Brilio.net -Penyakit rabies menjadi fokus perhatian. Ini setelah sejumlah kasus merebak di Tanah Air. Di Kalimantan Barat (Kalbar) terjadi 1.068 kasus rabies, dengan 19 orang meninggal. Di Sukabumi Jawa Barat, 13 warganya, dari data sampai April, dilaporkan juga terkena rabies.

"Penyebaran rabies juga sudah meluas hingga ke tujuh kabupaten di Kalbar, yakni Kabupaten Ketapang disusul Melawi, Kapuas Hulu, Sintang, Bengkayang, Landak, serta Kabupaten Kayong Utara," kata Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakeswan) Provinsi Kalbar, Abdul Manaf dikutip brilio.net dari Antara.

Menurut Abdul Manaf, pihaknya mengoptimalkan vaksinasi terhadap ribuan HPR (hewan penular rabies) di seluruh kabupaten yang terkena rabies sebagai langkah penanggulangan. "Untuk tahun ini, kami menyiapkan 34.400 dosis vaksin untuk anjing dan HPR lain," ujarnya.

BACA JUGA: VIDEO: Perdagangan daging anjing dan bahaya rabies di Indonesia

Di Sukabumi, informasinya kasus gigitan anjing rabies tersebut awal terjadinya pada 17 Januari tetapi baru dilaporkan 21 April. Anjing kampung yang terjangkit rabies itu sudah ditangkap oleh petugas dan dimusnahkan.

Tidak menutup kemungkinan jumlah warga yang terkena gigitan anjing rabies jumlahnya lebih dari 13 orang. "Seluruh warga yang terkena gigitan anjing rabies tersebut berasal dari Kecamatan Jampang Tengah," kata Kepala Bidang Kesehatan Hewan dan Kesehatan Veteriner Dinas Peternakan Kabupaten Sukabumi, Winda Sri Rahayu di Sukabumi, Jumat (29/4).