Brilio.net - Ada banyak cara menghilangkan bopeng di wajah. Bagi wanita, bopeng merupakan salah satu masalah yang sangat mengganggu. Bahkan tak sedikit pria maupun wanita yang merasa tidak percaya diri karena memiliki bopeng di wajah.

Munculnya bopeng di wajah karena jaringan parit di wajah tumbuh fan menghalangi regenerasi sel kulit yang sudah sembuh dari peradangan. Akibat bopeng, permukaan kulit menjadi tidak merata dan sangat menganggu penampilan.

Sayangnya penanganan bopeng membutuhkan waktu lama. Bopeng bisa diatasi dengan perawatan kecantikan ke dokter hingga melakukan perawatan dengan bahan alami.

Kali ini brilio.net akan merangkum cara alami menghilangkan bopeng di wajah seperti dilansir dari Healthshots, Rabu (29/12).

1. Scrub dengan bubuk beras

Cara hilangkan bopeng di wajah Pixabay

foto: pixabay

Kandungan alami dalam bubuk beras salah satu cara menghilangkan bopeng. Kanu bisa membuat bubuk beras sendiri di rumah. Caranya dengan mencampurkan bubuk beras dengan dadih dan sejumput kunyit. Selanjutnya oleskan ramuan itu ke wajah dengan gerakan melingkar. Biarkan selama 5 menit kemudian bilas dengan air biasa.

2. Masker oatmeal

Cara hilangkan bopeng di wajah Pixabay

foto: pixabay

Selain sebagai makanan untuk diet, oatmeal juga bisa untuk menghilangkan bopeng. Kandungan avenanthramide pada oatmeal memiliki efek antiradang. Selain itu, oatmeal juga mengandung fosfor, zinc, selenium, mangan, dan mineral yang membantu menyeimbangkan horomon penyebab jerawat.

Kamu bisa menambahkan oatmeal dengan putih telur. Campurkan 3 sendok teh oarmeal dengan 1 putih telur, kemudian campurkan satu sendok dadih dan madu, aduk hingga rata. Masker ini bisa digunakan dua kali dalam seminggu.

3. Jus lemon dan madu

Cara hilangkan bopeng di wajah Pixabay

foto: pixabay

Campuran jus lemon dan madu tak hanya untuk minuman sehat, tapi bisa digunakan sebagai cara menghilangkan bopeng di wajah. Caranya dengan mencampurkan jus lemon dengan beberapa tetes madu kemudian oleskan pada wajah bopeng dengan cotton bud. Diamkan selama 10 menit kemudian cuci dengan air biasa.

4. Gel lidah buaya

Cara hilangkan bopeng di wajah Pixabay

foto: pixabay

Cara lainnya adalah dengan menggunakan gel lidah buaya secara rutin setiap hari. Kandungan zat anti-oksidan seperti vitamin A, C, E, vitamin B12 serta zat asam folat dan kolin yang cukup tinggi memiliki manfaat untuk menghilangkan bopeng di wajah.

5. Masker pepaya

Cara hilangkan bopeng di wajah Pixabay

foto: pixabay

Buah pepaya memiliki kandungan air yang begitu tinggi sehingga membantu menghidrasi kulit. Tak hanya untuk menyehatkan kulit tapi juga membantu menghilangkan bopeng di wajah.

Kamu bisa menghaluskan pepaya dan dijadikan sebagai masker. Kombinasi bahan ini akan Kombinasi bahan ini tidak hanya akan mencerahkan kulit tetapi juga mengangkat sel-sel epitel mati.

6. Minyak kelapa

Cara hilangkan bopeng di wajah Pixabay

foto: pixabay

Kandungan asam lemak pada minyak kelapa dipercaya dapat mengatasi kerusakan kulit. Selain itu juga dapat merangsang kolagen sehingga bisa mempercepat peroses penyembuhan pada kulit wajah. Kamu bisa mengoleskan minyak kelapa di area bopeng. Lakukan rutin setiap malam untuk dapatkan hasil maksimal.

7. Kunyit

Cara hilangkan bopeng di wajah Pixabay

foto: pixabay

Kandungan antibakteri dan antiinflamasi pada kunyit bisa menjadi cara menghilangkan bopeng pada wajah. Cara penggunaannya kamu bisa mencampurkan kunyit dengan susu dan dijadikan sebagai pasta, kemudian oleskan ke area wajah yang bopeng secara rutin.

8. Mentimun

Cara hilangkan bopeng di wajah Pixabay

foto: pixabay

Mentimun tak hanya sebagai untuk lalapan saja tapi juga bisa untuk kecantikan. Banyak sekali manfaat mentimun untuk wajah. Salah satunya untuk menghilangkan bopeng. Kadar air yang tinggi dan sifat antioksidan pada mentimun mampu melawan kuman di jerawat.

Kamu bisa membuat masker mentimun dengan menghaluskan mentimun kemudian oleskan pada wajah. Sensasi dingin pada buah timun juga bisa membuat wajah lebih rileks.

9. Bawang putih

Cara hilangkan bopeng di wajah Pixabay

foto: pixabay

Seperti kita tahu kalu bawang putih memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Bawang putih bisa juga menjadi bahan untuk cara menghilangkan bopeng pada wajah.

Kandungan allicin yang bersifat antibakteri, antijamur, antivirus, dan antiseptik bisa membantu meregenerasi kulit. Kamu bisa meghaluskan beberapa siung irisan bawang putih kemudian oleskan langsung ke area wajah. Kalau tidak tahan dengan baunya, kamu bisa mencampurkan bawang putuh dengan yogurt atau lidah buaya.