Brilio.net - Kamu pasti tahu lumutkan? tumbuhan kecil berwarna hijau yang mudah kamu temui di bebatuan atau kayu. Lumut disebut juga tumbuhan pelopor sebelum akhirnya ada tumbuhan lain yang tumbuh di tempat tersebut. Nah, walaupun ukurannya kecil, namun tumbuhan ini mampu membuat koloni dan mampu tumbuh menjangkau area yang sangat luas, lho. Unik, ya.

Tak hanya menyediakan oksigen bagi tumbuhan lain, tumbuhan ini juga punya banyak manfaat bagi kehidupan. Itu karena tumbuhan lumut memiliki sifat sel yang menyerupai spons untuk menyerap air. Berikut ini manfaat yang bisa didapat dari adanya koloni tumbuhan kecil ini, yang dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, Selasa (16/2).

1. Sebagai bahan pembuatan obat kulit

Lumut bukan penganggu, ini manfaat lumut yang perlu kamu tahu foto: flickr.com

Hal ini pertama kali dilakukan di negara China. Pada zaman dahulu lumut dijadikan masyarakat China untuk membuat ramuan tradisional untuk mengatasi penyakit kulit.

2. Bahan pembuatan obat mata

Lumut bukan penganggu, ini manfaat lumut yang perlu kamu tahu foto: ayobuka.com

Lumut memiliki sifat yang baik yaitu bisa dijadikan sebagai antibakteri. Sifat inilah yang digunakan oleh dunia medis untuk mengobati beberapa penyakit mata.

3. Untuk obat hepatitis

Lumut bukan penganggu, ini manfaat lumut yang perlu kamu tahu

foto: webmd.com

Tidak hanya bagi mata, penyakit yang menyerang hati seperti hepatitis juga bisa diobati dengan obat yang terbuat dari lumut jenis Marchantia polymorpha. Wuih!

4. Sebagai obat antiseptik

Lumut bukan penganggu, ini manfaat lumut yang perlu kamu tahu

foto: miofarm.rs

Lumut juga digunakan sebagai zat antiseptik yang membantu membunuh kuman-kuman. Zat antiseptik sering dijumpai dalam pembuatan sabun-sabun kesehatan dan juga obat kumur pembersih mulut. Untuk membuat zat antiseptik dibutuhkan lumut berjenis Frullania tamaricis.

5. Obat penyakit jantung

Lumut bukan penganggu, ini manfaat lumut yang perlu kamu tahu foto: hariansehat.com

Lumut juga digunkan sebagai obat untuk mengatasi penyakit jantung. Lebih tepatnya adalah lumut Cratoneuron yang bisa dibuat menjadi obat menormalkan detak jantung. Baru tahu, kan?

6. Obat pneumonia

Lumut bukan penganggu, ini manfaat lumut yang perlu kamu tahu foto: healthfacts.ng

Lumut memang berperan penting dalam dunia medis. Tidak hanya mata, kulit, hati, hingga jantung. Lumut juga bermanfaat dalam pembuatan obat untuk penyakit pneumonia.

7. Mengobati luka bakar dan luka luar

Lumut bukan penganggu, ini manfaat lumut yang perlu kamu tahu foto: katalogibu.com

Kamu pernah mengalami luka bakar atau luka luar akibat terjatuh atau tergores benda tajam? Bagi orang China dahulu kala, ketika mengalami hal serupa, mereka menggunakan lumut untuk mengatasinya. Kini dunia medis menciptakannya lebih steril, sifat antiseptik pada lumut jenis Canocphalum digunakan untuk mengatasi obat luka bakar dan luka luar.

8. Zat anti kanker

Lumut bukan penganggu, ini manfaat lumut yang perlu kamu tahu foto: info-herbal.com

Sifat antibakteri pada lumut dipercaya juga menjadi zat anti sel-sel kanker. Pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh bisa dicegah dengan obat yang terbuat dari lumut.

9. Sebagai obat anti jamur

Lumut bukan penganggu, ini manfaat lumut yang perlu kamu tahu foto: plant-zone.com

Jamur memang sering menyerang kulit terluar kita, ya kan? Biasanya juga jamur menyerang kulit bagian-bagian lipatan kulit seperti leher, kaki, hingga daerah paha. Saat ini telah banyak obat jamur yang juga terbuat dari lumut.

10. Dijadikan obat bius

Lumut bukan penganggu, ini manfaat lumut yang perlu kamu tahu foto: rahmatriyus.deviantart.com

Obat bius sangat dibutuhkan dalam dunia medis, terutama untuk kepentingan operasi. Obat bius yang digunakan oleh medis terbuat juga dari lumut dengan jenis Rhodobryum giganteum, lho.