Brilio.net - Usia 20-an tahun merupakan usia awal dewasa yang penuh dengan gelora. Gelora emosi yang menggebu-gebu hingga membuat sebagian orang terjebak pada hal-hal yang tidak semestinya dilakukan. Usia 20-an tahun merupakan penuh pergolakan tentang jati diri.

Hal semacam itulah yang coba dihadirkan dalam drama Korea romantis kisah usia 20-an tahun. Drama tersebut mengisahkan pergolakan orang dewasa awal yang penuh dengan dinamika dan persoalan hidup. Bahkan, usia-usia tersebut sebagian besar orang mengalami krisis identitas diri serta berusaha mencari tahu siapa dan apa yang semestinya ia lakukan.

Drama Korea romantis kisah usia 20-an tahun menjadi salah satu rekomendasi menarik untuk para kawula muda yang bingung dengan apa yang mesti dilakukan saat ada dalam rentang waktu tersebut. Drama ini menyajikan beragam kisah yang dihadapi oleh orang-orang yang ada dalam usia 20-an tahun.

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber Kamis (24/2), berikut 11 drama Korea romantis kisah usia 20-an tahun, pembentukan jati diri.

1. Twenty-Five Twenty-One (2022).

Drama Korea usia 20-an tahun berbagai sumber

foto: imdb.com

Twenty-Five Twenty-One merupakan drama Korea romantis kisah usia 20-an tahun yang mengisahkan perjalanan panjang lima karakternya selama 23 tahun dari 1998 sampai 2021. Perjalanan tersebut mengisahkan beragam hal yang mereka alami selama menjalin relasi, baik relasi pertemanan maupun relasi romantis. Drama ini diperankan oleh Kim Tae-ri, Nam Joo-hyuk, Bona, dan Lee Joo-myung.

Selain itu, drama ini menjadi ajang comeback Nam Joo-hyuk setelah sekian lama hiatus dari drama Korea. Selain itu, drama ini menggambarkan sekelompok anak muda yang terpaksa mengubur mimpinya setelah krisis keuangan global pada 1998 melanda Korea Selatan. Drama ini mulai tayang pada 12 Februari 2022 di tVN dan Netflix.

2. Black Dog: Being A Teacher (2019-2020).

Drama Korea usia 20-an tahun berbagai sumber

foto: imdb.com

Black Dog: Being A Teacher merupakan drama Korea romantis kisah usia 20-an tahun yang mengisahkan pengalaman Ko Ha-neul sebagai seorang guru. Menjadi guru merupakan impian Ha-neul karena terinspirasi dari seorang gurunya saat ia menjadi seorang murid. Di sekolah yang sama, ia ditemani oleh Park Seong-soon yang menjadi mentor Ha-neul. Ia dikenal sebagai seorang guru bahasa Korea dan Kepala Penerimaan Perguruan Tinggi serta dikenal sebagai seorang pekerja keras.

Selain itu, ada pula Do Yeon-woo, guru bahasa Korea yang dikenal sangat populer di kalangan siswa. Ia juga menjadi rekan kerja Ha-neul di sekolah tersebut. Ha-neul dan juga guru yang lain harus menghadapi berbagai hal kesulitan dan problem saat menjadi guru. Selain itu, mereka harus pandai mengatur mana yang menjadi urusan sekolah dan mana yang urusan pribadi.

3. Strongest Deliveryman (2017).

Drama Korea usia 20-an tahun berbagai sumber

foto: imdb.com

Strongest Deliveryman merupakan drama Korea romantis kisah usia 20-an tahun yang menceritakan tentang orang-orang pengantar makanan jajangmyeon (sejenis mi hitam asal Korea) yang mencoba bertahan untuk hidup sebagai pekerja paruh waktu. Tak hanya itu saja, serial ini juga akan berfokus pada kisah cinta dan kesuksesan seorang pengantar makanan restoran Cina.

