×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Rumah Perubahan ajak anak bertualang sambil belajar menjaga lingkungan

View Image

0

BRILIO » Komunitas

Rumah Perubahan ajak anak bertualang sambil belajar menjaga lingkungan

foto: Rumah Perubahan.

Zaman sekarang sudah nggak heran deh kalau anak-anak lebih suka bermain gadget.

11 / 09 / 2016

Brilio.net - Zaman sekarang sudah nggak heran deh kalau anak-anak lebih suka bermain gadget. Hampir setiap hari mereka nggak lepas dari perangkat komunikasi itu. Ya biasanya sih bermain game. Memang sih, kemajuan teknologi nggak bisa dibendung. Di satu sisi, mungkin ada positifnya. Anak-anak jadi melek teknologi. Tapi di sisi lain, perilaku itu bisa membuat mereka kurang gerak dan yang paling buruk membentuk karakter anak jadi asosial. Jarang bermain dengan teman sebaya.

Petualang Cilik © 2016 brilio.net

Seru banget mandiin kerbau. © 2016/Rumah Perubahan.

Melihat kondisi semacam itu, Rumah Perubahan, lembaga yang digagas Rhenald Kasali membuat program khusus untuk membangkitkan cara bermain yang pantas untuk anak-anak. Namanya Petualang Cilik. Seperti apa sih bentuk kegiatannya?

Petualang Cilik © 2016 brilio.net

Loading...

Ayo sapi…makan yang banyak ya biar badan kamu gemuk ya. © 2016 /Rumah Perubahan

Kepada brilio.net, Dinar Wulandari, Public Relation Rumah Perubahan, menjelaskan program ini mengombinasikan pendidikan anak berbasis fun learning activities, kecintaan terhadap lingkungan dan pertukaran seni budaya. “Kecintaan anak dalam menjaga dan merawat lingkungan harus dipupuk sejak anak usia dini. Pembekalan ini merupakan salah satu peran serta anak untuk melestarikan lingkungan dan mencegah global warming,” papar Dinar.

Petualang Cilik © 2016 brilio.net

Oh begini ya cara mengolah kedelai. © 2016/Rumah Perubahan

Nggak heran kalau kegiatan ini menyasar anak-anak berusia 3 sampai 11 tahun. Tapi nggak cuma itu lho, kegiatan ini juga bermanfaat untuk guru, orangtua, dan anggota keluarga lainnya. Wajar jika masyarakat begitu antusias mengikutkan buah hatinya dalam program ini. Buktinya, banyak sekolah yang mendorong para murid untuk ikut program yang pasti seru ini setiap bulan.

Petualang Cilik © 2016 brilio.net

Lagi belajar nembak nih, siapa tahu besar nanti jadi tentara atau polisi. Eits…tapi belajarnya pakai pistol air ya.© 2016/Rumah Perubahan

“Banyak sekolah mengikuti Fun Learning Activities di Rumah Perubahan setiap bulan. Dengan program Petualang Cilik yang di adakan setiap dua minggu sekali, kami menerima peserta dari berbagai tempat di Jakarta dan sekitarnya bahkan luar kota jika liburan sekolah. Serta setiap satu bulan sekali kami mengajak anak-anak di sekitar lingkungan Rumah Perubahan untuk mengikuti Petualang Cilik secara gratis,” jelas Dinar.

Petualang Cilik © 2016 brilio.net

Seru deh lomba balap karungnya, ayo semangat!! © 2016 /Rumah Perubahan.

Yang jelas, kata Dinar, program ini ingin mengajarkan pada anak untuk lebih mencintai, menjaga, merawat, melestarikan lingkungan selain menambah ilmu pengetahuan serta bermain dan belajar seni budaya. Lewat program ini anak juga dapat merasakan real-life experience seperti dalam permainan memandikan kerbau, memberi makan sapi serta memanen sayuran.

Petualang Cilik © 2016 brilio.net

Belajar kerja kelompok biar tambah gaul gitu...© 2016 /Rumah Perubahan

Di permainan tersebut anak-anak diajak langsung merasakan, sekaligus menstimulus motorik, kemandirian, keberanian. Karena cara ini bersifat publik dan akan dikelompokkan dengan peserta lain, mereka juga dapat melatih interaksi sosial serta team work pada saat fun games. Tuh seru banget kan.





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    50%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    50%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more