Brilio.net - Film Korea romantis selalu saja berhasil membuat para penggemarnya bisa langsung jatuh cinta dengan ceritanya. Film-film tersebut, walaupun tidak sepanjang dan sekompleks drama Korea, tetap memberikan warna yang menarik.

Film Korea romantis menampilkan cerita yang unik, mulai dari kisah seorang yang tinggal di desa yang berharap sebuah stasiun dibangun di desa tersebut hingga soal hubungan romantis tanpa cinta. Sebuah romansa yang kemudian berkembang di kota-kota besar hanya sebatas teman yang bisa memberikan segalanya, perhatian hingga pelukan, kecuali cinta.

Selain itu, film Korea romantis tersebut juga mengisahkan cinta yang sering ditemui banyak orang di banyak tempat. Cerita-cerita tersebut seolah mengalir begitu saja dan dengan konflik yang relatif tidak terlalu rumit bagi sepasang kekasih yang sedang menjalani hubungan romantis.

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber Kamis (20/1), berikut 11 film Korea romantis yang sulit dilupakan.

1. Miracle: Letters to the President (2021).

Film Korea romantis yang sulit dilupakan berbagai sumber

foto: imdb.com

Miracle: Letters to the President berkisah tentang Jung Joon-kyeong yang tinggal di sebuah desa kecil di Korea Selatan pada 1988. Di desa tersebut, ada sebuah rel kereta, tapi tidak stasiunnya.

Karena itu, Joon-kyeong berniat untuk membangun stasiun tersebut hingga mengusahakan semua cara yang bisa dilakukannya, termasuk mengirim lusinan surat kepada Presiden Korea Selatan. Stasiun kereta api tersebut berhasil didirikan pada 1988 untuk pertama kalinya yang dimiliki secara pribadi.

2. Nothing Serious (2021).

Film Korea romantis yang sulit dilupakan berbagai sumber

foto: imdb.com

Nothing Serious atau Romance Without Love berkisah tentang Woo-ri, seorang pria lajang yang menjadi reporter pemula sekaligus penulis kolom seks, meskipun ia punya mimpi menjadi seorang novelis. Ia benci dengan kesepian, tetapi sering tidak begitu baik menjalani kehidupan romantis.

Sementara itu, Ja-young perempuan yang juga masih jomblo dan punya nasib yang sama dengan Woo-ri. Ia pernah mencampakkan teman kencannya hanya dalam tempo sebulan. Ja-young dan Woo-ri bertemu di aplikasi kencan yang menjalin hubungan romantis tanpa ikatan cinta. Orang-orang kiwari menyebutnya Friend with Benefit (FWB).

3. Perhaps Love (2021).

Film Korea romantis yang sulit dilupakan berbagai sumber

foto: imdb.com

Perhaps Love merupakan film romantis komedi yang mengisahkan Kim Hyeon yang mengalami hambatan dan keterpurukan untuk menulis. Selama tujuh tahun terakhir, ia tidak bisa menulis sama sekali. Padahal, semua keadaannya, baik keluarga maupun ekonomi, dalam kondisi yang baik-baik saja.

Sampai suatu ketika, Hyeon memberikan kuliah di sebuah universitas tempatnya mengajar dan membaca salah satu muridnya, Yoo-jin. Hyeon terkesan dengan tulisan tersebut dan Yoo-jin ingin menjadi penulis. Mereka kemudian tinggal bersama agar Hyeon bisa menulis novel. Hal ini kemudian membuat Yoo-jin terjebak dalam sebuah hubungan terlarang dengan Hyeon yang tak lain adalah dosennya sendiri.

4. Double Patty (2021).

Film Korea romantis yang sulit dilupakan berbagai sumber

foto: imdb.com

Double Patty berkisah tentang Kang Woo-ram, seorang foodie dan seorang atlet yang berjuang untuk mendapatkan pekerjaan. Sementara itu, Lee Hyun-ji, seorang calon jangkar yang sekaligus bekerja di restoran hamburger buatan sendiri.

Sampai suatu ketika, Woo-ram datang ke restoran tersebut untuk memesan hamburger patty yang sedang promo, beli satu dapat satu. Namun, hamburger yang satu lagi tidak untuk dimakannya sendiri, melainkan Woo-ram berikan kepada Hyun-ji yang dan sejak itulah, hubungan romantis mereka dimulai.

5. Waiting For Rain (2021).

Film Korea romantis yang sulit dilupakan berbagai sumber

foto: imdb.com

Waiting foto Rain berkisah tentang Park Young-ho yang mengirim surat cinta pertamanya kepada So-yeon setelah pernah bertemu pada waktu sebelumnya. Surat tersebut ternyata tidak pernah sampai kepada So-yeon, melainkan diterima oleh Gong So-hee, adik dari perempuan yang dituju oleh Young-ho.

So-hee menggantikan kakaknya yang sedang sakit dan mengirimkan balasan kepada Young-ho dengan beberapa aturan. Mereka pun menjalin hubungan lewat surat yang ditulis tangan dan tak pernah melakukan panggilan telepon atau pesan teks.