Drama ini berpusat pada kehidupan Choi Kang-soo, seorang pengantar makanan yang akhirnya menjadi CEO perusahaan aplikasi pengiriman. Selain itu, drama ini juga menampilkan kisah sekelompok orang yang sudah menjadi sahabat satu sama lain yang berjuang membangun sebuah perusahaan.

4. Fight for My Way (2017).

Drama Korea usia 20-an tahun berbagai sumber

foto: imdb.com

Fight for My Way merupakan drama Korea romantis kisah usia 20-an tahun yang menceritakan sekelompok orang yang tidak diunggulkan dengan impian besar. Mereka semua berjuang untuk hidup dan berjuang untuk sukses dalam karier yang tidak memenuhi syarat untuk mereka. Dalam drama ini Ko Dong-man dan Choi Ae-ra menjadi karakter utama yang selalu bertingkah konyol dan bahkan kekanak-kanakan yang membuat mereka tak pernah tampak dewasa.

5. The Best Hit (2017).

Drama Korea usia 20-an tahun berbagai sumber

foto: imdb.com

The Best Hit merupakan drama Korea romantis kisah usia 20-an tahun yang menceritakan tentang Yoo Hyun-jae (Yoon Si-yoon), anggota grup idola yang sangat terkenal. Dia memiliki banyak penggemar dan dia adalah salah satu artis yang suka membuat skandal.

Sementara itu, Lee Ji-hoon (Kim Min-jae) adalah seorang penyanyi yang bercita-cita tinggi. Dia berpura-pura belajar untuk ujian pegawai negeri, tapi sebenarnya sedang berjuang untuk menjadi idola (artis) penyanyi terkenal. Drama ini menggambarkan dua generasi berbeda dan bagaimana mereka mengejar cita-citanya.

6. Radiant Office (2017).

Drama Korea usia 20-an tahun berbagai sumber

foto: imdb.com

Radiant Office merupakan drama Korea romantis kisah usia 20-an tahun yang menceritakan pengalaman Eun Ho-won. Ia berkali-kali melamar pekerjaan dan berkali-kali pula mendapat penolakan. Lelah dengan penolakan, padahal perempuan berusia 28 tahun tersebut sangat membutuhkan pekerjaan, ia pernah mencoba bunuh diri. Namun, saat rencana tersebut belum dilakukannya, ia akhirnya mendapatkan pekerjaan sebagai pekerja kontrak.

Di kantor baru, Ho-won bertemu dengan Seo Woo-jin, atasannya yang sudah berusia 38 tahun sebagai kepala tim pemasaran. Ia dikenal sebagai pekerja keras yang tak kenal waktu dengan hasil kerja yang memuaskan. Namun, di sisi lain, ia dikenal sebagai seorang yang judes dan tidak kenal kompromi dengan berbagai kesalahan. Hal ini pun membuatnya sering berselisih dengan Ho-won karena berbeda pendapat. Namun, perselisihan tersebut kemudian membuat mereka semakin dekat dan saling jatuh cinta.

7. Hello, My Twenties! (2016).

Drama Korea usia 20-an tahun berbagai sumber

foto: imdb.com

Hello, My Twenties atau Age of Youth merupakan drama Korea romantis kisah usia 20-an tahun yang menyoroti kisah lima orang mahasiswa yang tinggal di kontrakan bernama Belle Epoque. Mereka memiliki kepribadian, selera, dan tujuan hidup yang berbeda serta harus berhadapan dengan peliknya kehidupan.

Drama ini merupakan drama anak kos yang saling mendukung satu sama lain, bahkan saat salah satu di antara mereka punya trauma masa lalu. Berkat lingkungan yang mendukung satu sama lain, perbedaan mereka bukan menjadi sebuah masalah. Dibalut dengan genre komedi-romantis, drama ini dapat membantu seseorang agar bisa menemukan support system yang baik.

