Brilio.net - Film psikopat Korea selalu identik dan bahkan tak terpisahkan dengan berbagai cerita kasus pembunuhan berantai. Film-film tersebut menampilkan sosok manusia berdarah dingin yang tanpa gejolak emosi saat melakukan berbagai aksi pembunuhan.

Film psikopat Korea tersebut tampil dengan plot cerita yang menarik dan bahkan dengan alur yang tidak disangka-sangka. Film tersebut menghadirkan suasana yang kadang begitu mencekam, bahkan ketika berbagai adegan penculikan dilakukan.

Selain itu, film psikopat Korea ini masih menjadi tema sentral yang hampir selalu diangkat dalam film Korea. Film tersebut akan selalu menarik dan memacu adrenalin setiap penontonnya.

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Senin (31/1), berikut 11 film psikopat Korea yang mengerikan, aura menakutkan di Midnight.

1. Midnight (2021).

Film psikopat Korea yang mengerikan berbagai sumber

foto: imdb.com

Midnight berkisah ketika Kim Kyung-mi, seorang gadis tunarungu yang bekerja sebagai konselor bahasa isyarat di sebuah call center menjadi saksi penikaman So Jung-eun pada sebuah malam yang tak pernah ia lupakan. Sang pembunuh yang melihat Kyung-mi, kemudian menjadikan gadis tersebut sebagai korban pembunuhan berantai selanjutnya.

Jong-tak, saudara laki Jung-eun yang menjadi seorang penjaga keamanan tak bisa tinggal diam ketika adik perempuan menjadi sasaran pembunuhan. Selain itu, ibu Kyung-mi juga akan melakukan apa saja untuk melindungi putri yang dicintainya. Film ini menampilkan thriller-aksi yang menggambarkan bagaimana pembunuh berantai mengejar para korbannya.

2. The Gangster, The Cop, The Devil (2019).

Film psikopat Korea yang mengerikan berbagai sumber

foto: imdb.com

The Gangster, The Cop, The Devil mengisahkan Jang Dong-soo, seorang ketua gangster di Cheonan yang menjadi target pembunuhan berantai yang dilakukan oleh Kang Kyung-ho. Reputasi Dong-soo sebagai seorang ketua gangster membuatnya bisa selamat dari target pembunuhan.

Sementara itu, Detektif Jung Tae-suk harus mengusut pelaku pembunuhan berantai tersebut dan memasukkannya ke penjara. Namun, ia tidak punya informasi apa pun terkait itu. Hal ini membuat Tae-suk bekerja sama dengan Dong-soo untuk menangkap Kyung-ho walaupun harus berkompromi dengan seorang ketua penjahat yang terorganisir.

3. VIP (2017).

Film psikopat Korea yang mengerikan berbagai sumber

foto: imdb.com

VIP berkisah tentang Kim Kwang-il, seorang putra tokoh politik Korea Utara yang menerima perlakuan VIP setelah membelot ke Korea Selatan dengan bantuan Central Intelligence Agency (CIA), Amerika Serikat. Selain itu, dia ditetapkan menjadi tersangka utama dalam sebuah kasus pembunuhan berantai.

Pihak Korea Utara dan Korea Selatan berusaha untuk menangkapnya agar tidak lagi melancarkan aksinya. Namun, Kwang-il dilindungi oleh National Intelligence Service(NIS) dari Korea Selatan yang membuatnya seolah kebal hukum. Walaupun begitu, perburuan terhadap Kwang-il terus berlangsung dan membuatnya semakin hati-hati melakukan apa pun.

4. Manhole (2014).

Film psikopat Korea yang mengerikan berbagai sumber

foto: imdb.com

Manhole berkisah tentang Soo-chul, seorang psikopat yang menjadi pembunuh berantai dan sudah meneror sebuah lingkungan di Seoul. Dalam kurun waktu 6 bulan, 10 orang sudah menghilang tanpa jejak. Soo-chul menggunakan lubang got untuk menculik setiap korbannya.

Soo-jung, seorang gadis berusia 14 tahun menjadi korban terakhirnya. Yeon-soo, kakak perempuan Soo-jung berusaha sekuat mungkin untuk menemukan adiknya tersebut dan berusaha untuk menyelamatkannya.

5. Blood and Ties (2013).

Film psikopat Korea yang mengerikan berbagai sumber

foto: imdb.com

Blood and Ties mengisahkan Jung Da-eun, seorang sarjana muda yang menjadi reporter sebuah surat kabar di Korea. Ia tinggal bersama Son-man, ayahnya yang selalu sayang padanya.

Sampai suatu ketika, saat ia pergi ke bioskop untuk menonton film kriminal yang berdasarkan kisah nyata, Da-eun dikejutkan dengan suara pelaku yang dilampirkan di akhirnya film. Suara tersebut terdengar seperti suara ayahnya dan membuat Da-eun curiga. Awalnya, ia menepis kecurigaan tersebut. Namun, saat seorang pria misterius datang kepadanya, kecurigaan itu semakin kuat.

6. Blind (2011).

Film psikopat Korea yang mengerikan berbagai sumber

foto: imdb.com

Blind berkisah tentang keterkaitan kasus hilangnya seorang mahasiswi dan korban tabrak lari yang menimpa Min Soo-ah, seorang mantan kadet. Kecelakaan tersebut membuat karier Soo-ah di kepolisian berakhir dan ia mengalami kebutaan.

