Brilio.net - Daun encok atau Plumbago zeylanica merupakan tanaman semak-semak yang tumbuh di Afrika dan akhirnya tersebar di Indonesia. Tanaman ini memang mudah tumbuh. Menariknya lagi, bunganya begitu indah sehingga banyak orang tertarik untuk menanamnya.

Disebut bunga encok karena salah satu khasiat dari tanaman ini adalah dapat mengobati encok. Namun karena keindahan bunganya, orang lebih senang menjadikannya tanaman hias. Tumbuh di semak-semak, membuat tanaman ini tidak memiliki perawatan khusus.

Mengenal tanaman hias daun encok Berbagai sumber

foto: Instagram/@liyana_utami

Pada zaman dulu, Plumbago zeylanica dijadikan salah satu obat herbal untuk mengobati beberapa jenis penyakit. Dilansir dari charakusa.com sejumlah penelitian terkemuka menemukan keefektifan pengobatan herbal dengan menggunakan daun encok.

Loading...

Plumbago zeylanica bahkan masuk dalam salah satu ramuan yang banyak digunakan dalam pengobatan alami di China. Sejak dulu mereka percaya bahwa ramuan ini dapat menyembuhkan beberapa jenis penyakit. Kira-kira apa saja? Berikut rangkuman Brilio.net dari lama charakusa dan dabur, Rabu (10/3).

1. Merangsang fungsi pencernaan.

Mengenal tanaman hias daun encok Berbagai sumber

foto: freepik.com

Masalah pencernaan tidak boleh disepelekan begitu saja, pasalnya bisa mengganggu kesehatan lainnya. Ekstrak Plumbago zeylanica membantu merangsang sistem pencernaan dan meningkatkan nafsu makan.

Selain itu, tanaman ini juga membantu mengatasi masalah diare. Ramuan ini dapat mencegah penumpukan dan masalah terkait pencernaan. Cara alami terbilang cukup aman tanpa adanya efek samping.

2. Meningkatkan kesehatan jantung.

Mengenal tanaman hias daun encok Berbagai sumber

foto: freepik.com

Manfaat lain dari tanaman encok adalah meningkatkan kesehatan jantung. Ekstrak ramuan ini bekerja secara ajaib untuk menurunkan kadar kolesterol, penyebab utama penyakit jantung dan mendukung fungsi jantung.

Konsumsi rutin Plumbago zeylanica bersama dengan pola hidup sehat dapat mencegah stroke atau serangan jantung serta menjaga kesehatan jantung. Mengonsumsi secara rutin sangat efektif dalam menjaga kadar gula darah normal secara alami sehingga lebih melindungi jantung.

3. Memperkuat sistem kekebalan.

Mengenal tanaman hias daun encok Berbagai sumber

foto: freepik.com

Plumbago zeylanica kaya akan plumbagin yang membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh dan melindungi tubuh dari racun dan radikal bebas. Kandungan yang terdapat di dalamnya juga membantu pengeluaran lendir kental dari tubuh sehingga mencegah pilek dan batuk.

Selain meningkatkan mekanisme pertahanan tubuh terhadap penyakit, konsumsi rutin Plumbago zeylanica juga diketahui dapat mencegah atau menghambat pertumbuhan kanker, terutama kanker prostat.

4. Mengurangi peradangan.

Mengenal tanaman hias daun encok Berbagai sumber

foto: freepik.com

Plumbago zeylanica memiliki sifat anti-inflamasi yang bertindak sebagai pereda nyeri alami tanpa efek samping. Peradangan kronis dapat menyebabkan beberapa penyakit dan komplikasi kesehatan dalam jangka panjang termasuk nyeri sendi dan penyakit jantung. Mengonsumsi ramuan daun encok bisa mengatasi permasalahan tersebut.

Selain itu, Plumbago zeylanica juga mendukung fungsi hati, meningkatkan kesehatan kulit dan menawarkan beberapa manfaat kesehatan lainnya.