Brilio.net - Stereotipe yang ada selama ini, seorang perempuan selalu dibatasi dalam berekspresi di atas panggung dan di depan banyak orang. Sangat jarang sekali melihat seorang perempuan berhijab menunjukkan kebolehannya menari di atas panggung. Tapi hal itu coba ditepis oleh Amirah Sackett. Ia mencoba menghilangkan stereotipe itu dengan membentuk grup dance hip-hop di Amerika.

Amirah merupakan seorang makeup artis, dancer, koreografer, dan juga seorang guru. Bersama dua muridnya, Khadijah dan Iman, ia membentuk grup dance hip-hop pada 2011 silam.

Meski menari di atas panggung, tapi penampilan Amirah sangat tertutup. Ia menggunakan abaya dan niqab saat tampil, sehingga hanya mata dan tangannya yang terlihat. Hip-hop yang mereka tampilkan adalah hip-hop jender netral yang bisa dilakukan oleh laki-laki maupun perempuan.

BACA JUGA: Dicuekin setelah kencan pertama? Mungkin kamu lakukan 11 kesalahan ini

Amirah Sackett © 2016 brilio.net

Dalam wawancaranya dengan AJ+, Amirah ingin menunjukkan bahwa identitasnya sebagai wanita muslim tak menghalanginya untuk menunjukkan kemampuan. Dikutip brilio.net dari aquila-style.com, Kamis (26/5), penampilan grup yang dinamainya "We're Muslim Don't Panic (WMDP)" ini jauh dari kesan vulgar. Mereka mengenakan pakaian itu untuk menunjukkan bahwa posisinya sebagai perempuan di atas panggung adalah untuk menunjukkan kemampuan mereka, bukan menunjukkan tubuh mereka.

"Dengan pakaian longgar, kami ingin menyampaikan pesan jika kami tak ingin dijadikan objek. Kami ingin menunjukkan keahlian kami, bukan tubuh kami," kata Amirah.

Kemampuan mereka pun kini sudah banyak dikenal. Grup WMDP ini pernah menjadi penari di video musik Brother Ali dan Native Deen.

Meski bertujuan positif, banyak pula pihak yang menentang apa yanag dilakukannya. Dalam masyarakat muslim konservatif, apa yang dilakukan Amirah ini tidak boleh alias haram. Banyak yang menyebut cara berekspresi Amirah ini sudah berlibihan. Namun karena mereka hidup di Amerika, Amirah dan grupnya masih tetap bertahan sampai saat ini.

Nah, untuk lebih jelasnya, kamu bisa lihat profil WMDP yang dibuat ole AJ+ berikut.


Berikut penampilan Amirah besrsama dua muridnya dalam video klip Brother Ali.

Setelah tahu tentang Amirah dan grup dance hip-hopnya, bagaimana tanggapanmu?