakukan pekerjaan yang brilian.

4. The Lies Within (2019).

drama Korea politik berbagai sumber

foto: imdb.com

The Lies Within mengisahkan saat Jo Tae-sik terlibat dalam sebuah penyelidikan kasus kematian Kim Seung-cheol, salah satu anggota parlemen yang dianggapnya terjadi secara tidak wajar. Ia pun kemudian membatalkan semua rencananya untuk rehat dari segala rutinitasnya. Tae-sik bersama Kim Seo-hui, putri bungsu dari mendiang anggota parlemen tersebut bekerja sama untuk mengungkapkan kasus tersebut.

5. Chief of Staff (2019).

drama Korea politik berbagai sumber

foto: imdb.com

Chief of Staff merupakan drama korea yang mengisahkan para politis dan para asistennya yang berjuang untuk meraih kekuasaan politik. Dalam drama ini, Shin Min-a tampil sebagai Kang Sun-young yang berperan sebagai anggota parlemen tahun pertama yang terpilih melalui representasi proporsional dan merupakan juru bicara partainya. Sebelumnya, ia dikenal sebagai pengacara dan pembawa acara TV.

Drama ini tampil dengan jelas bagaimana para karakter menaiki tangga politik mereka masing-masing untuk dapat naik kelas sosial. Selain itu, drama Chief of Staff juga dibumbui dengan kisah percintaan dan komedi politik yang renyah.

6. Vagabond (2019).

drama Korea politik berbagai sumber

foto: imdb.com

Vagabond mengisahkan pengalaman Cha Dal-gun saat mengalami kecelakaan pesawat dan Cha Hoon, keponakannya hilang dalam kecelakaan tersebut. Sampai suatu ketika ia bertemu dengan Go Hae-ri, seorang agen NIS yang pernah membantu proses evakuasi kecelakaan pesawat tersebut. Hae-ri menyatakan bahwa kecelakaan pesawat tersebut dilakukan sengaja dan melibatkan jaringan teroris internasional.

Dal-gun dan Hae-ri pun melakukan penyelidikan dan memeriksa semua informasi yang menjurus pada kecelakaan tersebut. Berlatar di tiga negara: Korea Selatan, Maroko, dan Portugal, drama ini berhasil menampilkan aksi memukau untuk mengungkapkan kecelakaan yang didesain sedemikian rupa.

7. Lawless Lawyer (2018).

drama Korea politik berbagai sumber

foto: imdb.com

Jangan berharap para pengacara dalam drama Lawless Lawyers menjadi pengacara yang prima dan tepat untuk menegakkan hukum. Drama ini berpusat di sekitar dua karakter yang membentuk Firma Hukum Tanpa Hukum untuk menjatuhkan pejabat korup dan mereka yang menyalahgunakan kekuasaan mereka. Dalam drama ini, diceritakan Bong Sang-Pil (Lee Jong-Gi), mantan gangster yang dibesarkan oleh pamannya setelah pembunuhan ibunya.

Ia kemudian menjadi seorang pengacara dan tidak memiliki masalah menggunakan tinjunya, koneksi geng lamanya, dan celah dalam hukum untuk mencari keadilan. Di samping Sang-Pil, adav Ha Jae-Yi (Seo Yea-Ji) yang diberhentikan setelah menyerang seorang hakim. Namun, karena integritasnya terhadap hukum, penyerangan tersebut tak sampai mencoreng namanya.

8. Innocent Defendant (2017).

drama Korea politik berbagai sumber

foto: imdb.com

Innocent Defendant merupakan drama Korea yang bisa membuat para penontonnya menanyakan ulang apa arti sebuah kebenaran. Dalam drama ini, Park Jung-Woo (Ji Sung) tidak pernah kalah dalam kasus sebagai kepala divisi kejahatan kekerasan dan jaksa untuk Kantor Kejaksaan Distrik Pusat Seoul.

Namun, hidupnya kemudian berubah saat ia ada di sebuah penjara sebagai terpidana mati. Selain itu, ia mengalami amnesia dan lupa dengan semua hal yang menimpa dirinya. Walaupun begitu, Park Jung-Woo berusaha untuk mengungkap kebenaran diri dan membersihkan namanya.

9. Secret Forest (2017).

drama Korea politik berbagai sumber

foto: imdb.com

Drama Korea Secret Forest atau yang disebut dengan judul Stranger mengisahkan seorang jaksa bernama Hwang Shi-mok (Cho Seung-woo) yang tidak memiliki empati setelah menjalani operasi otak saat kecil. Dia kemudian bekerja sama dengan seorang letnan polisi berhati lembut Han Yeo-jin (Bae Doo-na) untuk memecahkan pembunuhan.

Saat mereka menyelidiki untuk menemukan pelakunya, mereka menemukan korupsi yang terjadi di dalam sistem peradilan yang mereka percayai. Drama ini menampilkan beragam teka-teki detektif yang coba diungkap oleh dua karakter utama.

10. The K2 (2016).

drama Korea politik berbagai sumber

foto: imdb.com

The K2 menceritakan tentang kisah cinta bodyguard dengan majikannya. Ji Chang-wook berperan sebagai Kim Je-ha seorang mantan tentara bayaran untuk PMC Blackstone yang ditugaskan di Irak. Kemudian ia dijebak dan dituduh telah membunuh pacarnya Raniya, oleh beberapa orang yang kejam.

Ia pun melarikan diri ke Korea. Untuk membuktikan dirinya tidak bersalah ia terus mencari bukti. Di Korea Chang-wook bertemu dengan dan bekerja untuk Choi Yoo-jin, seorang pemilik perusahaan ternama di JSS fan calon istri presiden, Jang See-jon.

11. Six Flying Dragons (2015-2016).

drama Korea politik berbagai sumber

foto: imdb.com

Six Flying Dragons bisa menjadi salah satu drama Korea yang cukup lengkap menjelaskan kemunculan pertama kali Dinasti Joseon. Sepanjang 50 episode, drama ini mengisahkan Yi Bang-won beserta enam orang pasukan setianya. Yi Bang-won merupakan raja ketiga Dinasti Joseon yang membantu ayahnya untuk mendirikan kerajaan Dinasti Joseon. Drama ini memadukan fakta-fakta sejarah Joseon dan fiksi tentang Six Flying Dragons yang juga disebut memperjuangkan berdirinya kerajaan Joseon.