Brilio.net - Empat mahasiswa Program Diploma Institut Pertanian Bogor (IPB) menciptakan celana dalam wanita yang bisa digunakan saat menstruasi, tanpa harus menggunakan pembalut konvensional sekali pakai. Mereka adalah Zahiroh Maulida, Diane Friska, Laela Mustikasari dan Siti Habibah yang menciptkan produk itu untuk mengurangi pencemaran limbah pembalut .

Zahiroh mengatakan limbah pembalut dapat mencemari perairan, sehingga untuk mengurangi dampak limbah pembalut dibuat produk celana dalam anti pembalut 'No Wori' yang dapat dipakai berkali-kali.

"Celana dalam anti pembalut 'No Wori' adalah inovasi kami yang sudah dilengkapi dengan bagian penyerap yang dapat digunakan wanita saat menstruasi," kata Zahiroh.

Zahiroh menambahkan bahan celana dalam anti pembalut 'No Wori' terbuat dari bahan-bahan kain yaitu celana dalam berbahan dasar kain microfleece, microfiber, waterproof breathable dan kain serat bambu yang nyaman dipakai serta memiliki struktur halus sehingga tidak menimbulkan iritasi.

Pembalut sekali pakai sekarang banyak terbuat dari plastik yang dapat merusak lingkungan alam. Selain tidak ramah lingkungan bahan pembalut sekali pakai mengadung bahan kimia yang dapat berisiko terkena kanker serviks.

Produk 'No Wori' artinya produk yang tidak perlu dikhawatirkan terhadap pencemaran lingkungan, tidak perlu khawatir terhadap iritasi di daerah kewanitaan yang dapat mengakibatkan penyakit kanker serviks. Wanita juga tidak perlu khawatir tembus atau basah saat menggunakan celana dalam ini.

Untuk memaksimalkan tujuan pembuatan produk yang tidak mencemarkan lingkungan, Zahiroh membuat dua model celana dalam anti pembalut yaitu 'Orange Cream' dan 'Blue Grey'. Kelebihan celana dalam anti pembalut 'No Wori' ini bisa digunakan berulang-ulang, untuk pencuciannya bisa dilakukan seperti mencuci celana dalam biasa.

"Celana dalam anti pembalut tidak mempunyai efek samping, karena berprinsip untuk menjaga kesehatan reproduksi wanita dan mengurangi pencemaran lingkungan. Celana dalam ini juga mencegah berbagai penyakit yang timbul dari pembalut sekali pakai," terangnya dikutip Antara, Jumat (28/7).

Celana dalam anti pembalut 'No Wori' telah diuji daya serapnya dengan menggunakan darah hewan yang relatif sama dengan darah manusia. Harga satu celana dalam adalah Rp 40.000 untuk semua ukuran.

"Produk 'No Wori' ini disarankan penggunannya yaitu tiga kali sehari," pungkasnya.