×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Ini bahayanya kalau kamu demen nongkrong dengan minuman bersoda!

View Image

0

BRILIO » Kesehatan

Ini bahayanya kalau kamu demen nongkrong dengan minuman bersoda!

Sebanyak 1,1 persen penduduk Indonesia mengonsumsi minuman bersoda.

(brl/pep)

19 / 05 / 2016

Brilio.net - Soda memang udah jadi teman setia buat kamuyang demen nongkrong bareng. Biasanya kamu bakalan berlama-lama ngobrol, ditemani soda lengkap dengan cemilan. Waktu terus berjalan, kamu juga biasanya nggak sadar udah habis berkaleng-kaleng soft drink itu kan.

Tapi tahu nggak sih kalian kalau minuman soda itu sebenernya bahaya banget kalau dikonsumsi terus menerus. Mengonsumsi minuman bersoda terlalu sering dan dalam jangka panjang, ternyata bisa mengganggu kesehatan dan berpotensi jadi penyebab penyakit kronis lho, seperti asma, jantung hingga penyakit ginjal kronis atau gagal ginjal. Wah!

Konsumsi minuman bersoda di Indonesia sendiri berdasarkan hasil riset Kementerian Kesehatan 2014 tercatat sebanyak 1,1 persen penduduk Indonesia mengonsumsi minuman bersoda. Itu artinya dari total penduduk berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) 2010 sebanyak 237,6 juta orang, jumlah penduduk yang kecanduan mengonsumsi minuman bersoda itu mencapai sekitar 2,6 juta orang.

Setidaknya ada 6 bahaya yang akan kamu hadapi kalau kamu terus-terusan mengonsumsi minuman bersoda, simak dibawah ini ya, Kamis (19/5).

1. Penyakit asma.

bahaya nongkrong © 2016 brilio.net

foto: imageshack

Sodium benzoate dalam soda berguna untuk mengontrol bakteri dalam makanan. Namun zat ini juga disinyalir berhubungan dengan penyakit asma. Dan jika kamu terlalu sering mengonsumsi soda, bisa jadi kamu terkena risiko penyakit ini

2. Kerusakan gigi.

bahaya nongkrong © 2016 brilio.net

foto: medicaldaily

Pas kamu minum soda, mungkin kamu juga merasakan kesat pada gigimu. Itu karena minuman soda mengandung gula dan asam. Gula dan asam ini lama-lama akan merusak akar gigi dan juga lapisan terluar gigimu.

3. Obesitas atau kegemukan.

bahaya nongkrong © 2016 brilio.net

foto: healthaim

Minuman bersoda ini mengandung gula yang pastinya bisa menambah ukuran lingkar perut kamu jika kamu terus-terusan mengonsumsi soda ini lho.

4. Masalah reproduksi.

bahaya nongkrong © 2016 brilio.net

foto: gettyimage

Soda ternyata juga memengaruhi organ reproduksi kamu. Beberapa soda diyakini mengandung BPA atau bisphenyl-A yang terdapat pada lapisan kemasan mereka. Zat inilah bisa menyebabkan kanker dan menyebabkan pubertas dini serta beberapa masalah pada reproduksi kamu.

5. Penyakit jantung.

bahaya nongkrong © 2016 brilio.net

foto: tumblr.com

Karena soda mengandung sirup fruktosa dengan kadar yang cukup tinggi, oleh karena itu apabila konsumsinya sudah berlebihan maka bisa jadi penyakit jantung akan menyapa kalian. Masih banyak perdebatan mengenai hal ini, namun sebagian besar ahli fruktuosa dengan kadar tinggi dapat meningkatkan risiko sakit jantung. Hmmm...

6. Penyakit ginjal.

bahaya nongkrong © 2016 brilio.net

foto: efeksamping.com

Minuman bersoda mengandung asam fosfor yang bisa membahayakan ginjal kamu. Kandungan itu bisa menyebabkan penyakit batu ginjal dan masalah pada salauran kencing kamu. Pastiin aja kamu minum air putih yang lebih banyak daripada minuman bersoda ya agar terhindar dari penyakit ini. 

Wah, kalau sudah tahu bahayanya kayak gitu, kamu tentu mikir dua kali kan kalau mau nongkrong sambil konsumsi soda? Padahal masih banyak lho minuman sehat yang bisa dikonsumsi.
 
Sebagai pengganti minuman bersoda yang punya efek berbahaya, kamu bisa coba Cap Panda. Cap Panda sebagai salah satu minuman kesehatan yang punya rasa enak dan punya kemasan yang menarik juga bisa buat teman nongkrong kamu.
 
Minuman ini tersedia dengan banyak varian lho, salah satunya ada Cap Panda Cincau dan Cap Panda Aloe Vera yang di dalamnya ada potongan cincau dan lidah buaya asli! Selain tanpa pengawet dan pewarna, minuman Cap Panda ini kaya akan serat dan menggunakan gula murni sebagai pemanisnya. Dengan mengonsumsi minuman ini tentunya nggak cuma bikin segar, tapi bisa bikin tubuhmu sehat.
 
Selain itu, Cap Panda lagi ngajakin kamu jalan-jalan keliling Asia, lho. Ikutin tantangan Hitam vs Hijau di sini. Wah, nongkrongmu bareng teman se-geng jadi sehat, asyik, dan berpeluang dapat rezeki gede, nih! 

 

 

Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    67%

  • Ngakak!

    33%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

MORE
Wave more