Brilio.net - Film Korea yang romantis kerap menampilkan kisah yang menarik tentang kehidupan romansa anak muda. Dalam film Korea, jatuh cinta kerap menjadi hal menyenangkan sekaligus sebagai faktor yang menggerakkan cerita.

Film-film tersebut hadir dengan plot yang tidak biasa sehingga terhindar dari kesan klise atas film tentang percintaan. Film-film Korea romantis menjadi lebih hidup dengan konflik cerita yang dibangun dalam narasi cerita.

Selain itu, film-film tersebut diperankan oleh pemain film yang tak diragukan lagi aktingnya. Film Korea romantis ini menjadi film pilihan terbaik.

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber Senin (31/1), berikut 13 film Korea yang romantis abis, kirim surat cinta di Waiting for Rain.

1. Waiting for Rain (2021).

Film Korea yang romantis abis berbagai sumber

foto: imdb.com

Waiting foto Rain berkisah tentang Park Young-ho yang mengirim surat cinta pertamanya kepada So-yeon setelah pernah bertemu pada waktu sebelumnya. Surat tersebut ternyata tidak pernah sampai kepada So-yeon, melainkan diterima oleh Gong So-hee, adik dari perempuan yang dituju oleh Young-ho.

So-hee menggantikan kakaknya yang sedang sakit dan mengirimkan balasan kepada Young-ho dengan beberapa aturan. Mereka pun menjalin hubungan lewat surat yang ditulis tangan dan tak pernah melakukan panggilan telepon atau pesan teks.

2. Double Patty (2021).

Film Korea yang romantis abis berbagai sumber

foto: imdb.com

Double Patty berkisah tentang Kang Woo-ram, seorang foodie dan seorang atlet yang berjuang untuk mendapatkan pekerjaan. Sementara itu, Lee Hyun-ji, seorang calon jangkar yang sekaligus bekerja di restoran hamburger buatan sendiri.

Sampai suatu ketika, Woo-ram datang ke restoran tersebut untuk memesan hamburger patty yang sedang promo, beli satu dapat satu. Namun, hamburger yang satu lagi tidak untuk dimakannya sendiri, melainkan Woo-ram berikan kepada Hyun-ji yang dan sejak itulah, hubungan romantis mereka dimulai.

3. Tune in For Love (2019).

Film Korea yang romantis abis berbagai sumber

foto: imdb.com

Tune in For Love mengisahkan hubungan antara Kim Mi-soo dan Cha Hyun-woo yang pernah menjalin hubungan pada masa remaja mereka di tahun 1994. Keduanya berteman dan saling memberikan perhatian lebih dari sekadar teman.

Mereka kemudian berpisah karena sebuah insiden yang membuat keduanya saling merasa bersalah satu sama lain. Namun, saat berpisah, mereka pun tak bisa melupakan berbagai kenangan yang pernah dilewati bersama. Sampai kemudian pada 2005, mereka dipertemukan kembali dan menjalin hubungan romantis. Film ini menceritakan putus nyambung hubungan romantis yang mereka jalani.

4. Crazy Romance (2019).

Film Korea yang romantis abis berbagai sumber

foto: imdb.com

Crazy Romance merupakan film romantis komedi yang mengisahkan kehidupan romantis Jae-hoon dean Sun-young. Mereka dipertemukan oleh nasih yang hampir sama menimpa keduanya.

Jae-hoon dicampakkan tunangannya sebulan sebelumnya dan ia belum bisa melupakan orang yang dicintainya tersebut. Sementara itu, Sun-young baru saja putus dari pacarnya yang berselingkuh dengan orang lain. Mereka pun menjalin kerja sama yang penuh kocak hingga akhirnya saling jatuh cinta.

5. My Boss Girl (2019).

Film Korea yang romantis abis berbagai sumber

foto: imdb.com

My Boss Girl berkisah tentang Hwi-so, seorang mahasiswa jurusan teknik yang dikenal sebagai orang yang ramah dan baik hati, tetapi tidak punya keterampilan sosial yang baik. Hwi-so senang membuat robot dan saking sibuknya dengan proyek semacam itu, ia tak pernah punya pacar sama sekali.

Suatu hari, Hwi-so bertemu tanpa sengaja dengan Hye-jin yang muncul secara tiba-tiba di hadapannya menggunakan kursi roda. Walaupun menggunakan kursi roda, Hye-jin dikenal sebagai seorang pemanah jitu dan jujur kepada orang lain. Mereka kemudian terlibat dalam perbincangan yang membuat keduanya menemukan kecocokan satu sama lain.

6. Shall We Do It Again (2019).

Film Korea yang romantis abis berbagai sumber

foto: mydramalist.com

Shall We Do It Again atau Love, Again berkisah tentang Hyun-woo dan Sun-young yang baru saja menyelesaikan upacara perceraian. Mereka kemudian saling berpisah satu sama lain dan menikmati status lajangnya.

Hingga kemudian Sun-young tiba-tiba muncul di hadapan Hyun-woo bersama Sang-cheol, pacar barunya. Sang-cheol tak sadar bahwa pacarnya pernah menikah dengan orang yang ada di depannya. Film ini menampilkan kisah cinta yang tak benar-benar hilang dari sepasang suami istri yang pernah saling mencintai.

7. The Princess and the Matchmaker (2018).

Film Korea yang romantis abis berbagai sumber

foto: imdb.com

The Princess and The Matchmaker berkisah tentang Putri Songhwa yang menolak menikah dengan empat calon pria yang dianggap paling cocok dengan nasibnya. Nasib Putri Songhwa tersebut diramal oleh Seo Do-yoon, seorang peramal di wilayah kerajaan Putri Songhwa yang berhasil memprediksi ramalan nasib seseorang.

