Brilio.net - Siapa yang tak kenal dengan buah delima? Buah ini berasal dari Asia Tengah dan menyebar ke berbagai negara seperti Afghanistan, India, Cina, hingga Amerika Serikat.

Buah dengan nama latin Punica granatum ini merupakan jenis buah yang masuk ke dalam kelompok berry. Buah tersebut memiliki rasa manis-asam.

Tak hanya rasanya yang lezat, buah delima diketahui mengandung berbagai nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, seperti protein, karbohidrat, serat, dan vitamin, termasuk vitamin C, vitamin B kompleks, folat, vitamin E, serta vitamin K.

Buah delima juga kaya akan mineral, di antaranya kalium, magnesium, zinc, dan tembaga, serta kaya antioksidan polifenol, termasuk kantosianin. Tak hanya itu, buah delima juga rendah kalori dan lemak, sehingga relatif aman untuk dikonsumsi tiap hari.

Rutin mengonsumsi buah delima, ternyata bagus untuk kesehatan lho. Seperti mencegah penyakit jantung, mencegah kanker, mengurangi kolesterol jahat, dan masih banyak lagi.

Tak hanya bermanfaat bagi kesehatan, buah delima ternyata juga baik untuk menjaga kecantikan, terutama untuk kulit. Nah, berikut brilio.net rangkum manfaat buah delima untuk kulit dari berbagai sumber, Rabu (3/11).

1. Melembapkan kulit

Manfaat buah delima untuk kulit Freepik

foto: freepik

Kandungan vitamin C dalam buah delima dipercaya bisa melembapkan kulit. Delima dapat menenangkan kulit kering, pecah-pecah, dan iritasi. Tak hanya vitamin C, kandungan asam punicic juga mampu membantu melembapkan kulit secara alami.

2. Memicu produksi kolagen

Manfaat buah delima untuk kulit Freepik

foto: freepik

Kandungan asam ellagic dan antioksidan yang tinggi dapat mengurangi pemecahan kolagen. Buah delima bisa merangsang sel untuk memproduksi kolagen. Hal tersebut dapat membantu meningkatkan suplai darah yang bermanfaatkan mengencangkan kulit.

3. Sebagai bahan aktif untuk antiaging

Manfaat buah delima untuk kulit Freepik

foto: freepik

Kandungan antioksidan jenis polifenol pada buah delima bisa melindungi kulit dari sel oksidatif. Produk dari delima juga terbukti dapat memperbaiki struktur DNA. Tak heran bila banyak skincare yang menggunakan buah delima sebagai bahan utama produk tersebut. Salah satunya adalah skincare Y.O.U yang baru saja merilis produk terbarunya Y.O.U Golden Age Serum.

Produk tersebut diformulasikan dengan ekstrak buah delima yang bekerja untuk menjaga keseimbangan minyak dan air dalam kulit, serta Hyaluronic Acid-nya dapat menyamarkan garis halus dan kerutan pada kulit wajah.

Selain itu, kandungan tersebut akan membantu meningkatkan kelembapan pada kulit, elastisitas, dan produktivitas kulit sehingga kulit akan terasa lembap, dan kenyal sehingga kulit akan terlihat lebih segar dan lebih muda.

4. Mengatasi peradangan

Manfaat buah delima untuk kulit Freepik

foto: freepik

Kandungan antioksidan pada buah delima juga dapat menangkal radikal bebas, sehingga dapat mengurangi gejala kondisi kulit inflamasi tertentu seperti jerawat dan eksim.

5. Mencerahkan kulit

Manfaat buah delima untuk kulit Freepik

foto: freepik

Buah delima juga dapat mencerahkan kulit. Kandungan antioksidan pada buah tersebut juga dapat meregenerasi kulit lebih cepat.

6. Dapat menjadi eksfoliator

Manfaat buah delima untuk kulit Freepik

foto: freepik

Pengelupasan kulit secara teratur membantu menyingkirkan sel-sel kulit mati, yang mengurangi tanda-tanda jerawat dan penuaan kulit. Cara pembuatannya sendiri dengan menghancurkan biji buah delima kemudian diaplikasikan ke wajah.

7. Menjaga kulit dari sinar UV

Manfaat buah delima untuk kulit Freepik

foto: freepik

Menurut beberapa peneliti, antioksidan dalam buah delima juga dianggap membantu memberikan perlindungan alami terhadap sinar ultraviolet (UV). Namun, perlindungan seperti itu tidak cukup untuk melewatkan tabir surya harian.