Brilio.net - Tidur siang bagi orang dewasa kenyataanya bukan hal yang mudah. Padahal waktu kecil seringkali disuruh tidur oleh orangtua tapi kala itu pasti kamu menolaknya. Padahal, ternyata para ilmuwan menemukan adanya hubungan antara tidur siang dengan tingkat kebahagiaan seseorang.

Jika biasanya umum diketahui bahwa tidur berdampak baik bagi kesehatan, seperti meningkatkan produktivitas dan melindungi diri dari penyakit, kini ditemukan pula fakta bahwa tidur siang meskipun sebentar, punya manfaat tersendiri.

Dikutip brilio.net dari Metro, Selasa (18/4), Profesor Richard Wiseman dari Universitas Hertfordshire, Inggris, mengatakan, "Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa tidur siang selama kurang dari 30 menit membuatmu lebih fokus, produktif dan kreatif. Ada kemungkinan kamu jadi lebih bahagia karena tidur siang. Namun jika tidur siang dilakukan berlebihan, manfaat tersebut justru sebaliknya."

tidur siang dulu Pixaboy.com

foto: pixabay.com

Studi tentang hubungan tidur siang dengan kebahagiaan seseorang ini dilakukan di Edinburgh International Science Festival, Inggris, dengan melibatkan 1.000 partisipan. Mereka diminta menjawab pertanyaan psikologi dalam jaringan (daring) berinternet mengenai kebiasaan tidur siang masing-masing. Adapun skor kebahagiaan dihitung berdasarkan tanggapan mereka masing-masing.

Studi tersebut menemukan bahwa mereka yang tidur siang sebentar punya rata-rata skor 3,67 dalam skala lima, sementara mereka yang tidak tidur siang punya skor 3,52, dan yang tidur siang dalam waktu lama punya skor 3,44. Hal ini menunjukkan 66% orang yang tidur siang sekejap merasa bahagia dibandingkan 56% orang yang tidur siang terlalu lama lantaran menekankan adanya asosiasi signifikan antara tidur siang sebentar dan rasa bahagia.

Studi tersebut juga menemukan bahwa 43% partisipan usia 18 hingga 30 tahun biasa tidur siang lebih lama pada siang hari, sedangkan hanya 30% dari mereka yang berusia di atas 50 tahun tidur siang dalam waktu lama. Jadi, jika kamu ingin memanfaatkan istirahat siang untuk tidur dan bikin bahagia, jangan terlalu lama tidurnya, ya...