Brilio.net - Saat ini penyakit mudah sekali menyerang siapa saja, baik yang menular maupun yang tidak menular. Hal itu juga karena dipicu oleh gaya hidup dan kondisi alam yang tidak sehat.

Selain itu, semakin banyaknya penyakit juga semakin banyak kabar simpang siur mengenai mitos dan fakta mengenai suatu penyaki. Salah satunya adalah kabar yang mengatakan bahwa telapak kanan yang berkeringat menandakan bahwa orang tersebut mengalami penyakit jantung.

Spesialis Penyakit Dalam Konsultan Kardiovaskular Rumah Sakit Siloam MRCCC Semanggi, dr Indra SM manullang memberi tanggapan mengenai kabar tersebut. Dokter Indra mengatakan bahwa telapak kanan yang berkeringat menandakan penyakit jantung adalah mitos.

"Mitos yah, karena tangan yang sering berkeringat tidak selalu identik dengan penyakit jantung. Keluarnya keringat dingin seperti di telapak tangan bisa juga terjadi karena cemas yang berkaitan ke psikologis," ujarnta saat ditemui di acara AXA Mandiri Health Talk bertajuk Ayo Cegah dan Pahami Penyakit Kritis Sejak Dini di Rumah Sakit Siloam MRCCC Semanggi, Semanggi, Jakarta, Kamis (27/6).

Selain itu, tambahnya tangan yang sering berkeringat juga bisa karena gejala penyakit lain seperti maag dan teroid.

Loading...

"Nggak semua penyakit jantung itu berkeringat. Hal yang pasti terjadi ketika seseorang mengalami penyakit jantung adalah nyeri hebat dibagian dada," terangnya.

Dokter Indra menyarankan ketika seseorang memiliki riwayat penyakit jantung dari keturunan atau memang sudah divonis memiliki penyakit jantung lebih baik segera dikonsultasikan ke dokter agar bisa ditindaklanjuti ke yang lebih ahli.