Brilio.net - Buat kamu-kamu jangan sepelakan nyamuk ya. Sebab, serangga yang banyak hidup di daerah tropis ini tak jarang menjadi penyebab penyebaran penyakit mulai dari malaria, demam berdarah dengue (DBD) hingga virus Zika. Nah pengalaman buruk terkena gigitan nyamuk baru-baru ini dialami Raimundo, pria asal Brasil yang menderita penyakit kaki gajah akibat gigitan nyamuk.

Raimundo terkena gigitan nyamuk 20 tahun lalu. Ternyata gigitan nyamuk itu menyebabkan dia terinfeksi cacing lymphatic filariasis. Inilah yang membuat kakinya hari demi hari kian membesar yang menyebabkan dia lumpuh.

Seperti dilansir brilio.net dari Daily Mail, Rabu (18/5) penyakit kaki gajah sering mengakibatkan kelumpuhan dan kesulitan berjalan bagi si penderita karena pembengkakan yang menyakitkan. Penyakit tersebut menyerang sistem kerja limfa dan menjadikannya sebagai tempat produksi larva yang berkembang selama satu tahun.

Infeksi biasanya ditandai dengan adanya pembengkakan ekstrim pada tubuh atau alat kelamin, meskipun umumnya mereka yang terinfeksi oleh parasit tersebut tidak memiliki gejala apapun.

kaki gajah © 2016 brilio.net

Loading...

Cacing parasit penyebab kaki gajah ini dapat merusak ginjal dan kelenjar getah bening, bahkan ketika mereka yang terinfeksi tidak menunjukkan adanya gejala luar. Para dokter umumnya kerap menggunakan obat cacing sebagai upaya pencegahan.

Namun dalam kasus Raimundo, dampaknya dapat terasa seumur hidup karena telatnya proses pencegahan dan pengobatan. Kini Raimundo menjalani pengobatan di RS Sao Jose Rio Preto. Penyakit kaki gajah ini umumnya ditemukan di sejumlah negara seperti Afrika, Amerika Tengah dan Selatan, Asia Selatan, dan Kepulauan Pasifik. Jadi buat kamu hati-hati ya.  

kaki gajah © 2016 brilio.net