Brilio.net - Belakangan ini ramai diperbincangkan soal penyakit campak dan rubella. Malah Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam sebuah kesempatan mengingatkan masyarakat agar jangan meremehkan penyakit ini. Maklum, bila menjangkiti anak-anak bisa berakibat fatal lho.

Nggak heran jika saat ini lagi gencar digaungkan tentang pentingnya imunisasi Measles-Rubella (MR) khususnya dikalangan anak-anak. Sebab, jika dibiarkan bisa mengakibatkan cacat bawaan. Wajar jika pemerintah menegaskan melaksanakan kampanye imunisasi MR selama Agustus dan September 2017.

Imunisasi MR diberikan untuk melindungi anak Indonesia dari penyakit kelainan bawaan seperti gangguan pendengaran, gangguan penglihatan, kelainan jantung dan retardasi mental yang disebabkan adanya infeksi rubella pada saat kehamilan.

Anak yang terkena rubella sebelum dilahirkan berisiko tinggi mengalami keterlambatan pertumbuhan, keterlambatan mental, kesalahan bentuk jantung dan mata, sumsum tulang belakang, hingga tuli.

Campak Rubella © 2017 brilio.net

(foto:portugalresident.com)

Campak dan Rubella merupakan penyakit yang paling menular pada manusia serta banyak menyebabkan kematian dan cacat pada anak. Setiap jamnya, 15 anak di dunia meninggal akibat komplikasi dari penyakit campak.

Rubella juga merupakan ancaman serius jika menginfeksi ibu hamil karena dapat mengakibatkan cacat bawaan pada anak ketika lahir. 100,000 bayi di dunia lahir dengan kelainan jantung, tuli dan kebutaan akibat congenital rubella síndrome (CRS).

Beradasarkan catatan Kementerian Kesehatan RI, pada 2016 dilaporkan terdapat lebih dari 8.000 kasus campak yang terjadi pada 2015. Memang sih jumlah ini lebih rendah dibanding 2014 yang mencapai lebih dari 12.000 kasus. Sekitar 20.000 anak di Indonesia terinfeksi campak dan rubella terjadi setiap tahunnya.

Nah, sampai saat ini belum ada pengobatan untuk penyakit campak dan rubella. Tuh serem banget kan? Tapi nggak usah khawatir karena dua penyakit ini bisa dicegah. Ya lewat imunisasi.

Campak Rubella © 2017 brilio.net

(foto: MdeMulher.com)

Imunisasi vaksin MR adalah pencegahan terbaik untuk kedua penyakit ini. Bayangkan saja, satu vaksin bisa mencegah dua penyakit sekaligus. Karena pentingnya imunisasi MR demi anak-anak Indonesia, nggak heran jika banyak pihak turut prihatin dan ikut berkontribusi.

Salah satunya dilakukan Fave, sebuah platform diskon ternama baru-baru ini bekerja sama dengan UNICEF, lembaga di bawah Perserikatan Bangsa-Bangsa yang khusus memperhatikan hak-hak dan kesejahteraan setiap anak membuat program Fave Peduli.

“Kami menyadari pentingnya imunisasi bagi anak terutama untuk mencegah penyakit campak dan rubella. Kami ingin turut serta dan terlibat langsung dalam memberikan bantuan imunisasi bagi anak Indonesia, para penerus bangsa,” ujar Yew Wai Kong, General Manager, Fave Group.  

Inisiatif dari Fave bersama dengan UNICEF ini juga merupakan upaya untuk mendukung komitmen pemerintah dalam mengeliminasi campak dan pengendalian rubella pada tahun 2020 dan melindungi anak-anak Indonesia.

Campak Rubella © 2017 brilio.net

Melalui kampanye CSR ini, masyarakat Indonesia dapat mengambil andil dalam membebaskan anak-anak Indonesia dari penyakit campak dan rubella, dengan cara mendukung program imunisasi melalui donasi online.

Masyarakat dapat mendonasikan paling sedikit Rp15.000 hingga Rp150.000 untukmembantu memobilisasi satu anak hingga 10 anak untuk mendapatkan imunisasi tersebut. Donasi dapat dilakukan melalui situs Fave Indonesia di sini, atau melalui aplikasi mobile Fave.  

“Kami selalu terkesan dengan pekerjaan yang telah dilakukan oleh UNICEF, khususnya di Indonesia. Dengan kampanye ini, kami berharap agar dapat membantu pemerintah untuk menekan jumlah anak yang menderita penyakit campak dan rubella, serta meningkatkan kesadaran para orang tua akan pentingnya memberikan imunisasi ini kepada anak mereka,” ujar Yew Wai Kong.

Inisiatif Fave Peduli bersama dengan UNICEF di tahap ini akan difokuskan di pulau Jawa. Targetnya memberikan imunisasi MR kepada 35 juta anak-anak Indonesia di pulau Jawa. Selain itu, Fave bersama dengan UNICEF juga berencana untuk menggelar roadshow di berbagai sekolah di Jakarta untuk melihat pelaksanaan vaksinasi, sekaligus mendorong kesadaran masyarakat akan bahaya campak dan rubella serta pentingnya Imunisasi MR.  

Fave juga turut menggandeng Ayudia Bing Slamet, Tara Amelz dan Astrid Satwika untuk mendukung kampanye yang berlangsung dari tanggal 23 Juli 2017 hingga 31 Agustus 2017.

Sekadar informasi, selama dua tahun ke depan, UNICEF dan Pemerintah Indonesia rencananya akan bekerja sama melindungi 67 juta anak Indonesia dari campak dan rubella.

Ayo dukung Indonesia bebas campak dan rubella dengan berdonasi Fave Indonesia