6. Sweet and Sour (2021).

Film Korea romantis yang sulit dilupakan berbagai sumber

foto: imdb.com

Sweet and Sour berkisah tentang cinta segitiga yang menimpa Jang-hyuk. Saat cerita dimulai, Jang-hyuk menjalin hubungan romantis dengan Jung Da-eun yang bekerja sebagai perawat. Awalnya, hubungan mereka romantis sekali dan seolah dunia hanya miliknya sendiri, sementara orang lain hanya ngontrak.

Namun, kisah manis tersebut kemudian perlahan berubah ketika Jang-hyuk mulai bersaing untuk mendapatkan posisi yang lebih tinggi di perusahaannya. Ia bersaing dengan Han Bo-yeong yang juga menginginkan posisi yang sama. Alih-alih bersaing, mereka pun bekerja sama untuk mendapatkan hasil terbaik dan membuat mereka tidak hanya sebatas teman. Ingat, kejadian tikung-menikung dalam kehidupan asmara di tempat kerja itu nyata, lur!

7. Croissant (2021).

Film Korea romantis yang sulit dilupakan berbagai sumber

foto: mydramalist.com

Croissant mengisahkan kehidupan pelik yang dijalani oleh Sung-eun, koki pastry yang bersemangat dan pemilik toko roti dengan hati yang ramah. Ia kemudian bertemu dengan Gong Hui-joon yang terus berjuang untuk meraih mimpinya walaupun di tengah kesulitan. Mereka dipertemukan dalam sebuah suasana yang membuat mereka berpikir tentang kenyataan yang mereka alami dan idealitas yang mereka harapkan untuk mimpinya.

8. Hi, My Soul Mate (2020).

Film Korea romantis yang sulit dilupakan berbagai sumber

foto: mydramalist.com

Dua gadis pertama kali bertemu pada usia 13 dan menjadi teman. Selama 14 tahun berikutnya, kedua gadis ini mengalami cinta, kecemburuan, dan pertumbuhan pribadi. Mereka percaya kalau hubungan persahabatannya tak akan bisa terpisahkan. Namun, setelah beberapa konflik dan kesalahpahaman, mereka justru berpisah.

9. New Year Blues (2020).

Film Korea romantis yang sulit dilupakan berbagai sumber

foto: imdb.com

New Year Blues menceritakan kisah cinta empat pasangan selama seminggu sebelum tahun baru. Kang Ji-hoo yang bertemu dengan Hyo-young yang sedang mengurus proses perceraian dengan suaminya. Pertemuan yang serba kebetulan tersebut membuat mereka semakin dekat ketika Hyo-young sah bercerai dengan suaminya.

Selain itu, ada kisah Jae-heon dan Jin-ah yang sama dipertemukan saat perjalanan di Argentina. Sementara itu, Yong-chan, seorang agen perjalanan yang menikah dengan Yao Lin yang berkebangsaan China. Walaupun pernikahan ini ditentang oleh kakak perempuan Yong-chan, hal itu tidak menghalangi cinta tersebut.

Kisah terakhir datang dari Rae-hwan yang selalu merasa kasihan kepada Oh-wol, pacarnya yang selalu menghadapi prasangka orang lain karenanya. Semua cerita ini terjalin satu per satu dan bagaimana masing-masing pasangan punya jalan terjalnya sendiri.

10. On Your Wedding Day (2018).

Film Korea romantis yang sulit dilupakan berbagai sumber

foto: imdb.com

On Your Wedding Day merupakan kisah cinta platonik yang hanya cukup melihat orang yang dicintai bahagia tanpa harus memiliki seutuhnya sebagai seorang kekasih. Hal itulah yang terjadi pada Hwang Woo-yeon yang menerima undangan pernikahan dari orang pertama yang dicintai dahulu.

Woo-yeon mengenang semua kehidupan yang pernah dilaluinya bersama Hwan Seung-hee yang sebentar lagi melangsungkan pernikahan. Mulai saat mereka sama-sama sekolah di tempat yang sama hingga mereka berdua dewasa. Mereka berdua percaya tentang cinta sejati pada pandangan pertama. Namun, takdir tak selalu sekata dengan mereka. Woo-yeon hadir ke pernikahan Seung-hee dan mengucapkan terima kasih karena telah menjadi bagian terindah dari kehidupannya. Hal ini kemudian membuat Woo-yeon punya arti lain tentang sebuah pernikahan.

11. The Beauty Inside (2015).

Film Korea romantis yang sulit dilupakan berbagai sumber

foto: imdb.com

The Beauty Inside mengisahkan Woo-jin yang selalu menjadi orang yang berbeda setiap harinya setelah bangun tidur. Sampai kemudian suatu hari ia jatuh cinta kepada Yi-soo dan berinteraksi secara intens dalam sehari. Namun, saat keesokan harinya, Woo-jin sudah menjadi orang lain dan tidak ingat apa pun tentang apa yang sudah dilakukannya sehari sebelumnya.

(brl/lin)

(brl/lin)