8. Drinking Solo (2016).

Drama Korea usia 20-an tahun berbagai sumber

foto: imdb.com

Drinking Solo merupakan drama Korea romantis kisah usia 20-an tahun yang menceritakan para guru kursus dan murid-muridnya di Noryangjin yang menikmati minum sendiri dengan alasan yang berbeda. Serial drama ini menyajikan kehidupan minum sendiri yang seolah dapat dirasakan langsung oleh para penonton. Drama ini pun mengundang animo penonton karena dianggap sebagai cerita menarik. Hal ini pun membuat penonton drama tersebut meminta untuk melanjutkan serial drama ini ke musim kedua.

Awalnya, seperti yang dilansir dari Soompi (11/5/2017), tvN sebagai perusahaan produksi menyatakan bahwa season 2 drama ini akan dirilis pada akhir 2017. Namun, karena salah satu asisten sutradara drama ini bunuh diri, produksi ini pun dihentikan sementara. Sampai saat ini, kabar season 2 drama Drinking Solo pun belum ada kelanjutannya kembali.

9. Cheese in The Trap (2016).

Drama Korea usia 20-an tahun berbagai sumber

foto: imdb.com

Cheese In The Trap merupakan drama Korea romantis kisah usia 20-an tahun yang memiliki banyak elemen alur cerita yang membuat drama Korea ini berkesan. Mulai dari "sindrom second-lead" hingga kisah cinta para pria yang membosankan.

Namun, ketika sampai pada cerita Hong Seol (Kim Go-eun) mengetahui bahwa Yoo Jung (Park Hae-jin) adalah penguntitnya, Hong Seol merasa dikhianati dan memutuskan ingin berpisah dengan Yoo Jung karena dinilai punya kepribadian ganda atau bermuka dua. Walaupun keputusan tersebut tidak diterima oleh Yoo Jung, tapi ia tak bisa berbuat apa-apa selain rela melepaskan Hong Seol yang sangat dicintainya

10. Second 20s (2015).

Drama Korea usia 20-an tahun berbagai sumber

foto: imdb.com

Second 20s atau Twenty Again merupakan drama Korea romantis kisah usia 20-an tahun yang mengisahkan Ha No-ra yang pernah bermimpi menjadi seorang penari. Namun, ia terpaksa berhenti sekolah karena hamil pada usia 19 tahun. Ia kemudian menjalani hidup sebagai ibu rumah tangga yang hanya mengurus sekolah selama dua dekade.

Bosan melakukan rutinitas yang itu-itu saja dan didiagnosis menderita kanker pankreas terminal dan diberi prognosis enam bulan, ia pun memutuskan untuk kembali sekolah dan menjadi mahasiswa untuk pertama kalinya. Ia kuliah di kampus yang sama dengan putranya yang baru saja berusia 20 tahun. Tak ada yang tahu berapa usia No-ra sebenarnya selain putranya sendiri. Hal ini membuatnya bisa bergaul dengan mahasiswa lain yang usianya terpaut dua dekade dengannya. Selain itu, tanpa sepengetahuan No-ra, suaminya diterima menjadi pengajar psikologi di kampus yang sama.

11. Misaeng: Incomplete Life (2014).

Drama Korea usia 20-an tahun berbagai sumber

foto: imdb.com

Misaeng: Incomplete Life merupakan drama Korea romantis kisah usia 20-an tahun yang berkisah kehidupan Jang Geu-rae yang bekerja sebagai pekerja magang di One International, sebuah perusahaan perdagangan besar. Di perusahaan tersebut, Geu-rae bertemu bosnya, manajer Oh Sang-shik, yang gila kerja dan memiliki kepribadian yang hangat; rekan magang Ahn Young-yi, yang menarik kemarahan rekan-rekannya karena kredensial pendidikannya yang mengesankan dan dengan menjadi sangat kompeten dalam tugas apa pun; dan Jang Baek-gi, rekan kerja culun yang sifat cemasnya menutupi ambisi batinnya.