Brilio.net - Seperti kita tahu olahraga tidak hanya menyenangkan dan membantu meningkatkan kekebalan tubuh serta memberikan kontribusi untuk kesehatan fisik secara keseluruhan, tetapi juga menjadi sarana menjalin hubungan antara orang satu dengan yang lainnya lho. Jika ketika bermain bersama tim yang kamu pikirkan hanya tentang menang dan kalah kamu akan rugi, karena tanpa kamu sadari olahraga beregu mempunyai manfaat yang penting.

Jika kamu termasuk yang memikirkan manfaat dari bermain olahraga beregu hanya untuk melatih membangun kerja sama tim dan kemampuan sosial kita, maka kamu keliru.

Ternyata terdapat banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari kegiatan olahraga beregu lho. Berikut beberapa manfaat besar olahraga beregu lainnya,

1. Membangun kepercayaan.

olahraga tim © 2016 brilio.net foto: danielehenkel.com

Ketika bermain olahraga beregu, kita akan  memiliki kesempatan untuk menunjukkan kemampuan masing-masing, serta memperbesar rasa kesadaran diri ketika mengetahui ada teman setim yang lebih unggul ataupun berada di bawah kita kemampuan bermainnya. Kita juga bisa menikmati kegiatan atau posisi yang paling disukai.

2. Memberikan latihan yang konsisten.

olahraga tim © 2016 brilio.net foto: naturaliowamuscle.com

Kebanyakan orang terlalu banyak menghabiskan waktu di depan layar dan tidak cukup gerak atau olahraga. Olahraga tim akan membuat kita berkomitmen untuk berolahraga secara teratur, karena adanya kesepakatan bersama jadwal latihan.

3. Mengembangkan hubungan dan berkomunikasi.

olahraga tim © 2016 brilio.net foto: turner.com

Ketika bermain olahraga beregu hubungan kita dengan orang lain juga dapat berkembang. Dengan saling berkomunikasi dapat mengembangkan keterampilan bersosial masing-masing orang.

4. Manajemen waktu dan disiplin.

olahraga tim © 2016 brilio.net foto: nightwriterpoet.com

Dengan keikutsertaan kita pada olahraga beregu akan membuat kita belajar disiplin dan mengatur waktu dengan baik. Seperti misalnya, ketika tim sudah menyepakati latihan pada pukul 08.00 pagi misal, sesibuk dan semalas apapun pasti akan merasa harus berangkat demi kekompakan dengan tim.

5. Menghormati orang lain.

olahraga tim © 2016 brilio.net foto: indiatimes.com

Kemampuan bekerja sama dengan orang lain bukanlah hal yang mudah untuk dikuasai. Kita harus belajar untuk bisa berbagi tugas dan kepercayaan dengan teman. Ketika kalah bukan semata salah satu orang dan ketika menang bukan semata hasil jerih payah satu orang saja.

6. Latihan Leadership.

olahraga tim © 2016 brilio.net foto: obstaclefit.com

Kegiatan olahraga beregu ini melatih kita untuk mengetahui posisi masing-masing personal, baik saat menjadi pemimpin ataupun ketika dipimpin teman. Saat menjadi pemimpin harusnya bertindak tak hanya sekadar mengatur tapi juga menjadi penyemangat untuk teman-teman yang lain, serta ketika dipimpin harusnya juga bertindak untuk menghormati pemimpin dan saling memberi masukan satu sama lain.

Kegiatan olahraga beregu yang patut kamu coba tahun ini adalah Tough Mudder. Kegiatan yang sudah ada sejak tahun 2010 ini dirancang di arena yang berlumpur dan terdiri dari beberapa rintangan. Dengan kegiatan ini kamu akan ditantang untuk keluar dari zona nyamanmu dan menguji kemampuan fisik, stamina dan mentalmu.

Kegiatan yang menekankan kerja sama tim ini tentu akan sangat cocok untuk kamu agar bisa memperoleh keenam manfaat olahraga beregu di atas bukan, apalagi tahun ini acara Tough Mudder akan diselenggarakan di Bali.

Cari tahu lebih lanjut tentang Tough mudder yang akan dilaksanakan pertama kalinya di Asia ini di http://www.toughmudder.id