Brilio.net - Kamu sering kali mengalami nyeri di beberapa titik bagian tubuh? Jangan menduga-duga berlebihan, tapi juga jangan mengabaikannya.

Dilansir brilio.net dari Times of India, Rabu (8/7), ada beberapa nyeri yang tidak boleh diabaikan dan mungkin membutuhkan perhatian medis.

1. Nyeri di dada
Rasa nyeri di dada bisa menjadi peringatan terhadap serangan jantung atau penyakit kardiovaskular serius lainnya. Kemungkinan lain penyebabnya adalah masalah pencernaan, stres, dingin, demam dan sakit badan. Sekalipun nyeri terasa ringan atau sesekali datang, kamu tetap tidak boleh mengabaikan.

Perlu kamu catat, kalau nyeri dada disertai sakit tenggorokan, rahang, dada bagian atas atau nyeri bahu kiri, maka kamu harus segera mengunjungi kardiolog karena kemungkinan besar ada masalah di jantungmu.

2. Sakit kepala
Nyeri di kepala yang tidak wajar, misalnya sering terjadi dan menghunjam hebat, membuatmu lebih baik periksa ke dokter. Jaga-jaga kalau ada pendarahan di otak atau tumor otak.

3. Nyeri di punggung bagian bawah
Sakit punggung bagian bawah dapat terjadi karena faktor stres, tuntutan pekerjaan manual dan melibatkan fisik yang tinggi, atau masalah perut. Namun kamu perlu juga waspada, nyeri ini bisa menjadi indikator diseksi aorta dan masalah di dinding pembuluh darah, yang dapat menyebabkan serangan jantung secara diam-diam, lho.

4. Nyeri di abdomen atau bagian perut
Kalau kamu merasakan nyeri yang tak biasa di bagian perut, bisa jadi pertanda usus buntu. Namun bukan berarti setiap nyeri diartikan terkena usus buntu. Bisa jadi karena maag, penyumbatan usus, atau pankreas. Namun begitu, kamu lebih baik pergi ke dokter untuk memastikannya.

5. Rasa terbakar di tungkai dan kaki
Rasa nyeri yang menggeliat disertai rasa terbakar, menurut American Diabetes Association bisa menjadi tanda awal neuropati perifer. Gejala ini terkait kerusakan saraf, terlebih kalau sensasi nyeri dan terbakar cukup sering terjadi.

Nah, guys, cermati kembali ya. Kesehatanmu, lho.

HOT NEWS:

Ingat 'Si Kentung' film Tuyul & Mbak Yul? Kisahnya sungguh tragis

Kisah Titin Sumarni, artis tercantik yang berakhir menyedihkan

Kalau kamu senyum-senyum lihat 25 Gambar ini, masa kecilmu bahagia!

10 Foto yang akan membuatmu merindukan sosok ayah

10 Coretan di uang kertas yang mungkin pernah kamu lakukan saat kecil

21 Stiker lucu di sepatbor motor, awas nabrak!

20 Tas belanjaan unik, kreatif, juga menggelikan

25 Meme kucing yang imut, ngegemesin dan bikin ketawa

11 Foto editan Agan Harahap ini dimuat di media asing top wired.com