Brilio.net - Drama Korea The Devil Judge pertama kali disiarkan di tvN pada 3 Juli 2021. Tayangan perdana drama serial tersebut berhasil meraih rating tertinggi nasional di Korea Selatan.

Drama ini mengusung tema distopia yang tengah naik daun di industri hiburan Korea. Distopia adalah keadaan di mana kepercayaan masyarakat telah runtuh, orang-orang tidak percaya dan benci terhadap pemerintahnya. Kehidupan masyarakat pun dihantui kejahatan yang merajalela dan penjarahan terjadi di mana-mana.

The Devil Judge © 2021 brilio.net

foto: kpopmap.com

 

Berlatar belakang semesta alternatif, drama yang ditulis oleh Moon Yoo-Seok, seorang mantan hakim ini, dibuka dengan acara peresmian Kang Yo Han sebagai hakim. Dalam acara ini, Heo Joong Se (Baek Hyun Jin), presiden terpilih lewat pemilu, menerangkan bahwa Korea sedang berada dalam situasi krisis ekonomi dan politik akibat wabah.

Akibatnya, banyak perusahaan berjatuhan dan gelandangan di mana-mana. Hal ini melahirkan kekacauan di beberapa tempat. Ketimpangan sosial semakin lebar dan membuat orang tidak beruntung secara sosial bertindak nekat kepada mereka yang lebih beruntung secara sosial.

Oleh karena itu, ia bertekad untuk mengembalikan Korea sebagai negara kuat kembali setelah melakukan reformasi hukum dan ketertiban. Ia pun meloloskan RUU reformasi yudisial yang kuat.

Untuk memenuhi tekad tersebut, dipanggillah Kang Yo Han (Ji Sung), seorang hakim yang nantinya akan memimpin sidang para terdakwa. Sidang tersebut bukan sidang biasa, melainkan sidang yang dapat dilihat semua orang melalui layar-layar TV besar di kota seperti sebuah reality show.

Dalam drama ini, Kang Yo Han dikenal sebagai hakim yang tidak kenal ampun menghukum orang yang bersalah, bahkan kepada mereka yang tidak beruntung secara sosial. Tampilannya yang seperti aristokrat dan dingin tak segan menghukum orang korup dan yang menyelewengkan kekuasaan. Ia menciptakan aura misterius yang membuat siapa pun tak tahu apa yang sedang dipikirkannya.

The Devil Judge © 2021 brilio.net

foto: soompi.com

 

Saat pidato pertama Kang Yo Han pada pembukaan yang dipenuhi para politisi berpengaruh di Korea, ia menyampaikan pernyataan tegas yang membuat terkejut para politisi. "Aku adalah otoritas. Aku adalah kekuatan."

Baginya, kekuatan yudisial yang diberikannya adalah kekuatan rakyat Korea yang berdaulat. Rakyat, baginya, adalah kekuatan. Kang Yo Han menjadi penentu proses reformasi politik yang sedang berlangsung di negara Korea tersebut.

"Aku melaksanakan kekuatan yudisial yang diberikan kepadaku oleh rakyat Korea yang berdaulat."

Dengan bersikap dingin di depan wartawan, ia menjawab semua pertanyaan dengan tegas. Kekhawatiran bahwa ia akan menghukum terlalu berat dan mengabaikan yang lemah segera ditangkisnya. "Siapa yang lemah?" tanya Kang Yo Han kepada wartawan.

Ia pun menjawab pertanyaannya sendiri bahwa dari semua orang yang hukumnya merupakan terdakwa yang jelas merugikan orang lain. Baginya, tidak peduli seseorang punya kekuasaan atau tidak, siapa pun yang bersalah harus diadili.

The Devil Judge © 2021 brilio.net

foto: asianwiki.com

 

Selama persidangan, Kang Yo Han dibantu oleh hakim pembantu Kim Ga On (Park Jin Young). Dalam drama ini, ia tampil sebagai harapan pada kondisi yang serba kacau. Sebelum menjadi pembantu hakim, perjalanan hidupnya begitu keras.

Ia menghadapi masa kecil yang sulit karena kedua orang tuanya meninggal dunia. Kim Ga On berhasil menjadi hakim dari kerja kerasnya tanpa lelah.

Dibandingkan Kang Yo Han yang memiliki visi otoritas atas hukum, Kim Ga On punya visi yang berbeda. Seperti dilansir dari Forbes, Kim Ga On punya gagasan lain bahwa keadilan tidak semata otoritas hakim semata, melainkan juga mesti mengikuti aturan hukum.

Pembantu hakim yang lain adalah Yoon Soo Hyun (Park Gyu Young), seorang detektif polisi di unit regional yang melakukan segalanya berdasarkan buku dan memiliki perasaan kepada teman lamanya, Kim Ga On, si hakim pembantu.

Selain orang-orang yang membantu Kang Yo Han, tampil pula Jung Sun Ah (Kim Min Jung), eksekutif yayasan tanggung jawab sosial, merupakan musuh utama Kang Yo Han. Dalam drama ini, eksekutif wanita tersebut menggoda Kang Yo Han untuk kelak memperhalus jalan yayasan ini.

Yayasan tanggung jawab sosial ini merupakan yayasan sosial nirlaba yang mengumpulkan dana dari berbagai kalangan. Dana tersebut digunakan untuk menyantuni kelas sosial yang kurang mampu. Oleh karena itu, yayasan ini dipercaya oleh publik dan mampu menekan pemerintah atas nama rakyat.

The Devil Judge © 2021 brilio.net

foto: kapanlagi.com

 

Drama yang disutradarai Choi Jung Kyu ini, seperti dilansir dari Soompi, berfokus pada perseteruan Kang Yo Han dan para eksekutif yayasan tanggung jawab sosial. Jung Sun Ah sadar bahwa ia memiliki orang-orang kuat di tangannya.

Lalu, apakah hukum hanya milik orang berkuasa?

Judul: The Devil Judge
Sutradara: Choi Jung-Kyu
Penulis: Moon Yoo-Seok
Jaringan: tvN
Episodes: 16
Tanggal rilis: 3 Juli-22 Agustus 2021
Tayang: Sabtu dan Minggu pukul 21:00, waktu Korea
Bahasa: Korea
Negara: Korea Selatan