Namun, Putri Songhwa kemudian melarikan diri meninggalkan istana dan menemukan suaminya sendiri. Putri Songhwa merasa tidak ada satu pun yang cocok dengan keempat pria yang ditawarkan.

8. On Your Wedding Day (2018).

Film Korea yang romantis abis berbagai sumber

foto: imdb.com

On Your Wedding Day merupakan film Korea yang mengisahkan kehidupan romansa selama 10 tahun yang penuh lika-liku antara Woo-yeon dan Sung-hee. Hubungan mereka berdua kerap mengulang siklus jatuh cinta dan patah hati yang mereka awali dari masa-masa mereka masih duduk di bangku SMA.

Namun, cinta tersebut tak pernah berlanjut sampai kemudian Woo-yeon menerima undangan pernikahan Sung-hee. Woo-yeon hadir ke pernikahan tersebut mengucapkan terima kasih atas semua yang telah diberikan oleh Sung-hee saat mereka bersama saling jatuh cinta. On Your Wedding Day menjadi film yang membawa karakter utama untuk rela melepaskan orang yang sangat dicintainya.

9. Be with You (2018).

Film Korea yang romantis abis berbagai sumber

foto: imdb.com

Be With You mengisahkan saat Im Soo-ah membuat janji kepada suaminya Jung Woo-jin sebelum benar-benar meninggal dunia. Soo-ah berjanji untuk kembali ke tempat mereka berdua tinggal satu tahun kemudian pada awal musim hujan.

Ajaibnya, ia menepati janji tersebut di hadapan suami dan putranya, tetapi ia tak punya ingatan apa-apa. Walaupun begitu, pertemuan tersebut membuat Woo-jin dan anaknya bahagia hingga akhir musim hujan selesai dan Soo-ah harus pergi meninggalkan mereka lagi.

10. I Can Speak (2017).

Film Korea yang romantis abis berbagai sumber

foto: imdb.com

I Can Speak merupakan film yang diangkat dari kisah nyata para wanita penghibur dalam masa pendudukan Jepang di Korea Selatan yang menuntut keadilan. Dalam film ini dikisahkan Nah Ok-Bun yang sudah tua merupakan mantan wanita penghibur yang ingin sekali membantu temannya untuk bersaksi di audiensi publik wanita penghibur yang menjadi korban perang Jepang di Washington DC.

Ok-Bun awalnya kesulitan menemukan mentor yang baik untuk mengajarinya sampai fasih berbahasa Inggris. Hal ini kemudian membuatnya terus berusaha agar bisa melanjutkan mimpi temannya. Sampai kemudian ia bertemu dengan Park Min-jae, seorang pegawai negeri sipil yang baru masuk kantor dan merasa cocok dengannya.

11. Mood of the Day (2016).

Film Korea yang romantis abis berbagai sumber

foto: imdb.com

Mood of the Day berkisah tentang Kim Jae-hyun, seorang mantan pemain bola basket berbakat dan kini menjadi manajer olahraga. Ia punya keinginan besar untuk mengirim Kang Chul ke Amerika karena satu-satu pemain pemula berbakat yang menjanjikan.

Suatu hari, karena keperluan tersebut, Jae-hyun harus pergi ke Busan untuk menyakinkan murid binaannya tersebut. Saat di perjalanan, ia bertemu dengan Bae Soo-jung yang bekerja sebagai biro iklan dan harus pergi ke Busan untuk kepentingan bisnis. Mereka berkenalan dan memutuskan untuk bersama-sama saat di Busan. Dalam waktu 24 jam, mereka menghabiskan waktu bersama dan ketika berpisah, seolah ada perasaan yang berbeda satu sama lain.

12. Love Forecast (2015).

Film Korea yang romantis abis berbagai sumber

foto: imdb.com

Love Forecast berkisah tentang Kim Hyun-woo, seorang reporter cuaca yang dikenal karena kecantikan dan keanggunannya di layar televisi. Namun, saat di luar jam kerja, ia sering banyak minum dan sering mengumpat.

Suatu hari, Hyun-woo bertemu dengan Kang Joon-soo yang ternyata diam-diam suka kepadanya dan perasaan tersebut berlangsung selama bertahun-tahun. Joon-soo merupakan seorang guru sekolah dasar yang sopan dan cenderung tidak percaya diri saat bertemu dengan orang yang disukainya. Pertemuannya dengan Hyun-woo yang blak-blakan membuat kedua orang ini kemudian menjadi pasangan yang saling melengkapi satu sama lain.

13. Wonderful Nightmare (2015).

Film Korea yang romantis abis berbagai sumber

foto: imdb.com

Wonderful Nightmare mengisahkan kehidupan Lee Yeon-woo (Uhm Jung-hwa), seorang pengacara lajang dengan karier cemerlang berkat kesuksesannya menangani kasus orang-orang penting. Suatu hari, ia mengalami kecelakaan dan koma. Yeon-woo kemudian bangun dan ia sudah seperti sudah di surga dan menemukan fakta bahwa malaikat pencabut nyawa salah mencabut nyawa orang. Yang seharusnya mati saat kematiannya adalah wanita tua yang juga memiliki nama serupa dengannya.

Yeon-woo kemudian meminta untuk dihidupkan kembali sebagai seorang ibu rumah tangga yang juga meninggal dunia karena kesalahan yang sama. Yeon-woo kemudian hidup sebagai seorang ibu rumah tangga dan mengalami perubahan drastis yang belum dialami saat ia hidup sebagai pengacara. Film ini berhasil menyentil dengan kocak bahwa menjadi ibu rumah tangga bukan perkara mudah dan memerlukan keterampilan khusus.