Brilio.net - Dalam masa pandemi Covid-19, pemerintah menganjurkan beberapa perusahaan untuk melakukan pekerjaan dari rumah atau work from home (WFH).

Namun, terkadang rasa mager melanda saat melakukan WFH. Males gerak ini membuat kita menjadi asal-asalan dalam bekerja, seperti bekerja sambil tiduran di meja, bekerja dengan duduk di atas kasur dan lain sebagainya.

Padahal posisi duduk yang benar saat bekerja biasanya melibatkan segala hal.

Beberapa faktor menentukan posisi duduk yang benar saat bekerja, dimulai dari jarak antara tubuh dengan komputer atau laptop kamu. Lalu posisi kursi dan meja, hingga sudut pandang mata saat melihat komputer atau laptop di meja.

Posisi duduk yang benar saat bekerja dapat membantu kamu terhindar dari penyakit punggung dan pinggang. Namun, jika kamu tidak mempraktikkan posisi duduk yang benar saat bekerja, terutama saat melakukan WFH, kamu bisa saja terkena risiko nyeri sendi hingga gangguan jangka panjang seperti Carpal Tunnel Syndrome.

Loading...

Sindrom ini berupa mati rasa dan kesemutan di tangan dan lengan yang disebabkan saraf terjepit di pergelangan tangan akibat posisi duduk yang benar saat bekerja tidak dilakukan.

Nah, untuk menghindari hal-hal yang tak di inginkan karena posisi duduk yang salah saat WFH, berikut delapan posisi duduk yang benar saat bekerja dari rumah agar badan tetap sehat, brilio.net melansir dari liputan6, Rabu (15/4).

1. Atur kursi agar duduk terasa nyaman.

Cara duduk saat WFH © 2020 brilio.net

foto: freepik

Yang perlu diperhatikan adalah dengan memastikan pengaturan atau ukuran kursi sudah sesuai dengan postur tubuh, pastikan kaki dapat menyentuh lantai. Kemudian, posisikan tangan di atas meja dengan membentuk huruf 'L'.

Usahakan posisi lengan tidak terlalu jauh dari tubuh, karena tekanan pada bahu dan lengan akan bertambah jika posisi tangan terlalu jauh. Serta, jangan posisikan kursi terlalu jauh dengan meja. Hal ini dimaksudkan agar otot tidak terlalu bekerja keras ketika kamu sedang mengetik.

2. Kaki menyentuh lantai, dan tidak menggantung.

Cara duduk saat WFH © 2020 brilio.net

foto: freepik

Jika kaki tidak menyentuh lantai karena kursi yang terlalu tinggi, gunakan bantuan bantal atau sandaran kaki lainnya, agar kaki tidak dalam posisi mengggantung. Pastikan pula posisi lutut ditekuk dan membentuk sudut yang tepat kurang lebih 90 derajat.

Lalu, jangan silangkan kaki saat duduk, karena kebiasaan menyilangkan kaki dinilai dapat menghambat aliran darah yang dapat menyebabkan otot menjadi kaku.

3. Duduk tegak dengan punggung lurus.

Cara duduk saat WFH © 2020 brilio.net

foto: freepik

Duduk secara tegak, dapat membantu tulang belakangmu tetap terjaga dan tidak mengalami sakit pinggang dan punggung. Sebagai bantuan tambahan, kamu juga dapat meletakkan bantal kecil di belakang punggung bagian bawah.

Bantal kecil ini memiliki fungsi untuk menopang punggung bagian bawah agar posisi duduk yang benar dapat dipertahankan dan membuat duduk semakin nyaman.

4. Tubuh atas dan bawah harus nyaman.

Cara duduk saat WFH © 2020 brilio.net

foto: freepik

Selain membuat posisi duduk yang nyaman pada tubuh bagian atas, seperti punggung dan pinggang, kamu juga harus perhatikan kenyamanan pada bagian kepala dan leher dalam posisi tegak dan lurus, namun tetap harus nyaman. Sedangkan pada tubuh bagian bawah, pastikan posisi pinggul dan lututmu sejajar.

5. Atur posisi layar komputer atau laptop.

Cara duduk saat WFH © 2020 brilio.net

foto: freepik

Saat mengatur posisi layar, sebisa mungkin kamu harus memperhatikan jarak antara mata dengan layar laptop atau komputer karena posisi layar dapat memengaruhi kenyamanan duduk dan tentu saja, kesehatan pada mata.

Untuk mendapatkan jarak layar komputer atau laptop yang ideal, kamu dapat menggunakan cara sederhana, yaitu dengan merentangkan kedua tangan ke arah depan dan letakkan di atas meja. Setelah itu akan terlihat posisi dari ujung jari tangan yang merupakan posisi ideal layar laptop atau komputer.

6. Perhatikan letak keyboard.

Cara duduk saat WFH © 2020 brilio.net

foto: freepik

Selanjutnya, sebisa mungkin posisikan keyboard di depan layar komputer dan beri jarak antara keyboard dengan ujung meja sekitar 8-10 cm. Agar ada ruang bagi pergelangan tangan ketika kamu sedang mengetik.

Agar semakin membuat Anda nyaman, kamu dapat menambahkan sandaran tangan yang banyak dijual di pasaran. Dengan menggunakan sandaran pada tangan dapat membantu pergelangan tangan menjadi rileks dan tidak mudah kaku akibat mengetik.

7. Jangan duduk terlalu lama.

Cara duduk saat WFH © 2020 brilio.net

foto: freepik

Jangan duduk terlalu lama karena sangat tidak baik bagi kesehatan. Cukup beristirahat 10 sampai 15 menit dan lakukan sedikit peregangan agar otot menjadi rileks. Selain baik bagi otot, mata juga akan beristirahat dari layar monitor.

8. Letakkan benda yang penting, dekat dengan jangkauan tangan.

Cara duduk saat WFH © 2020 brilio.net

foto: freepik

Selain komputer, banyak benda penting yang harus ada di atas meja kerja seperti alat tulis, HP, dan berbagai alat penunjang kerja lainnya. Tujuan meletakkan barang dengan jarak yang terjangkau dari tangan adalah agar kamu tidak perlu banyak merubah posisi duduk.