Saat Detektif Jo menyelidiki kasus tersebut, Soo-ah menyatakan bahwa saat mengalami tabrak lari, ia dijemput oleh seorang sopir taksi. Awalnya, Detektif Jo tidak percaya bahwa sopir tersebut sebagai pelakunya. Namun, setelah mengumpulkan beberapa bukti dari kedua kasus yang dianggap berkaitan, ia kemudian berkesimpulan bahwa sopir tersebut pelakunya. Sejak saat itu, Soo-ah dan Detektif Jo terlibat dalam sebuah misi berbahaya bagi nyawa mereka.

7. I Saw the Devil (2010).

Film psikopat Korea yang mengerikan berbagai sumber

foto: imdb.com

I Saw The Devil merupakan film thriller-kriminal yang tampil seperti film horor. Film ini mengisahkan ketika Kim Soo-hyun (Lee Byung-hun), seorang detektif yang mengetahui bahwa istrinya telah disiksa dan dibunuh oleh Jang Kyung-chul (Choi Min-sik) seorang pembunuh berantai gila. Soo-hyun kemudian berangkat untuk membalas dendam.

Setelah mengetahui pembunuh istrinya tersebut, Soo-hyun tampil dengan drama panjang dan juga brutal. Soo-hyun menangkap si pembunuh, menyiksa, dan kemudian melepaskannya kembali hanya untuk memulai proses dari awal lagi. Soo-hyun mengulangi hal tersebut sampai dirinya puas.

8. Midnight FM (2010).

Film psikopat Korea yang mengerikan berbagai sumber

foto: imdb.com

Midnight FM berkisah tentang Ko Sun-young, seorang penyiar TV populer dan penyiar radio yang sering pulang larut malam. Suatu ketika, ia bersiap untuk bekerja di radio untuk terakhir kalinya sebelum esok harus pergi bersama putrinya yang sakit ke Amerika.

Namun, saat siaran radionya berlangsung, Sun-young menerima sebuah pesan teks yang mengejutkan. Pesan tersebut berasal dari Han Dong-soo yang menjadi penggemar setianya dan mengisahkan apa yang dialaminya. Namun, ketika kabar Sun-young akan berhenti, Dong-soo mengancam akan menyandera keluarganya. Sun-young dan putrinya ada dalam bahaya dan membuat kepergiannya ke Amerika tertunda.

9. No Mercy (2010).

Film psikopat Korea yang mengerikan berbagai sumber

foto: imdb.com

No Mercy berkisah tentang Kang Min-ho yang bekerja sebagai staf National Institute of Scientific Investigation (NISI), Korea Selatan. Ia mencoba untuk mengungkapkan identitas seorang pembunuh berantai misterius yang memenggal kepala korbannya.

Bersama Lee Sung-ho, seorang pencinta lingkungan, Min-ho berusaha untuk mencari bukti untuk menyeret pelaku pembunuhan berdarah dingin tersebut. Lee Sung-ho memegang petunjuk penting untuk mengungkapkan misteri pembunuhan tersebut.

10. The Chaser (2008).

Film psikopat Korea yang mengerikan berbagai sumber

foto: imdb.com

The Chaser berkisah tentang Eom Joong-hoo, mantan detektif yang berubah profesi sebagai mucikari. Awalnya, bisnis tersebut berjalan lancar. Namun, pada suatu waktu ia mengalami kerugian yang besar karena para gadis yang menjadi anak buahnya menghilang tanpa sempat melunasi utang mereka.

Di suatu malam, ia mendapat panggilan telepon dari seorang pelanggannya. Dikarenakan sudah tidak mempunyai persediaan stok gadis lagi, Joong-hoo mengutus Mi-jin yang sebenarnya sedang sakit. Mi-jin yang tengah dilanda kesulitan finansial, mau tidak mau menanggapi permintaan sang mucikari, demi menghidupi anaknya, ia mengesampingkan sakit yang dideritanya.

Konflik mulai meningkat kala Joong-hoo mulai menyadari bahwa nomor telepon sang pelanggan merupakan nomor yang sama dengan nomor terakhir yang diterima sebelum para gadis anak raib tanpa jejak. Khawatir dengan keselamatan Mi-jin, sang mucikari memutuskan penyelidikan, dan berhasil meringkus Jae Yeong-min yang dicurigai sebagai pelakunya.

Namun, justru berawal dari penangkapan itulah, sang mantan polisi justru bakal menghadapi kasus kriminal paling pelik dalam hidupnya. Selain harus menemukan keberadaan Mi-jin, ia akan berhadapan dengan sosok pembunuh berantai paling sadis yang pernah ditemuinya.

11. Memories of Murder (2003).

Film psikopat Korea yang mengerikan berbagai sumber

foto: imdb.com

Memories Of Murder berkisah tentang tiga detektif yang sedang memecahkan serangkaian pembunuhan brutal dan misterius di sebuah desa kecil. Mereka hanya memiliki sedikit petunjuk untuk dilanjutkan: mereka tahu si pembunuh hanya membunuh saat hujan, saat korban mengenakan pakaian merah, dan saat lagu tertentu diputar di radio.

Film yang juga menjadi film terbaik Bong Joon-ho setelah Parasite ini, hadir dengan sangat baik dari komedi ke misteri dan, kadang-kadang ke horor. Dalam beberapa adegan sering kali sulit sekali ditebak dan dapat menampilkan hal-hal yang tak terduga sama sekali.