Brilio.net - Saat berlibur ke Jepang, banyak wisatawan mencari waktu bertepatan musim semi agar bisa melihat langsung keindahan bunga sakura dari jarak dekat. Ya gimana tidak, bunga sakura tak sekadar bunga tetapi identitas nasional masyarakat di Jepang.

Selain itu, bunga sakura juga kerap digunakan sebagai bahan baku membuat bahan kecantikan. Sebab, bunga sakura memiliki zat yang bermanfaat untuk mencerahkan kulit wajah. Bahkan ekstrak dari bunga sakura juga dapat menangkal radikal bebas.

"Bunga sakura banyak memiliki manfaat bagi kecantikan. Beberapa di antaranya untuk mencerahkan dan menangkal radikal bebas," ujar Brand Manager Fanbo, Dame Manalu, Brand Manager Fanbo, saat acara Effortless Beauty by Fanbo di Jakarta, Selasa (8/8) lalu.

Dia menjelaskan bahwa bunga sakura memiliki kandungan zat melatonin, antioksidan dan antiperadangan. Sehingga sangat baik bila dijadikan produk perawatan kulit. Di samping antioksidan, bunga sakura juga memiliki kandungan isoflavin yang bekerja untuk mencegah enzim tirosinase dan protein yang digunakan untuk membuat pigmen melanin kulit. Ekstrak bunga sakura juga dapat membuat penampilan kulit lebih putih merona.

Pada bunga sakura juga terdapat kandungan jojoba oil yang dapat mengangkat sel kulit mati, sehingga bisa mengembalikan warna putih dan cerah pada kulit. Bunga sakura juga memiliki khasiat untuk meregenerasi dan melembapkan kulit. "Bunga sakura juga bisa mengatasi wajah kusam," pungkasnya.