Brilio.net - Salah satu hal yang menunjang penampilan adalah kuku, baik kuku kaki ataupun tangan. Namun, ada beberapa orang mengalami kuku yang berubah warna menjadi kehitaman. Biasanya itu membuat orang itu merasa terganggu.

Siapa sangka, rupanya kehitaman pada kuku disebabkan oleh infeksi jamur. Dilansir brilio.net dari Boldsky, Minggu (23/4), rupanya, kehitaman pada jari kuku tidak bisa dihindari karena dapat menimbulkan gangguan serius.

Kuku kaki berwarna hitam juga menunjukkan kondisi yang buruk karena itu kondisi yang tidak wajar. Jadi memang harus ditanggapi dengan serius agat tidak terjadi sesuatu yg tidak diinginkan. Rupanya, ada beberapa pemicu jari kuku memiliki warna kehitaman. Berikut pemaparannya.

1. Tertimpa benda berat

Salah satu kasus ini memang sering sekali kita hadapi. Ketika kita sedang melakukan kegiatan sesuatu ada benda berat yang menimpa jari kuku tangan atau kaki yang menimbulkan semakin lama hari berwarna hitam. Itu karena pengembangan pembekuan darah dan menyebabkan kuku kaki hitam.

2. Olahraga

Atlet atau orang yang memiliki kegiatan yang banyak tekanan pada kuku jari kaki akan menimbulkan gumpalan darah.

3. Infeksi jamur

Pertumbuhan jamur di bagian dalam kuku kamu, karena masalah kesehatan, maka itu juga bisa menyebabkan penggelapan kuku.

4. Kanker kulit

Ada beberapa jenis sel-sel kulit kanker yang tumbuh tidak normal di bawah jari-jari kaki. Hal ini menyebabkan kuku menjadi gelap, sehingga sangat penting untuk segera mencari bantuan medis.

5. Ketidakseimbangan hormon

Perubahan hormon dapat menimbulkan pigmentasi melanin yang ada di dalam tubuh. Hal tersebut dapat meningkatkan di bagian-bagian tertentu, termasuk kulit di bawah jari-jari kaki.

6. Rokok

Perubahan warna pada kuku menjadi hitam atau gelap, bisa menjadi tanda gangguan paru-paru tertentu. Terutama terlihat pada perokok kronis, sehingga perlu perawatan medis segera.