Brilio.net - Seharusnya kamu pasang curiga dengan kebiasaan kecil yang sering kamu lakukan. Bisa jadi kebiasaan tersebut tidak bagus jika dilihat dari sisi kesehatan. Atau mungkin kebiasaan tidak baik itu baru saja kamu lakukan satu jam yang lalu. Waduh!  

Berikut adalah daftar kebiasaan yang tidak sehat dikutip brilio.net dari news.co.au, Jumat (19/6).

1. Sering menyentuh muka
Meskipun kamu punya tampang keren kamu tidak perlu mengusap muka terlalu sering. Berdasarkan sebuah survei dari National Institutes of Health, orang sering menyentuh muka mereka empat kali dalam 60 menit. Parahnya lagi, tanganmu bisa membawa bakteri berpindah ke muka kamu. Alhasil, kamu bisa jerawatan karena kuman yang menyumbat pori-pori wajah.

2. Duduk terlalu lama
Saat kamu baca artikel ini bisa jadi kamu masih duduk di kursi atau tempat yang enak. Padahal terlalu banyak duduk sangatlah berbahaya. Studi dari Northwestern University mengungkapkan bahwa duduk bisa meningkatkan penyakit obesitas, stroke, dan penyakit jantung. Cobalah berdiri saat kamu sudah duduk selama 30 atau 60 menit.

3. Terlalu aktif di Facebook
Meskipun tidak langsung mempengaruhi fisik, sering online di Facebook bisa menyebabkan gangguan dalam hubungan percintaan. Studi dari Chile menemukan bahwa risiko putus lebih besar bagi pasangan yang sering aktif di Facebook. Di sisi lain, media sosial juga memicu kecemburuan antar pasangan.

4. Melakukan aktivitas sambil makan
Kebiasaan ngemil atau makan sambil duduk di depan komputer tidak hanya berimbas dengan perut buncit. Studi dari Universitas Liverpool mengungkapkan bahwa makan sambil melakukan aktivitas lain bisa menambah kalori makanan. Itulah kenapa lebih baik kamu fokus makan terlebih dahulu daripada menyelesaikan pekerjaan sambil makan.

5. Mengucek mata
Mempunyai kebiasaan mengucek mata bisa berbahaya. Kamu bisa mengalami keratoconus (melemahnya dan menipisnya korena). Gangguan ini bisa meningkatkan risiko kehilangan penglihatan. Jika kamu pemakai kontak lens, sebaiknya hindari mengucek mata. Hal ini bisa mengakibatkan kontak lens masuk di bawah kelopak mata.

6. Kebiasaan berantakan
Mempunyai kamar atau meja kerja yang berantakan bukanlah kebiasaan yang baik. Kebiasaan seperti ini bisa mempengaruhi pola pikir. Orang-orang dengan tempat kerja yang rapi ternyata mampu mengambil keputusan yang terbaik bagi dirinya. Pernyataan tersebut disimpulkan dari riset yang dilakukan oleh University of Minnesota.

7. Nahan pipis
Jangan sampai kesibukanmu menyebabkan kamu harus sering menahan untuk buang air kecil. Kebiasaan menahan pipis in bisa mengakibatkan penyakit yang serius, seperti infeksi saluran kandung kemih. Selain itu, nahan pipis juga bisa melemahkan otot-otot pada daerah kandung kemih.